Pengobatan Alami Rambut Rontok

Rambut Rontok -, Selamat datang dan trimakasih telah berkunjung di www.jamuwalatra.com, situs resmi penyedia artikel kesehatan dan sekaligus situs penjual produk obat herbal online terpecaya. Kami menyediakan berbagai macam produk obat herbal yang sudah terbukti manfaat dan khasiatnya serta sudah memiliki legalitas resmi di departemen Kesehatan Indonesia dan bersertifikat Halal dari MUI. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pengobatan alami rambut rontok.

Definisi

Pengobatan Alami Rambut Rontok

Pengobatan Alami Rambut Rontok

Rambut rontok adalah keadaan dimana hilangnya rambut dari bagian tubuh tertentu. Tumbuhnya rambut bisa dimana saja pada kulit manusia kecuali pada telapak tangan dan telapak kaki, dan banyak rambut yang halus sehingga hampir tak terlihat. Menurut para ahli rata-rata jumlah rambut pada kepala orang dewasa memiliki sekitar 100-150 ribu helay rambut, dan akan rontok sekitar 50-100 helay rambut perhari. Jadi jika rambut rontok setiap hari itu adalah wajar, tetapi jika melebihi demikian bisa saja ada gangguan kesehatan lain. 

Penyebab

Rambut rontok biasanya terkait dengan satu atau lebih dari beberapa faktor tetapi penting untuk anda segera mencari tahu pengobatan alami rambut rontok, agar bisa di lakukan sendiri dirumah dan tentunya aman tanpa efeksamping. Dan berikut adalah beberapa faktor yang umum terjadi diantaranya :

  • Faktor Genetik (Keturunan)

Penyebab kerontokan rambut yang paling umum adalah kondisi keturunan. Biasanya terjadi secara bertahap dengan penuaan dan pola yang dapat diprediksi seperti, rambut yang surut, bintik-bintik botak dan rambut yang menipis pada pria maupun wanita.

  • Perubahan Hormonal

Berbagai kondisi dapat menyebabkan rambut rontok permanen atau sementara, termasuk perubahan hormonal karena kehamilan, persalinan, menopause dan masalah tiroid.

  • Obat-obatan dan suplemen

Rambut rontok bisa menjadi efek samping obat-obatan tertentu, seperti yang digunakan untuk kanker, arthritis, depresi, masalah jantung, asam urat dan tekanan darah tinggi.

  • Kondisi Medis

Kondisi medis termasuk alopecia areata, yang menyebabkan rambut rontok merata, infeksi kulit kepala seperti kurap dan gangguan rambut yang disebut trikotilomania.

  • Gaya Rambut

Tata rambut yang berlebihan atau gaya rambut yang menarik rambut Anda ketat, seperti kuncir atau cornrows, yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.

  • Peristiwa yang sangat menegangkan

Tak sedikit orang mengalami penipisan rambut yang disebabkan oleh kejutan fisik atau emosional.

  • Perawatan Tertentu

Perawatan rambut panas dan permanen dapat menyebabkan radang folikel rambut yang menyebabkan kerontokan pada rambut. Jika jaringan parut terjadi, rambut rontok bisa permanen.

Gejala

Rambut rontok dapat muncul dalam berbagai cara, tergantung pada apa yang menyebabkannya. Beberapa jenis rambut rontok bersifat sementara, sementara yang lain bersifat permanen. Dan berikut adalah gejala rambut rontok diantaranya :

  • Pengetatan bertahap pada kepala

Ini adalah jenis kerontokan rambut yang paling umum, yang mempengaruhi pria dan wanita saat mereka bertambah tua. Pada pria, rambut sering mulai surut dari dahi dalam garis yang menyerupai huruf M, dan di tengah-tengah kepala. Wanita biasanya mempertahankan garis rambut di dahi tetapi memiliki bagian yang melebar di rambut mereka.

  • Rambut melonggarkan secara tiba-tiba

Segenggam rambut bisa rontok ketika menyisir, mencuci rambut dan setelah menarik-narik lembut. Jenis kerontokan rambut ini biasanya menyebabkan rambut rontok dan bukan kebotakan.

  • Bintik-bintik bundar

Beberapa orang mengalami bintik-bintik botak berukuran koin yang halus disekitar kepalanya. Jenis kerontokan rambut ini biasanya hanya menyerang kulit kepala, tetapi kadang-kadang juga terjadi pada jenggot atau alis mata. Dalam beberapa kasus, kulit seseorang yang akan mengalami kerontokan mungkin akan gatal atau menyakitkan sebelum rambut rontok.

Pengobatan Alami Rambut Rontok

Rambut rontok yang dibiarkan begitusaja akan mengakibatkan kobotakan permanen, Untuk itu penting untuk anda untuk selalu menjaga kesehatan kulit kepala serta rambut anda. Berikut adalah cara agar rambut dan kulit kepala terjaga kesehatannya. Diantaranya adalah :

  • Buah Alpukat

Kandungan protein yang terdapat pada buah alpukat sangat effektif untuk menguatkan rambut, merangsang pertumbuhan rambut dan mampu memberi nutrisi pada rambut. Caranya cukup dengan menghaluskan buah alpukat kemudian balurkan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan 15-20 menit lalu cuci bersih dengan air dan anda boleh menggunakan shampo.

  • Lidah Buaya

Kandungan dalam lidah buaya mampu membuat rambut menjadi lebih kuat, sehat dan mampu merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepala. Caranya sangat mudah anda hanya perlu membersihkan dulu rambut kepala kemudian oleskan lidahbuaya kepada rambut anda dan diamkan selama 15-20 menit, kemudian cuci hingga bersih.

  • Minyak Esensial

Anda dapat membalurkan minyak esensial seperti minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak kelapa pada rambut dan kulit kepala anda secukupnya dan lakukan juga pemijatan. Penerapan secara rutin 2 kali dalam seminggu agar dapat memberikan hasil yang maksimal.

  • Teh Hijau

Buatlah rebusan teh hijau dan tunggu sampai dingin. Setelah dingin basuhkan air teh tersebut keseluruh rambut Anda. Diamkan kurang lebih selama 1 jam dan cuci hingga bersih.

Pencegahan

Pencegahan rambut agar tidak rontok sangat sederhana, yaitu dengan cara menghindari gaya rambut yang ketat seperti kepangan, ekor kuda dan lainnya. Berikut adalah cara lainnya untuk mencegah rambut agar tidak rontong, diantaranya adalah :

  • Hindari memutar, menggosok, atau menarik rambut secara paksa
  • Memperlakukan rambut dengan lembut saat mencuci atau membersihkannya
  • Gunakan Sisir yang bergigi jarang untuk membantu mencegah rambut rontok
  • Hindari perawatan kasar seperti rol panas, alat pengeriting rambut, perawatan minyak panas, dan lainnya
  • Hindari obat dan suplemen yang bisa menyebabkan kerontokan pada rambut
  • Lindungi rambut dari sinar matahari dan sumber sinar ultraviolet lainnya secara berlebihan
  • Berhenti merokok. Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara merokok dan kebotakan pada pria ternyata memiliki efek yang signifikan.

Sekian informasi tentang pengobatan alami rambut rontok yang dapat kami sampaikan, jika artikel ini bermanfaat, pengunjung semua bisa meninggalkan komentar dibawah dan boleh membagikan artikel ini supaya bisa bermanfaat bagi banyak orang. Mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi motivasi untuk anda sehingga anda akan berusaha selalu untuk menjalani hidup dengan sehat. Salam sehat. Terimakasih.

Tags: