Penyebab Polimiositis

Polimiositis -, Selamat datang dan trimakasih telah berkunjung di www.jamuwalatra.com, situs resmi penyedia artikel kesehatan dan sekaligus situs penjual produk obat Herbal online terpecaya. Kami menyediakan berbagai macam produk obat herbal yang sudah terbukti manfaat dan khasiatnya serta sudah memiliki legalitas resmi di departemen Kesehatan Indonesia dan bersertifikat Halal dari MUI. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang penyakit polimiositis

Apa itu Polimiositis ?

polimiositis

Polimiositis | Pengertian, Gejala, Hingga Pengobatannya

Polimiositis adalah penyakit inflamasi yang menyebabkan kelemahan otot dan mempengaruhi kedua sisi tubuh. Kondisi ini dapat menyulitkan untuk menaiki tangga, bangkit dari posisi duduk, dan mengangkat benda. Jika dibandingkan penyakit polimiositis paling sering menyerang orang dewasa di usia 30-60 tahunan dan wanita lebih sering terkena jika di bandingkan dengan pria. Tanda dan gejala biasanya berkembang secara bertahap, selama beberapa minggu atau bulan kedepan.

Penyebab

Hingga saat ini belum ada yang tahu penyebab pasti polimiositis. Tetapi menurut beberapa ahli bahwa kondisi ini adalah kondisi autoimun, yang berarti tubuh secara terus-menerus menyerang jaringannya sendiri. Kebanyakan orang yang memiliki plimiositis didiagnosis antara usia 30-60 tahunan. Sangat jarang jika menyerang anak-anak, dan wanita lebih beresiko terkena penyakit ini jika dibandingkan dengan pria.

Gejala

Penderita polimiositis akan mengalami peradangan pada otot, sehingga otot akan melemah, kelemahan otot akan mempengaruhi kedua sisi tubuh secara seimbang. Jika seseorang terkena penyakit polimiositis maka akan mengalami kesulitan mengangkat tangan di atas kepala, menaiki tangga, berdiri dari posisi duduk, atau membawa barang-barang. Dalam beberapa kasus, mungkin sulit menelan makanan dan meminum air. Jika di biarkan, maka otot-otot akan menjadi rapuh. Kondisi bakal memburuk secara perlahan. Kelemahan otot mungkin mungkin akan menjadi perhatian utama dari gejala ini. Tetapi berikut adalah beberapa gejala yang harus diperhatikan, diantaranya ialah :

  • Kesulitan menelan
  • Berat badan turun
  • Demam
  • Kulit ruam
  • Kelelahan otot
  • Nyeri sendi dan otot
  • Jari atau jari kaki menjadi sangat dingin dan berubah warna, dikarenakan aliran darah yang abnormal.

Diagnosa

Tidak ada tes sederhana untuk mendiagnosis polimiositis. harus sering cek kesehatan supaya dokter mengetahuinya.

Pengobatan

Polimiositis adalah kondisi kronis pada tubuh penderita. Tetapi ada cara untuk membantu mengobatinya. Perawatan umum termasuk yang bisa dilakukan diantaranya :

  • Imunosupresan

Obat ini berguna untuk menekan atau menghambat sistem imun.

  • Steroid

Ini akan membantu peradangan otot, mengurangi rasa sakit, dan bahkan meningkatkan kekuatan otot. Tetapi steroid memeiliki banyak efek samping, jadi anda harus berkonsultasi dengan dokter agar resepnya selalu diawasi.

  • Anti peradangan

Obat ini bermanfaat untuk meredakan peradangan di dalam tubuh.

  • Terapi fisik

Ini akan membuat penderita lebih kuat dan membantu dalam bergerak lebih baik.

Demikian admin paparkan artikel tentang polimiositis. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi motivasi untuk anda sehingga anda akan berusaha selalu menjalani hidup yang sehat. Sekian informasi yang dapat admin sampaikan. pengunjung semua boleh membagikan artikel ini ke sosmed masing-masing supaya bisa bermanfaat lagi bagi semua orang. Salam sehat. Terimakasih.

Tags: