Gejala Sindrom Treacher Collins

Sindrom Treacher Collins -, Selamat datang dan trimakasih telah berkunjung di www.jamuwalatra.com, situs resmi penyedia artikel kesehatan dan sekaligus situs penjual produk obat Herbal online terpecaya. Kami menyediakan berbagai macam produk obat herbal yang sudah terbukti manfaat dan khasiatnya serta sudah memiliki legalitas resmi di departemen Kesehatan Indonesia dan bersertifikat Halal dari MUI. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas Sindrom Treacher Collins.

Definisi

Sindrom Treacher Collins

Sindrom Treacher Collins – Pengertian, Gejala, Hingga Pengobatannya

Sindrom Treacher Collins atau nama lainnya disostosis mandibulofasial, sindrom Treacher Collins-Franceschetti, sindrom Franceschetti-Zwahlen-Klein, dan displasia zygoauromandibular adalah kondisi langka yang disebabkan oleh kelainan genetik. Kondisi ini akan mempengaruhi pertumbuhan tulang dan jaringan lain di wajah sehingga menghasilkan kelainan di sekitaran kepala, seperti, wajah dan telinga. Sindrom Treacher Collins (TCS) mempengaruhi pertumbuhan di dunia sekitar 1 dari 50.000 kelahiran.

Gejala

Gejala TCS bervariasi dari mulai ringan sampai parah dari mulai bayi hingga dewasa, kondisi genetik yang langka yang mempengaruhi perkembangan wajah terutama bagian tulang pipi, rahang, telinga dan kelopak mata. Perbedaan-perbedaan ini sering menyebabkan masalah dengan pernapasan, menelan, mengunyah, mendengar dan berbicara. Berikut adalah gejala bagian seperti kepala yang umum seperti :

  • Pipi mengkerut menjadi kecil
  • Tampilan datar, cekung, atau sedih dibagian wajah
  • Mata miring ke bawah
  • Beberapa jaringan kelopak mata menghilang
  • Langit-langit atau atap mulut akan berlubangNafas menjaddi tidak normal
  • Mengecilnya rahang atas, bawah dan dagu
  • Cacat telinga atau mengerutTumbuhan kulit di depan telinga
    Sulit bernapas, tidur, makan, dan mendengar.

Hidup bisa sulit bagi orang-orang dengan (TCS). Bimbingan konseling dan bertemu dengan ahli terapi mungkin merupakan cara yang baik ketika anak akan tumbuh.

Penyebab

Beberapa kasus yang sering terjadi sindrom Treacher Collins merupakan hasil dari gen yang diwariskan secara turun temurun. Dalam beberapa kasus di mana tidak ada riwayat keluarga yang terkena. Maka dapat di pastikan bahwa itu adalah mutasi genetik. Sindrom Treacher Collins terjadi karena perubahan pada gen yang memengaruhi bagaimana wajah bayi berkembang sebelum lahir.

Kemungkinan memiliki anak dengan sindrom treacher collins

Jika salah satu orangtua memiliki sindrom ini, ada kemungkinan 50% bahwa anak akan dilahirkan dengan sindrom yang sama. Orangtua yang tidak terpengaruh yang memiliki satu anak dengan sindrom treacher collins jarang melahirkan anak kedua dengan kondisi tersebut.

Pengobatan

Sebenarnya untuk pengobatan sindrom treacher collins belum dapat di pastikan. Karena ini merupakan penyakit hasil genetik. Tetapi ada beberapa pengobatan yang hanya bisa di lakukan untuk mengobati gejala-gejalanya saja. Biasanya penanganan untuk jenis penyakit ini dokter akan melakukan oprasi. Oprasi dilakukan dengan mempertimbangkan tingkat keparahan kelainan, kondisi kesehatan penderita, serta pertimbangan kedua orang tua. Dan berikut adalah cara oprasi atau pembedahan yang dapat dilakukan kepada penderita sindrom Treacher Collins, diantaranya adalah :

  • Oprasi memperbaiki kelopak mata
  • Tindakan dengan membuat lubang pada bagian leher sebagai akses langsung ke saluran pernapasan
  • Rekonstruksi tulang pada bagian wajah, untuk memperbaiki bentuk rahang dan tulang lain di bagian wajah
  • Oprasi memperbaiki langit-langit sumbing
  • Alat bantu dengar akan di rekomendasikan oleh dokter jika penderita mengalami gangguan pendengaran
  • Selanjutnya dokter akan menyarankan terapi untuk penderita supaya dapat berbicara kepada orangtua dan lingkungan sekitar.

Dengan mengikuti metode di atas kemungkinan besar anak-anak penderita sindrom treacher collins akan menjalani hidup dengan normal seperti kebanyakan orang lainnya. Tak hanya itu, penderita TCS juga dapat memiliki kecerdasan yang sama dengan kebanyakan anak normal lainya. Namun untuk pencapaian seperti itu harus ada dorongan dari orang tua dan lingkungan sekitar supaya anakdapat tumbuh dan berkembang dengan normal.

Demikian admin paparkan artikel tentang Sindrom Treacher Collins. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi motivasi untuk anda sehingga anda akan berusaha selalu menjalani hidup yang sehat. Sekian informasi yang dapat admin sampaikan. pengunjung semua boleh membagikan artikel ini ke sosmed masing-masing supaya bisa bermanfaat lagi bagi semua orang. Salam sehat. Terimakasih.

Tags: