Penyebab Trikotilomania

Trikotilomania -, Selamat datang dan trimakasih telah berkunjung di www.jamuwalatra.com, situs resmi penyedia artikel kesehatan dan sekaligus situs penjual produk obat Herbal online terpecaya. Kami menyediakan berbagai macam produk obat herbal yang sudah terbukti manfaat dan khasiatnya serta sudah memiliki legalitas resmi di departemen Kesehatan Indonesia dan bersertifikat Halal dari MUI. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas

Apa itu Trikotilomania ?

Trikotilomania

Trikotilomania | Definisi, Gejala, Penyebab, Resiko Hingga Pengobatannya

Trikotilomania adalah gangguan sistem impuls yang berfokus pada bagian tubuh seperti, kleptomania, pyromania, dan patologis, sehingga mengakibatkan penarikan rambut secara berulang. Penarikan rambut dapat terjadi di bagian tubuh yang paling umum seperti kulit kepala, alis, dan kelopak mata. Kondisi umumnya sering di alami oleh wanita, diperkirakan 1 -2% orang dewasa dan remaja menderita trikotilomania. Trikotilomania merupakan suatu kondisi kronis yang akan datang dan pergi pada penderita, dan akan memburuk jika tidak segera di atasi.

Gejala

Jika seseorang yanng sedang berjuang dengan trikotilomania, gejala-gejala ini mungkin dapat membantu sehingga anda bisa menindak secara cepat agar tidak memburuk. Tanda dan gejala umum trikotilomania diantaranya adalah :

  • Adanya bintik-bintik kosong di mana rambut telah ditarik keluar secara sadar
  • Perasaan senang akan muncul setelah melakukan penarikan rambut
  • Menarik rambut secara berulang-ulang, biasanya dari kulit kepala seperi, alis, bulu mata atau area tubuh lainnya
  • Prilaku selanjutnya mungkin meliputi pemeriksa akar rambut, menarik rambut di antara gigi, mengunyah rambut, atau makan rambut.

Jika Anda atau siapa saja telah mengalami salah satu gejala di atas, disarankan agar segera memeriksakannya agar segera di tangani.

Penyebab

Untuk penyebab pasti dari trikotilomania ini belum ditemukan, namun ada spekulasi mengenai bagaimana gangguan ini berkembang. Gangguan seperti kecemasan, depresi, dan gangguan obsesif-kompulsif dapat memicu trikotilomania ini berkembang, dan diperkirakan bahwa penarikan rambut dapat dipicu oleh kecemasan, stres dan depresi yang terkait dengan peningkatan ketegangan atau tekanan yang dialami penderita. Namun faktor biologis juga dapat berperan dalam perkembangan trichotillomania, seperti ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh yang dapat mempengaruhi bagaimana otak mengendalikan impuls.

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko

Ada banyak faktor risiko untuk meningkatkan terjadinya trikotilomania, diantaranya adalah :

  • Faktor Genetik

Dengan mudah gangguan dapat terjadi pada mereka yang memiliki kerabat dekat dengan gangguan tersebut, sehingga dapat menularkan kepada anggota keluarga lainnya.

  • Usia

Trikotilomania dapat berkembang pada pria ataupun wanita, pada anak-anak ataupun dewasa, untuk itu kenalilah gejalanya agar dapat segera untuk di tangani.

  • Gangguan

Penderita trikotilomania memiliki gangguan seperti, stress, depresi, kecemasan atau gangguan obsesif-kompulsif pada dirinya. Untuk itu sering-seringlah untuk berinteraksi supaya dapat mencerahkan pemikiran.

Pengobatan

Untuk mengobati trikotilomania, pasien dianjurkan melakukan terapi secara rutin. Pengobatan trikotilomania akan terfokus pada perubahan perilaku dan kebiasaan penderita. Pada dasarnya, trikotilomania dapat diatasi dengan cara mengalihkan kebiasaan seseorang dari kebiasaan mencabut rambut, menjadi kebiasaan positif lain. Beberapa cara yang dapat mengalihkan kebiasaan trikotilomania diantaranya :

  • Olahraga
  • Berusaha mengalihkan kebiasaan seperti bermain bola, bulutangkis, supaya mengalihkan kebiasaannya dalam mencabut rambut
  • Liburan ketempat dimana dapat menurunkan perasaan stress
  • Untuk wanita dapat memotong rambut menjadi pendek
  • Psikoterapi

Trikotilomania harus segera ditangani dengan cara diterapi. Memberikan pemahaman supaya dapat membantu penderita menjadi lebih sadar akan rambut mereka. Setelah belajar mengenali kebiasaan tersebut, penderita dapat di pastikan akan melakukan kebiasaan yang berbeda dari sebelumnya.

  • Farmakologi

Pengoobatan dengan cara ini sangat dianjurkan, selain untuk merubah kebiasaan, juga dapat membantu penyembuhan secara cepat.

Demikian admin paparkan artikel tentang trikotilomenia. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi motivasi untuk anda sehingga anda akan berusaha selalu menjalani hidup yang sehat. Sekian informasi yang dapat admin sampaikan. pengunjung semua boleh membagikan artikel ini ke sosmed masing-masing supaya bisa bermanfaat lagi bagi semua orang. Salam sehat. Terimakasih.

Tags: