Pencegahan Kista Ganglion

Pencegahan Kista Ganglion -, Selamat datang di website resmi kami www.jamuwalatra.com yang mana merupakan situs resmi yang mengenai berbagai penyakit. Pada kesempatan kali ini, terlebih dahulu kami akan menjelaskan  sekilas tentang pencegahan kista ganglion. Dimana kista ganglion ini sering muncul bagian tendon atau persendian tangan, pada umumnya kista ini tidak menimbulkan rasa nyeri.

Pencegahan Kista Ganglion

pencegahan kista ganglion

Kista Ganglion adalah sebuah tumor atau benjolan di bagian atas tendon dan persendian (jaringan penghubung tulang dan otot), kista ganglion ini tanpak seperti kantung yang berisi cairan berwarna bening dengan tekstur lengket dan kental sepertoi jeli yang disebut dengan cairan sinovial. Kista ganglion ini memiliki ukuran bermacam-macam, dari sekecil kacang polong hingga sebesar bola golf. Kista ganglion yang kecil biasanya berjumlah lebih dari satu, akan tetapi mereka dihubungkan oleh jaringan yang sama dibawah kulit.

Kista ganglion ini sering terjadi di punggung tangan tepat dibagian pergelangan tangan dan biasanya benjolan akan semakin tampak jelas saat kita menekuk pergelangan tangan ke bawah, kista ganglion bisa muncul di tempat lain seperti diruas jari paling bawah, ujung jari (tepat dibawah kuku), lutut bagian luar, pergelangan kaki atau punggung kaki. Meskipun kista ganglion tidak berbahaya, namun kondisi ini kadang bisa terasa menyakitkan, gangguan kesehatan ini biasanya muncul pada usia 20-60 tahun, dan selain itu juga wanita diketahui lebih banyak mengalami gangguan kista ganglion. Pantangan untuk kista ganglion ini yaitu sering mengangkat berat dan sebaiknya bagi penderita kista ganglion mengurangi aktivitas berat menggunakan tangan.

Gejala Kista Ganglion

Ada beberapa gejala yang timbul akibat benjolan kista ganglion ditandai dengan hal-hal sebagai berikut :

  • Adanya benjolan atau tonjolan, di dalam kista ganglion biasanya muncul dengan adanya tanda benjolan atau tonjolan pada tempat yang terdapat kista ganglion atau biasanya muncul pada daerah sendi khususnya pada kaki dan tangan. Benjolan atau tonjolan ini tidak bersifat permanen karena benjolan atau tenjolan ini bisa saja hilang namun saja kadang akan muncul lagi, benjolan tersebut di akibatkan oleh adanya kista ganglion yang memiliki tekstur lunak hampir seperti jelly dan benjolan ini juga memiliki warna yaitu warna kuning terang.
  • Bentuk dan ukuran, kista ganglion umumnya berbentuk lonjong atau bulat dengan ukurang diameter kurang dari 2.5 cm, beberapa kista ganglion mungkin tidak teraba karena ukurannya terlalu kecil apabila sendi yang terkena digunakan terus-menerus dengan gerakan berulang, ukuran kista ganglion juga bisa semakin membesar.
  • Jari yang lemas, disebabkan oleh munculnya kista ganglion yang tumbuh mengenai bagian tendon selain itu juga jari yang lemas, begitu pula banyak penyebab tangan lemas dan kaki lemas yang perlu anda ketahui.
  • Lokasi, kista ganglion paling sering muncul di daerah persendian tangan atau tendon, lokasi lainnya juga umum dijumpai yakni di punggung kaki dan pergelangan kaki. Walaupun jarang, kista ganglion juga bisa terjadi di persendian lain di tubuh.
  • Nyeri, kista ganglion pada umumnya tidak menimbulkan rasa nyeri. Akan tetapi, apabila kista ini sampai menekan persarafan gejala seperti nyeri mati rasa, rasa tergelitik atau bahkan kelemahan otot bisa terjadi.
  • Tangan terasa kaku saat digerakkan, tangan mengalami kekakuan karena terdapat saraf ataupun jaringan yang rusak pada tangan, selain itu juga kekakuan pada tangan ini bisa disebabkan oleh adanya benjolan dan tonjolan. Saat tangan terdapat benjolan di bagian tangan akan mengalami kesulitan untuk menggerakan pergelangan tangan sehingga tangan menjadi tidak leluasa ataupun memiliki gangguan dalam melakukan aktivitas dan juga gerakkan.

Faktor Dan Penyebab Resiko Kista Ganglion

Inilah penyebab munculnya kista ganglion masih belum diketahui secara pasti hingga saat ini, salah satu teori menyebutkan bahwa kista ganglion ini terjadi akibat adanya suatu trauma yang mengakibatkan jaringan di bawah kulit mengalami kerusakan. Kumpulan jaringan yang rusak ini kemudian membentuk kista kecil yang bergabung menjadi satu massa atau benjolan yang lebih besar, menurut teori lain mengatakan bahwa kista ganglion dapat muncul akibat adanya kerusakan pada pelindung tendon sehingga jaringan di tendon menonjol ke luar. Ada beberapa faktor yang mungkin bisa meningkatkan resiko kista ganglion, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Berjenis kelamin wanita
  • Berusia antara 20 sampai 40 tahun
  • Memiliki riwayat cedera tendon atau sendi
  • Mengidap penyakit osteoarthritis di bagian sendi tangan yang berdekatan dengan kuku jari

Pencegahan Kista Ganglion

Ada beberapa pencegahan kista ganglion yakni karena merupakan upaya agar kita bisa terhindar dari kista ganglion, diantaranya pencegahan kista ganglion adalah sebagai berikut :

  • Menghindari makanan junkfood, makanan junkfood adalah makanan yang tidak sehat karena tidak melewati proses pematangan makanan yang baik sehingga ketika kita mengkonsumsi makanan junkfood  akan membawa efek buruk seperti berbagai penyakit
  • Menjaga hidup sehat, kista ganglion merupakan jenis penyakit yang belum diketahui secara jelas penyebabnya sehingga dalam sehari-hari kita harus menerapkan hidup sehat untuk pencegahan kista ganglion.
  • Sering-sering untuk memeriksakan diri, memeriksakan ke dokter beberapa bulan sekali akan membantu kita dalan melakukan sebuah pencegahan penyakit khususnya untuk pencegahan kista ganglion, karena jika terdapat gejala yang sedikit mencurigakan akan mudah dan cepat untuk ditangani.

Pengobatan Kista Ganglion

Selain pencegahan kista ganglion, ada sebagian besar kista ganglion ini tidak akan menimbulkan gejala sehingga tidak memerlukan penanganan apapun, akan tetapi jika kista ganglion di tubuh menimbulkan rasa sakit hingga mengganggu aktivitas maka dokter mungkin akan menyarankan anda untuk dilakukan tindakan sebagai berikut ini :

  • Aspirasi, penaikan cairan atau aspirasi ini dapat digunakan sebagai penegak diagnosis sekaligus untuk terapi, dokter akan menggunakan jarum untuk menarik cairan di dalam kista ganglion hingga ukuran kista mengecil atau bahkan hilang.
  • Imobilisasi, ukuran kista ganglion dapat membesar dengan aktivitas berulang di daerah yang sakit, maka tindakan imobilisasi menggunakan bidai dapat dijadikan salah satu pilihan terapi namun saja penggunaan bidai dalam jangka panjang juga tidak disarankan karena akan menyebabkan kelemahan otot. Oleh karena itu, konsultasikan kepada dokter mengenai durasi penggunaan yang paling tepat untuk kondisinya.
  •  Operasi, diindikasikan apabila benjolan menimbulkan rasa nyeri tergelitik, mati rasa ataupun mengganggu aktivitas sehari-hari (terutama bila benjolan terjadi di tangan yang dominan). Operasi memiliki 2 jenis yang dapat dilakukan, yaitu :
  • Pembedahan artroskop, operasi ini dokter bedah akan membuat sayatan dengan ukuran yang lebih kecil kemudian kamera kecil yang disebut artroskop akan dimasukkan ke dalam sayatan untuk melihat lokasi persis dari kista dan dokter bedah selanjutnya akan memasukkan suatu alat pada sayatan tersebut untuk mengangkat kista ganglion.
  • Pembedahan terbuka, operasi ini dokter bedah akan melakukan sayatan sepanjang kurang lebih 5 cm di lokasi tendon atau sendi yang terdapat kista ganglion

*sekian penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai tentang pencegahan kista ganglion, semoga bermanfaat.

Tags: