Pengobatan Alami Jerawat

Jerawat -, Selamat datang dan trimakasih telah berkunjung di www.jamuwalatra.com, situs resmi penyedia artikel kesehatan dan sekaligus situs penjual produk obat Herbal online terpecaya. Kami menyediakan berbagai macam produk obat herbal yang sudah terbukti manfaat dan khasiatnya serta sudah memiliki legalitas resmi di departemen Kesehatan Indonesia dan bersertifikat Halal dari MUI. Pada kesempatan kali ini kami akan membaha seputar pengobatan alami jerawat.

Jerawat

Pengobatan Alami Jerawat

Pengobatan Alami Jerawat

Hal pertama yang harus kita ketahui adalah bahwa jerawat sebenarnya bukan sebuah penyakit. Jerawat adalah suatu kondisi di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Umumnya peradangan ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang terkadang berisi nanah di permukaan kulit. Gangguan pada permukaan kulit ini biasa terdapat di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung. Jerawat merupakan penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Penyebab utama dari jerawat adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.

Jenis-jenis Jerawat

Berikut adalah beberapa jenis jerawat yang umumnya menyerang penderita, diantaranya sebagai berikut :

  • Komedo Terbuka (Blackhead)

Blackhead atau Komedo yang terbuka yang muncul ke permukaan kulit, minyak berlebih akan bereaksi dengan udara dan kepala komedo akan berwarna hitam sehingga disebut komedo terbuka, atau blackhead.

  • Komedo Tertutup (Whitehead)

Whitehead atau Komedo tertutup merupakan jenis jerawat yang dasar dan tergolong ringan yang umumnya muncul pada wajah. Komedo timbul saat minyak dan sel-sel kulit mati bercampur dan menyumbat di pori-pori. Munculnya komedo umumnya di tandai dengan bintik/benjolan kecil di sekitar hidung. Saat komedo yang berada di bawah kulit, komedo yang muncul di permukaan kulit lebih berwarna putih dan disebut komedo tertutup, atau whitehead.

  • Jerawat Nodul

Nodul atau bintil adalah tipe jerawat kering yang kerusakannya sudah merambat jauh ke dalam kulit karna jerawat tipe ini terbentuk di bawah kulit, kemudian menjadi komedo yang meradang dan keras. Jika wajah Anda dipenuhi jerawat keras, berwarna merah, dan tak kunjung hilang, kulit Anda sudah dalam kondisi yang tergolong cukup parah. Umumnya nodul bisa menimbulkan rasa sakit seperti perih dan panas. Setelah nodul menghilang atau sembuh, bekas luka yang merah atau kehitaman akan tertinggal di permukaan kulit.

  • Jerawat Pustula

Pustula terjadi akibat adanya komedo yang meradang di permukaan kulit. Umumnya pustula muncul dengan warna dasar merah dan kepala yang putih karena berisikan cairan nanah.

  • Jerawat Batu (Kristik)

Kristik atau jerawat batu berukuran lebih besar dari jerawat lainnya dan memiliki warna kemerahan dan jika tersentuh umumnya akan terasa perih. Jerawat jenis ini mulai tumbuh di dalam kulit dan berisikancairan bening atau nanah. Ketika bintiknya sudak menghilang atau jerawatnya sudah mengecil dan sembuh, biasanya jerawat batu akan meninggalkan bekas di permukaan kulit bahkan cenderung mencolok sehingga membuat si penderita menjadi tidak percaya diri.

  • Jerawat Papula

Papula merupakan jerawat yang menonjol yang tampak di permukaan dengan warna kemerahan, dapat teraba padat dan jika di sentuh akan terasa nyeri atau perih tetapi tanpa ada cairan putih atau nanah pada puncaknya. Jika penderita sering menyentuk bahkan memijit jerawat dengan tangan yang kurang bersih, maka dapat dipastikan akan menyebabkan bekas luka setelah luka sembuh.

Penyebab

Ada banyak faktor yang jadi pemicu muncul dan terbentuknya jerawat pada permukaan kulit, seperti pada permukaan kulit wajah, leher, dada, dan punggung. Namun secara umum jerawat dapat muncul karena faktor kondisi sebagai berikut :

  • Genetik (Keturunan)
  • Bakteri
  • Stress
  • Polusi
  • Perubahan Hormon
  • Masa Puber
  • Pemakaian Kosmetik
  • Merokok

Gejala

Umumnya gejala pada jerawat yaitu benjolan kecil yang muncul di atas kulit. Benjolan tersebut biasanya berwarna kemerahan atau kuning dikarenakan mengandung nanah dan ada juga yang tidak mengandung nanah. dan gejala lain yang mengikuti biasanya rasa panas/gatal pada bagian kulit yang terkena jerawat akibat adanya peradangan.

Pengobatan Alami Jerawat

berikut adalah cara pengobatan alami jerawat diantaranya sebagai berikut :

  • Putih telur

Cara penggunaan putih telur ini cukup mudah.

– Siapkan telur, lalu pisahkan dari kuningnya
– Lalu oleskan secara merata pada wajah, lakukan secara rutin dan teratur

  • Masker dari kayu manis dan madu

Kayu manis memiliki kandungan antimikroba yang baik untuk membunuh bakteri. Sedangkan madu merupakan bahan alami yang kaya akan manfaat seperti antibiotik dan antioksidan yang tinggi. Kedua bahan alami ini jika dicampur menjadi salah satu obat yang paling ampuh untuk mengatasi jerawat. Cara sangat sederhana.

– Siapkan dua sendok madu
– Satu sendok teh bubuk kayu manis
– Campurkan kedua bahan ini kedalam suatu wadah
– Aduk hingga merata
– Kemudian oleskan pada wajah, lakukan secara rutin dan teratur.

  • Bengkuang dan Jeruk nipis

Cara membuat masker bengkuan dan jeruk nipis diantaranya sebagai berikut ini :

– Kupas kulit bengkuang kemudian cuci hingga bersih
– Parut bengkuang atau bisa di blender.
– Tuang kedalam wadah, lalu tambahkan 1/2-1 gelas air, dan remas bengkuang.
– Biarkan selama satu-satudetengsh jam
– Kemudian buang airnya dan Sisakan sisa sari endapannya
– Ambil sari tersebut baru kemudian tambahkan dengan air dari jeruk nipis.
– Lalu oleskan sebagai masker pada malam hari dan setelah pagi hari baru kemudian di bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin danteratur

Pencegahan

Berikut adalah cara mencegah jerawat yang umum dilakukan dengan cara, di antaranya sebagai berikut :

  • Olahraga secara ruti
  • Mencuci muka secara teratur
  • Membersihkan make up
  • Mencuci wajah menggunakan sabun untuk wajah
  • Biasakan mencuci wajah setelah bepergian
  • Sediakan handuk khusus untuk wajah
  • Hilangkan kebiasaan menyentuh wajah atau memegang wajah dengan tangan yang kurang bersih
  • Konsumsi makanan sehat

Demikian admin paparkan artikel tentang pengobatan alami erawat. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi motivasi untuk anda sehingga anda akan berusaha selalu menjalani hidup yang sehat. Sekian informasi yang dapat admin sampaikan. pengunjung semua boleh membagikan artikel ini ke sosmed masing-masing supaya bisa bermanfaat lagi bagi semua orang. Salam sehat.
Terimakasih.

Tags: