Pengobatan Alami ADHD

ADHD -, Selamat datang dan trimakasih telah berkunjung di www.jamuwalatra.com, situs resmi penyedia artikel kesehatan dan sekaligus situs penjual produk obat herbal online terpecaya. Kami menyediakan berbagai macam produk obat herbal yang sudah terbukti manfaat dan khasiatnya serta sudah memiliki legalitas resmi di departemen Kesehatan Indonesia dan bersertifikat Halal dari MUI. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas pengobatan alami ADHD

Apa Itu ADHD ?

pengobatan alami ADHD

Pengobatan Alami ADHD

Kita mungkin begitu asing dengan penyakit Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas) atau sering disingkat jadi ADHD. ADHD adalah gangguan neurologis kompleks seperti gangguan perkembangan fungsi manajemen diri yang terkait dengan operasi otak yang kompleks. Dengan demikian, ADHD berdampak pada fungsi eksekutif yang diperlukan untuk menilai, merencanakan, dan melaksanakan kehidupan. Penyakit ini umumnya muncul dengan dua cara, atau mungkin bisa kombinasi dari keduanya. Orang dengan subtipe hiperaktif-impulsif dari ADHD bertindak seolah-olah bergerak, menggeliat, dan berbicara secara tidak disadari atau disengaja, bahkan pada saat yang paling tidak tepat. Mereka impulsif, tidak sabar, dan suka mengganggu orang lain.

Penyebab

Sebenarnya penyebab utama dari ADHD belum di ketahui secara pasti. Tetapi para ahli menunjukkan bahwa risiko seseorang untuk menderita kondisi ADHD dapat disebabkan oleh kombinasi dari beberapa faktor yang mempengaruhi otak. Berikut adalah beberapa faktor yang beresiko untuk munculnya penyakit ADHD, diantaranya adalah :

  • Keturunan

Yang pertama adalah keturunan. Keturunan memang akan menjadi faktor yang sangat pasti pada setiap penyakit apapun, dengan memiliki ibu, ayah, atau saudara dengan kondisi menderita ADHD, kemungkinan besar keturunannya akan beresiko terkena juga.

  • Kinerja otak

Pada anak yang menderita ADHD, didapati bahwa area otak yang mengontrol perhatian tampak tidak terlalu aktif. Tentu dibandingkan dengan anak-anak lainnya yang tidak menderita ADHD.

  • Kelahiran

Selanjutnya adalah kelahiran, Kelahiran prematur, tidak normal atau yang lainnya, itu dapat memunculkan untuk menderita ADHD.

  • Cidera Pada Otak

Kerusakan pada otak atau cedera otak bisa terjadi pada saat kelahiran, usia dini, atau karna kecelakaan.

  • Lingkungan

Paparan racun dari lingkungan sekitar dapat beresiko bagi anak-anak pada masa dalam pertumbuhan, misalnya timah yang terdapat dalam cat dinding ruangan, asap pabrik, danlainnya.

Gejala

Tanpa kita sadari kemungkinan seseorang yang menderita ADHD tidak kita ketahui, namun tingkah dan prilakunya bisa kita idetifikasi untuk mengetahui gejala-gejala pada penderita. Berikut adalah gejala ADHD yang umum pada setiap individunya, diantaranya adalah :

  • Tidak teratur

Sikap atau prilakunya menjadi tidak teratur, tanpa sadar mungkin kita membiarkannya begitu saja tanpa untuk segera menanganinya.

  • Kurang fokus

Kondisi ini bisa terjadi ketika anak-anak lg sekolah, atau orang dewasa yang kurang fokus saat berada di pekerjaannya. Mengalami kesulitan untuk tetap pada topik saat berbicara, tidak mendengarkan orang lain, dan tidak mengikuti aturan sosial.

  • Prilaku Ceroboh

Memiliki waktu yang sulit memperhatikan detail dan kecenderungan untuk membuat kesalahan yang ceroboh. Pekerjaan mereka mungkin berantakan dan tampak ceroboh.

  • Masalah Ingatan

Lupa dengan cepat kegiatan sehari-hari misalnya, janji yang tidak ingat, lupa membawa sesuatu yang di perlukan saat itu, danlainnya.

  • Mudah Terganggu

Ketika ada hal-hal yang sangat sepele, semisal seperti suara sepele atau kejadian yang biasanya diabaikan oleh orang lain, di malah berbeda prilaku.

  • Prilaku Hiperaktif

Ini mungkin akan berbeda-beda tergantung kondisi dan usia penderita. Mungkin bisa memperhatikannya pada anak-anak sekolah. Gejala ADHD biasanya selalu muncul sebelum sekolah menengah.

Pengobatan Secara Alami

Pengobatan alami ini dapat dapat dilakukan dengan sederhada di rumah. Berikut adalah makanan yang direkomendasikan sebagai pengobatan alami ADHD, diantaranya adalah :

  • Gingko Dan Ginseng

Para ilmuan telah meneliti jika kandungan yang terdapat pada gingko dan ginseng dapat membantu pengobatan alami ADHD. Kedua herbal ini juga dapat mengaktifkan fungsi kognitif pada otak. Namun sebelum menggunakan bahan tradisional ini direkomendasikan untuk orang yang dewasa, karena anak-anak dan ibu hamil tidak direkomendasikan untuk mengkonsusmsi bahan alami ini, apalagi ginseng.

  • Ekstrak Batang Pinus

Pycnogenol adalah batang pinus maritim yang berasal dari negara prancis. Ekstrak herbal ini dapat dikonsumsi untuk membantu pengobatan alami ADHD, karena kandungan didalam ekstrak batang pinus maritim ini dapat membantu meningkatkan daya fokus, mengurangi gejala hiperaktif, dan menstimulasi koordinasi visual-motorik.

  • Gandum Hijau

Gandum hijau terbukti membantu menambah fokus saat seseorang mengerjakan tugas, karena kandungan yang terdapat dari gandum hijau dapat mengurangi rasa cemas dan menenangkan saraf. Bahan alami ini bisa di dapat di toko pengobatan herbal yang ada di dekat anda.

  • Karbohidrat Kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks memiliki senyawa untuk menjada dan meningkatkan kadar serotonin di dalam tubuh kita. Penderita ADHD cenderung memiliki kadar serotonin dan dopamin yang kurang atau rendah. Sehingga para ahli merekomendasikan pola makan karbohidrat kompleks untuk meningkatkan serotonin untuk memperbaiki suasana hati, pola tidur, dan nafsu makan.

  • Protein Dan Omega-3

Para peneliti telah menemukan rekomendasi untuk membantu pengobatan alami ADHD yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung protein dan omega-3. Kandungan protein dan omega-3 dapat ditemui di beberapa makanan seperti, ikan salmon, kacang-kacangan, dan yang lainnya. Jenis-jenis makanan ini yang mengandung protein dan omega-3 dapat membantu meningkatkan kesehatan otak, menurunkan hiperaktivitas sekaligus meningkatkan kemampuan organisasional, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung protein & omega-3 dapat membantu mengurangi gejala negatif ADHD.

Demikian admin paparkan artikel tentang pengobatan alami ADHD. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi motivasi untuk anda sehingga anda akan berusaha selalu menjalani hidup yang sehat. Sekian informasi yang dapat admin sampaikan. pengunjung semua boleh membagikan artikel ini ke sosmed masing-masing supaya bisa bermanfaat lagi bagi semua orang. Salam sehat. Terimakasih.

Tags: