Pengobatan Alami Eksim Atopik

Eksim atopik -, Selamat datang dan trimakasih telah berkunjung di www.jamuwalatra.com, situs resmi penyedia artikel kesehatan sekaligus situs penjual produk obat herbal online terpecaya. Kami menyediakan berbagai macam produk obat herbal yang sudah terbukti manfaat dan khasiatnya serta sudah memiliki legalitas resmi di departemen Kesehatan Indonesia dan bersertifikat Halal dari MUI. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pengobatan alami eksim atopik.

Apa itu eksim atopik ?

Pengobatan Alami Eksim Atopik

Pengobatan Alami Eksim Atopik

Eksim atopik (Dermatitis) adalah suatu kondisi dimana kulit mengalami merah dan gatal. Ini umum terjadi pada anak-anak tetapi dapat terjadi pada usia berapa pun. Eksim atopik bersifat tahan lama (kronis) dan cenderung berkobar secara berkala dan mungkin disertai dengan demam.

Eksim kadang mendahului kondisi ini, lebih dari setengah anak-anak muda dengan eksim atopik mengembangkan asma dan demam pada usia 13 tahun. penderita Eksim atopik dapat merasakan kulit gatal yang kronis bahkan hingga bersisik. Kondisi kulit yang disebut neurodermatitis (lichen simplex chronicus) dimulai dengan bercak kulit gatal ketika menggaruk area tersebut, bahkan membuatnya lebih gatal. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit yang terkena menjadi berubah warna, tebal dan kasar. Lainnya yauitu Infeksi kulit, Goresan berulang dapat merusak kulit dan dapat menyebabkan luka terbuka dan retak. Ini meningkatkan risiko infeksi dari bakteri dan virus, termasuk virus herpes simplex. Hal lain yang mungkin dirasakan adalah eksim tangan iritasi. Ini terutama mempengaruhi orang-orang yang pekerjaannya mengharuskan tangan mereka sering basah dan terkena sabun keras, deterjen dan desinfektan. Ada pula eksim kontak alergi, Kondisi ini umum pada orang dengan eksim atopik bahkan bisa menganggu tidur. Siklus gatal-garuk dapat menyebabkan kualitas tidur yang buruk.

Apa penyebab eksim atopik ?

Kulit yang sehat membantu mempertahankan kelembapan dan melindungi Anda dari bakteri, iritasi, dan alergen. Secara umum, Eksim berhubungan dengan variasi gen yang mempengaruhi kemampuan kulit untuk memberikan perlindungan ini. Hal ini memungkinkan kulit Anda dipengaruhi oleh faktor lingkungan, iritasi dan alergen.

Pada beberapa anak-anak, alergi makanan mungkin memainkan peran dalam menyebabkan eksim. Selain itu, faktor risiko utama untuk eksim atopik adalah memiliki riwayat pribadi atau keluarga dari eksim, alergi, demam atau asma.

Apa saja gejala dari penyakit eksim atopik ?

Berikut adalah beberapa tanda dan gejala dari eksim atopik yang umum terjadi, diantaranya adalah :

  • Kulit kering, menebal, retak, dan bersisik
  • Terasa gatal di bagian kulit, dan semakin parah pada malam hari
  • Bercak merah ke abu-abu atau kecoklatan, terutama di tangan, kaki, pergelangan kaki, pergelangan tangan, leher, dada bagian atas, kelopak mata, di dalam lengkungan siku dan lutut, dan pada bayi, wajah dan kulit kepala
  • Benjolan kecil yang timbul, yang dapat mengeluarkan cairan dan kerak saat tergores
  • Kulit mentah, sensitif, bengkak karena goresan
  • Eksim atopik paling sering dimulai sebelum usia 5 tahun dan dapat bertahan hingga remaja dan dewasa.

Untuk beberapa orang, itu flare secara berkala dan kemudian menghilang untuk sementara waktu, bahkan untuk beberapa tahun.

Pengobatan alami eksim atopik

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan secara sederhana dengan bahan-bahan yang mudah didapat, Diantaranya adalah :

  • Bubur gandum

Banyak yang belum mengetahui fungsi dan khasiat bubur gandum sebagai salah satu obat eksim alami. bubur gandum nyatanya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh gatal akibat eksim. Cara sederhananya adalah. Siapkan selembar kain tipis dan bersih serta bubur gandum kering. Tuang 3 sendok bubur gandum ke dalam kain tersebut, lalu ikat bubur gandum di dalam kain menyerupai bundel kecil.Tampung air yang akan Anda gunakan untuk mandi. Lalu Anda bisa memasukan bundelan kain yang berisi oatmeal/ bubur gandum ke dalam bak mandi yang telah diisi air. Rendam selama kurang lebih 15 menit. Cara berikutnya angkat bundel oatmeal tersebut, lalu gosok ke bagian tubuh yang terkena eksim. Anda juga bisa membilas tubuh dengan air bak mandi, yang sebelumnya berisi bundelan oatmeal. Lakukan rutin metode oatmeal ini, hingga gatal eksim mereda dalam beberapa waktu.

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa menjadi salah satu bahan obat eksim alami, karena minyak kelapa memiliki khasiat anti jamur, anti bakteri, antimikroba dan antioksidan. Selain itu minyak kelapa mengandung nutrisi seperti asam laurat, vitamin K dan E, yang membantu memerangi gatal dan menghasilkan efek sejuk di kulit. Berikut adalah cara sederhananya. Pertama anda bisa mengoleskan langsung minyak kelapa ke kulit yang gatal. Oleskan beberapa kali dalam sehari, lebih sering semakin lebih baik untuk meredakan gatal. Anda juga bisa mengonsumsi 2 sampai 4 sendok makan minyak kelapa murni setiap hari untuk membantu meringankan gejala eksim dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda secara keseluruhan. Bisa dengan menenggak langsung minyak kelapa atau menambahkannya ke makanan atau minuman Anda.

  • Kunyit

Kunyit, merupakan salah satu rempah alami yang banyak digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Sebuah studi yang diterbitkan dalam terbitan Journal of Drugs in Dermatology pada tahun 2010, kunyit bisa digunakan sebagai alternatif obat eksim alami akibat kandungan antioksidannya untuk kulit. Selain itu, curcumin, bahan aktif yang ada dalamnya memiliki sifat anti-inflamasi dan bakterisida yang membantu mengobati peradangan dan gatal kulit. caranya sederhananya adalah : Campur satu setengah sendok teh kunyit dengan susu secukupnya, jadikan sebagai krim oles kulit. Lalu, oleskan krim ini pada kulit yang terkena sebanyak dua kali sehari sampai kemerahan dan gatal hilang. Sebagai alternatif lainnya, Anda bisa menambahkan satu setengah sendok teh kunyit pada air mendidih dan aduk selama 10 menit. Biarkan dingin, lalu Anda bisa meminumnya atau digunakan untuk membilas area eksim yang terasa gatal.

  • Gel lidah buaya

Lidah buaya memiliki beberapa khasiat yang menjadikannya sebagai pengobatan yang efektif untuk eksim. lidah buaya memiliki zat anti inflamasi yang dapat membantu menenangkan rasa gatal sekaligus sensasi terbakar pada kulit eksim. Ditambah lagi,sifat anti mikroba lidah buaya dapat mencegah infeksi kulit lebih lanjut. Cara sederhananya adalah. Ambil ekstrak gel dari daun lidah buaya segar. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak ekstrak vitamin E ke dalamnya. Kedua anda bisa oleskan gel langsung ke kulit yang terkena. Biarkan sampai kering dengan sendirinya,lalu bilas dengan air hangat. Gunakan cara sederhana ini dua kali sehari selama beberapa minggu sampai gatal mereda.

Pencegahan

Langkah-langkah berikut dapat membantu mencegah serangan eksim (flare) dan meminimalkan efek pengeringan dari mandi :

  • Gunakan hanya sabun lembut

Pilihlah sabun ringan, sabun deodoran dan sabun antibakteri dapat menghilangkan lebih banyak minyak alami dan mengeringkan kulit Anda.
Keringkan diri Anda dengan hati-hati. Setelah mandi tepuk-tepuk lembut kulit Anda dengan handuk lembut dan gunakan pelembab saat kulit Anda masih basah.

  • Perawatan kuit

Melembabkan kulit setidaknya dua kali sehari. Krim, salep, dan lotion menyegel kelembapan. Pilihlah produk yang bekerja dengan baik untuk Anda. Gunakan petroleum jelly pada kulit bayi Anda dapat membantu mencegah perkembangan eksim atopik.

  • Mandi lebih singkat

Batasi pemandian dan pancuran Anda hingga 10 hingga 15 menit. Dan gunakan air hangat, bukan panas.

  • Terapi air hangat

Rendam dari leher ke bawah atau hanya daerah kulit yang terkena selama sekitar 10 menit. Jangan merendam kepala.

  • Menghindari barang yang menjadi pemicu

Cobalah untuk mengidentifikasi dan menghindari pemicu yang memperburuk kondisi. Hal-hal yang dapat memperburuk reaksi kulit termasuk keringat, stres, obesitas, sabun, deterjen, debu dan serbuk sari.

Demikian admin paparkan artikel tentang pengobatan alami eksim atopik. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi motivasi untuk anda sehingga anda akan berusaha selalu menjalani hidup yang sehat. Sekian informasi yang dapat admin sampaikan. pengunjung semua boleh membagikan artikel ini ke sosmed masing-masing supaya bisa bermanfaat lagi bagi semua orang. Salam sehat. Terimakasih.

Tags: