Pengobatan Alami Henti Jantung Mendadak

Henti Jantung Mendadak -, Selamat datang dan trimakasih telah berkunjung di www.jamuwalatra.com, situs resmi penyedia artikel kesehatan dan sekaligus situs penjual produk obat herbal online terpecaya. Kami menyediakan berbagai macam produk obat herbal yang sudah terbukti manfaat dan khasiatnya serta sudah memiliki legalitas resmi di departemen Kesehatan Indonesia dan bersertifikat Halal dari MUI. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pengobatan alami henti jantung mendadak.

Apa itu Henti jantung mendadak ?

Pengobatan Alami Henti Jantung Mendadak

Pengobatan Alami Henti Jantung Mendadak

Henti Jantung Mendadak atau sudden cardiac arrest adalah kondisi dimana detak jantung mendadak berhenti, mengakibatkan penderitanya tidak dapat bernapas dan kehilangan kesadaran. Kondisi ini sangat membahayakan karena dapat menyebabkan cacat hingga kematian dalam hitungan menit jika tidak cepat ditangani.

Henti jantung mendadak terjadi tanpa peringatan. Hal ini disebabkan oleh gangguan arus listrik (electrical impulses) dalam jantung sehingga menghambat aktivitas pemompaan darah dan menghentikan sirkulasi darah dalam tubuh. Kondisi ini berbeda dengan serangan jantung, di mana aliran darah menuju sebagian sisi jantung terhambat. Namun, serangan jantung ini juga dapat memicu gangguan aliran listrik dan mengakibatkan seseorang terserang mendadak.

Apa yang menyebabkan Henti Jantung Mendadak ?

Penyebab utama henti jantung mendadak adalah aritmia (kelainan ritme jantung) yang terjadi karena gangguan pada pusat pembangkit listrik (sinus node) jantung. Sinus node berfungsi sebagai pengatur aliran listrik dalam jantung yang membantu mengontrol ritme dan proses pemompaan. Jika terjadi masalah, otomatis ritme jantung menjadi tidak teratur sehingga kemampuan jantung untuk memompa darah pun akan terganggu. Berikut adalah beberapa penyebabnya yang harus anda ketahui, diantaranya adalah :

  • Keturunan
  • Kelainan saat lahir
  • Penyakit jantung koroner

Penyakit ini sering menjadi pemicu terjadinya henti jantung mendadak, khususnya pada penderita di atas umur 35 tahun yang memiliki masalah 2. jantung
Pada penyakit jantung koroner, aliran darah menuju jantung akan terhambat, sehingga jantung kesulitan untuk menghantarkan aliran listrik.

  • Lemah jantung (kardiomiopati)

Saat otot melebar atau mengalami kelainan, jantung akan melemah dan mengakibatkan seluruh proses pemompaan terganggu.
Penyakit sindrom Long QT atau sindrom Kondisi atau sindrom kelainan pada aliran listrik jantung ini dapat membuat ritme jantung menjadi tidak beraturan.

  • Sindrom Marfan

Penyakit genetik yang menyerang jaringan tubuh ini dapat mengakibatkan beberapa bagian dari jantung tertekan dan melemah.

Apa saja gejala yang ditimbulkan henti jantung mendadak ?

Beberapa gejala yang mungkin dirasakan penderita meliputi :

  • Sakit dada
  • Napas pendek
  • Merasa lemas atau lelah
  • Pingsan
  • Pusing
  • Muntah
  • Merasakan palpitasi jantung (ritme jantung tidak teratur)
  • Nadi tidak terdengar atau dirasakan
  • Kesulitan bernapas atau berhenti total
  • Merasa sakit di kedua bahu, punggung, leher, atau rahang.

Pengobatan alami henti jantung mendadak

Pengobatan alami bisa dilakukan sebagai pencegahan seperti olahraga teratur, banyak makan dan minum yang mengandung nutrisi dan vitamin, dan suplemen untuk menjaga kesehatan tubuh.

jika kondisi semakin parah, segera larikan kerumah sakit terdekat. Dan berikut cara pertama penanganannya. Pertama, Posisikan satu tangan di atas dada dan satunya diposisikan tepat di atas tangan pertama, sambil menanyakan jika penderita sudah mulai sadar. Pastikan posisi kedua siku dan bahu Anda lurus agar tekanan menjadi lebih kuat. Lakukan hingga kesadaran mulai terlihat atau sampai tim medis datang. Jika penderita belum kunjung sadar, dokter atau tim medis biasanya akan menggunakan defribrilator untuk memberikan kejut listrik pada jantung hingga ritme jantung kembali normal. Jika penderita berhasil melewati masa kritis, dokter akan memberikan pengobatan lanjutan untuk meredakan risiko serangan ulang, seperti :

  • Obat-obatan

Bicarakan dengan dokter untuk mengetahui pengobatan yang tepat untuk kondisi yang Anda alami.

  • Implantasi defibrilator jantung (ICD)

Implantasi alat ini dikatakan lebih efektif menekan risiko terjadinya serangan ulang dibanding obat-obatan, namun hanya boleh diberikan sesuai petunjuk dokter.

  • Corrective heart surgery

Jika penderita mengalami kelainan jantung bawaan, dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan tindakan operasi perbaikan jaringan atau katup jantung untuk melancarkan aliran darah juga ritme jantung dan meredakan risiko terkena serangan mendadak lanjutan dikemudian hari.
Olahraga dan perubahan pola makan. Untuk mendukung pengobatan yang diberikan, dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan jenis olahraga tertentu dan mengubah pola makan sehari-hari agar dapat menguatkan jantung dan terhindar dari bahaya kolestrol atau penyakit mematikan lainnya.

  • Angioplasti koroner

Tindakan ini dilakukan untuk membuka pembuluh darah koroner yang terhambat agar darah dapat mengalir dengan mudah ke jantung dan mengurangi risiko terserang aritmia. Umumnya, dokter akan memasukan selang tipis dan lentur (kateter) ke dalam pembuluh darah kaki hingga ke bagian jantung yang terhambat. Kateter ini dilengkapi dengan balon khusus yang akan mengembang jika terjadi hambatan pada pembuluh darah jantung. Selain itu, dokter mungkin juga akan memasukan alat besi khusus pada arteri agar terus terbuka dan melancarkan aliran darah untuk jangka panjang.

  • Radiofrequency catheter ablation

Tindakan ini mampu membantu mengurangi frekuensi terjadinya aritmia.

Demikian admin paparkan artikel tentang pengobatan alami henti jantung mendadak. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi motivasi untuk anda sehingga anda akan berusaha selalu menjalani hidup yang sehat. Sekian informasi yang dapat admin sampaikan. pengunjung semua boleh membagikan artikel ini ke sosmed masing-masing supaya bisa bermanfaat lagi bagi semua orang. Salam sehat. Terimakasih.

Tags: