Pengobatan Epiglotitis Yang Terbukti Ampuh

Pengobatan Epiglotitis Yang Terbukti Ampuh – Selamat datang di situs www.jamuwalatra.com merupakan salah satu situs web yang menyajikan informasi seputar dunia kesehatan dan berbagai produk herbal alami. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai Epiglotitis. Tahukah Anda apa itu Epiglotitis? Berikut admin akan memberikan informasi lengkapnya untuk Anda mulai dari pengertian, penyebab, gejala dan pengobatan epiglotitis.

pengobatan epiglotitis

Penyebab, Gejala, Diagnosis dan Pengobatan Epiglotitis

Epiglotitis adalah peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada epiglotis, yang letaknya berada pada pangkal lidah. Epiglotis sendiri terdiri dari tulang rawan. Cara kerja epiglotis yaitu sebagai katup untuk mencegah makanan dan minuman yang akan masuk ke dalam tenggorokan. Jaringan pembentuk epiglotis ini dapat terinfeksi, membengkak dan meradang sehingga jalur pernafasan pun akan terblokir.

Epiglotitis dapat menyerang siapa saja mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Penyakit ini lebih sering menyerang anak-anak yang berusia 2 sampai 5 tahun. Namun epiglotitis lebih beresiko tinggi menyerang mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah dan mereka yang belum mendapatkan vaksinasi Haemophilus influenzae type b (Hib).

Faktor Penyebab Epiglotitis

Epiglotitis paling sering disebabkan karena infeksi bakteri. Haemophilus influenzae tipe b (Hib) merupakan bakteri utama penyebab epiglotitis. Infeksi ini nantinya akan menyebabkan epiglotis membengkak sehingga akan menghalangi udara pada saluran pernafasan dan mungkin bisa menyebabkan kematian.

Selain karena infeksi, epiglotitis juga dapat disebabkan karena adanya peradangan pada epiglotis akibat luka yang terjadi di tenggorokan. Luka ini dapat terjadi karena adanya benturan, pukulan yang keras, masuknya senyawa kimia atau benda asing pada tenggorokan, serta seringnya menggunakan obat-obatan terlarang yang dihisap.

Gejala Atau Tanda-Tanda Epiglotitis

Berikut adalah beberapa gejala yang dapat timbul akibat epiglotitis:

  • Napas berbunyi atau nyaring
  • Akan timbul rasa gelisah
  • Sulit bernafas
  • Sulit dan sakit ketika akan menelan
  • Suara menjadi serak
  • Sakit yang parah pada tenggorokan
  • Demam
  • Ngiler

Epiglotitis merupakan kondisi yang sangat membahayakan dan bisa juga memicu kematian karena kondisi ini menghambat laju pernafasan. Oleh karena itu, jika Anda merasakan gejala-gejala seperti di atas segera pergi ke rumah sakit agar mendapatkan penanganan yang tepat. Karena jika kondis ini tidak segera ditangani akan semakin memperburuk hambatan napas sehingga tubuh akan kekurangan oksigen dan bisa saja berujung pada kematian.

Diagnosis Epiglotitis

Dokter akan melakukan diagnosis dengan melakukan pemeriksaan dasar dan mengecek riwayat kesehatan pasien. Setelah itu dokter pun akan langsung melakukan serangkaian tes, diantaranya:

  • Pemeriksaan tenggorokan, untuk melihat kondisi epiglotis.
  • Mengambil sampel darah dan sampel pada jaringan epiglotis untuk mengetahui penyebab infeksi.
  • Rongtgen tenggorokan dan dada untuk mengetahui peradangan dan infeksi yang terjadi.

Pengobatan Epiglotitis

Pengobatan epiglotitis yang paling utama yaitu dengan memonitor kadar oksigen. Dokter akan memberikan Anda napas bantuan melalui selang nafas atupun masker. Dokter juga akan melakukan beberapa langkah perawatan untuk membantu pengobatan epiglotitis ini, yaitu dengan:

  • Memberikan infus pada pasien sebagai asupan cairan untuk memenuhi kebutuhan tubuh.
  • Obat antiradang sepeti kortikosteroid, untuk mengatasi pembengkakan pada tenggorokan.

Epiglotitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri, bisa melakukan pengobatan dengan obat antibiotik. Anda juga dapat menggunakan obat-obatan steroid untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan yang terjadi karena kondisi ini.

Pencegahan Epiglotitis

Anda dapat melakukan pencegahan epiglotitis dengan merubah pola gaya hidup. Berikut beberapa perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan agar tidak terserang infeksi epiglotitis.

  • Jangan berbagi peralatan makan dengan orang lain.
  • Terapkan gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan, istirahat yang cukup, rajin berolahraga, hindari kebiasaan merokok, dan perhatikanlah selalu kesehatan tubuh Anda.
  • Cuci tangan Anda setiap setelah melakukan aktivitas apapun, untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit dari virus.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai penyebab, gejala, dan pengobatan epiglotitis. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi Anda.

Tags: