Obat Tradisional Penyakit Gondok

Obat Tradisional Penyakit Gondok, Gejala dan Penyebabnya akan kami bahas pada kesempatan kali ini. Kembali lagi bersama kami di www.jamuwalatra.com dengan seputar informasi kesehatan dan pengobatan berbagai macam penyakit dan cara mengatasinya. Penyakit Gondok adalah pembengkakan kelenjar tiroid yang berbentuk kupu kupu dibawah jakun. Kelenjar ini berfungsi untuk memproduksi hormon tiroid yang berperan untuk proses-proses kimiawi didalam tubuh. Lalu bagaimana cara mengobati penyakit gondok dan apa saja gejala dan penyebab penyakit gondok ? Berikut ini penjelasannya.

Obat Tradisional Penyakit Gondok - Gejala dan PenyebabnyaObat Tradisional Penyakit Gondok, Gejala dan Penyebabnya

Pengobatan penyakit gondok dapat dilakukan dengan beberapa cara, pada kesempatan ini kami akan memberikan refrensi untuk anda yang saat ini sedang mencari cara mengobati penyakit gondok dengan Obat Tradisional Penyakit Gondok.

Gejala Penyakit Gondok

Gejala yang dirasakan oleh penderita penyakit gondok pada awalnya akan menunjukan adanya benjolan abnormal pada leher. Pada setiap penderita, ukuran benjolannya akan berbeda. Benjolan yang berukuran kecil tidak akan menimbulkan keluhan apapun.

Gejala lain yang akan muncul pada penderita gondok adalah tenggorokan membengkak, perubahan suara menjadi serak, batuk-batuk dan kesulitan bernafas atau menelan.

Penyebab Penyakit Gondok yang Harus Diwaspadai

Penyebab Penyakit Gondok saat ini belum diketahui secara pasti. Namun faktor yang dapat memicu terjadinya penyakit ini adalah :

  • Hipertiroidisme dan hipotiroidisme yang terjadi karena kelenjar tiroid yang berlebihan atau menurun. Keduanya dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar tiroid
  • Inflamasi kelenjar tiroid akibat virus, bakteri atau obat-obatan.
  • Perubahan hormon saat pubertas, kehamilan dan menopause
  • Kekurangan yodium, kinerja kelenjar tiroid akan menurun dan mengalami pembengkakan.
  • Merokok dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam menyerap yodium.
  • Nodul dalam kelenjar tiroid
  • Pengaruh kanker tiroid

Obat Tradisional Penyakit Gondok Alami dari Tanaman

Dalam upaya pengobatan penyakit gondok, obat tradisional penyakit gondok masih banyak diminati oleh masyarakat. Mengobati gondok dengan memanfaatkan tanaman terbilang sangat efektif dan aman tanpa efek samping. Berikut ini adalah beberapa tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk obat tradisional penyakit gonok :

Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh atau belimbing sayur memiliki ciri khas denga rasanya yang asam kental. Rasa asam ini biasanya dimanfaatkan sebagai masakan atau ramuan jamu. Berikut ini cara membuat obat tradisional penyakit gondok :

Cuci bersih 10 ranting muda belimbing wuluh dan 4 siung bawang merah, kemudian tumbuk halus. Balurkan ramuan tersebut di tempat penyakit gondok yang sakit.

Akar Daruju

Akar daruju merupakan tanaman yang sering ditemukan di daerah pantai, sungai serta tempat yang berlumpur dan berair payau. Akar dari tanaman ini memiliki khasiat untuk mengobati penyakit gondok, cara pembuatannya adalah :

Cuci bersih 30-60 gram akar daruju kering, rebus bersama 2 gelas hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin kemudian disaring dan diminum airnya.

Tanaman Ciplukan

Tanaman ciplukan memiliki banyak khasiat untuk dijadikan sebagai obat tradisional penyakit gondok, berikut ini cara membuat obat untuk mengatasi penyakit gondok :

Rebus 9-15 gram tanaman ciplukan kedalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas, setelah dingin airnya diminum dua kali sehari masing masing 1 gelas.

Akar Jarong

Akar jarong juga memiliki manfaat yang sangat bailk dan bisa dijadikan sebagai obat tradisional penyakit gondok, cara membuatnya adalah :

Rebus 30 gram akar jarong dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, setelah airnya disaring kemudian diminum sekaligus. Akarnya dapat dilumatkan dan ditempelkan ke bagian yang sakit.

Pengobatan Medis

Pengobatan medis penyakit gondok ditangani dengan beberapa cara tergantung dari beberapa faktor yaotu ukuran benjolan, gejala yang dirasakan dan penyebabnya. Jika benjolan terus membesar dan menggangu kesehatan, dokter akan mengambil beberapa langkah pengobatan yaitu :

  • Obat penurun hormon tiroid. Thionamide akan menurunkan kadar tiroid menghambat proses produksinya. Obat ini bisa mengatasi hipertiroidisme.
  • Terapi penggantian hormon. untuk menangani hipertiroidisme dengan menggantikan hormon tiroid. Contoh obatnya adalah levothyroxine.
  • Terapi odium radioaktif. ini akan menghancurkan sel sel tiroid yang dapat mengecilkan benjolan dan juga bisa memicu hipertiroidisme.
  • Langkah Operasi. Jika benjolan terus membesar dan mengganggu pernafasan dan menyebabkan penderita sulit menelan. Langkah operasi ini akan ditangani dengan tiroidektomi yaitu pengangkatan sebagian atau seluruh benjolan tiroid yang mengandung sel kanker. Langkah operasi ini memiliki resiko yaitu berpotensi mengalami komplikasi kerusakan syaraf dan kelenjar paratiroid.

Penyakit gondok memang bukanlah penyakit yang mematikan, namun jika dibiarkan dan tidak segera ditangani akan menyebabkan beberapa komplikasi bahkan berpotensi kanker dan tumor. Untuk itu obat tradisional penyakit gondok perlu anda ketahui untuk proses pengobatan penyakit gondok.

Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat, silahkan untuk share di media sosial anda dan jangan lupa tinggalkan kritik dan saran di kolom komentar. Terimakasih telah berkunjung .

Tags: