Obat Tradisional Nyeri Anus Yang Mudah di Dapat dan Ampuh

Obat Tradisional Nyeri Anus – Apakah anda pernah mengalami nyeri anus? Nyeri pada anus memang sangat menggangu berbagai aktifitas,apalagi aktivitas anda sehari-hari memerlukan duduk seharian.  Ingin tahu obat tradisional nyeri anus ? Selamat datang di www.jamuwalatra.com , yang mana merupakan situs resmi dalam memaparkan mengenai seputar kesehatan . Dalam kesempatan kali ini kami akan mencoba memaparkan atau menjelaskan tentang Obat Tradisional Nyeri Anus.

obat tradisional nyeri anus

Obat Tradisional Nyeri Anus

Obat Tradisional Nyeri Anus – Nyeri anus adalah nyeri yang dirasakan pada bagian dubur atau rektum (bagian akhir saluran pencernaan. Nyeri anus memang tidak membahayakan penderita,akan tetapi membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Rasa sakit pada anus biasanya disebabkan oleh kejang otot intens di anus dan sekitarnya.

Gejala

Obat Tradisional Nyeri Anus – Gejala yang di alami penderita tentunya akan menganggu dalam melakukan rutinitas yang biasa di lakukan,berikut merupakan gejala yang muncul ketika mengalami kondisi nyeri anus :

  • Rasa gatal dan kemerahan pada anus
  • Seperti ada yang menganjal di anus
  • Buang air besar yang berdarah atau keluar nanah
  • Demam
  • Nyeri seperti tertekan saat duduk

Faktor Penyebab Nyeri Anus

Nyeri anus dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti :

  • Wasir (Hemoroid)
    Wasir atau hemoroid merupakan kondisi yang mana bagian pembuluh darah vena pada anus mengalami pembengkakakn. Pembengkakan ini terjadi diakibatkan oleh beberapa faktor seperti,mengejan sangat keras saat kostipasi,melahirkan,duduk terlalu lama,serta sering mengangkat barang berat. Pada gejala awal,wasir masih tergolong ringan,namun apabila sakitnya berdenyut dan tidak dapat ditahan,maka kondisi tersebut dikatakan cukup serius untuk melakukan pemeriksaan atau penanganan dokter.
  • Fisura Ani
    Fisura ani merupakan sobekan kecil pada jaringan lembab tipis yang melapisi anus sehingga akan muncul rasa nyeri ketika buang air besar. Fisura ani biasanya terjadi karena ketegangan saat buang air yang besar atau keras. Kondisi seperti dapat terjadi pada semua kalangan,bahkan pada orang yang sehat. Meskipun mengakibatkan ketidaknyamanan akan tetapi fisura ani tidak menyebabkan masalah yang serius.
  • Proctalgia Fugax adalah kondisi dimana anus mengalami nyeri yang tajam dan hilang dengan cepat. Nyeri yang dirasakan akan berulang setiap beberapa detik ataupun menit. Kondisi seperti ini memang tidak berbahaya,namun akan menyebabkan ketidaknyamanan serta mengganggu aktivitas sehari-hari,apalagi jika nyeri tersebut terjadi selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Proctalgia Fugax disebabkan oleh bebepa faktor,seperti stres,aktivitas seksual,konstipasi,menstruasi.
  • Infeksi
    Terdapatnya ifeksi juga akan menyebabkan nyeri pada anus,seperti proktitis. Hal ini merupakan peradangan rektum yang di akibatkan oleh infeksi menular seks.
  • Sindrom Levator Ani
    Nyeri anus juga dapat disebabkan oleh Sindrom Levator Ani yang merupakan kondisi dimana ptot dasar panggul mengencang. Dasar panggul ialah otot yang menopang rektum dan uretra. Jika pada wanita,otot tersebut akan menopang rahim dan vagina. Sindrom Levator Ani merupakan penyakit jangka panjang yang biasa di tandai dengan rasa nyeri anus dan rektrum.
  • Fistula ani dan Abses Anus
    Fistula ani adalah sejenis ruang menyerupai terowongan kecil yang berkembang di antara akhir usus dan kulit di dekat anus yang biasanya di akibatkan oleh infeksi di dekat anus yang menyebabkan sekumpul nanah (Abses Anus). Ketika nanah mengalir,ia akan meninggalkan saluran kecil di belakangnya. Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan serta iritasi kulit,yang tak kunjung membaik. Kondisi seperti ini biasanya sering untuk di anjurkananya pembedahan.

Obat Tradisional Nyeri Anus – Nyeri anus yang di rasakan seseorang akan membuat penderita menunda buang air besar karena rasa khawatirnya,sehingga akan membuat tinja menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan. Nyeri anus biasanya dapat membaik dengan sendirinya,namun apabila kondisi tersebut muncul dengan nyeri yang tak tertahankan segera tangani kondisi tersebut dengan tepat.

Pencegahan

Obat Tradisional Nyeri Anus – Sebelum anda mengalami nyeri anus alangkah lebih baiknya anda melakukan pecegahan,seperti kata pepatas lebih baik mencegah daripada mengobati. Berikut merupakan hal yang harus anda lakukan guna mencegah terjadinya nyeri anus,diantanya :

  • Menerapkan pola gaya hidup sehat
  • Olahraga secara teratur
  • Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan vitamin
  • Hindari duduk yang terlalu lama
  • Hindari rokok
  • Jangan melakukan hubungan seksual secara tidak wajar (anal seks)
  • Tidak menahan buang air besar atau kecil
  • Tidak menggaruk atau menggosok area dubur secara berlebihan
  • Tidak mengejan secara berlebihan.

Pengobatan Tradisional  Nyeri Anus

Tanpa kita sadari ternyata beberapa tumbuhan yang berada di sekitar kita dapat di jadikan obat untuk nyeri anus yang kita alami saat ini,yang diantaranya :

  • Daun Ungu
    Daun ungu (Graptophyllum pictum) merupakan tanaman obat dari Papua Nugini dan Polinesia yang kemudian menyebar ke Indonesia. Daun ungu ini di ketahui mengandung beberapa kandungan seperti alkaloid yang tidak beracun,glikosida,steroid,saponin,tanin,klorofil,lendir,kalsium oksalat,asam formik,dan lemak. Karena memiliki kandungan tersebut makan daun ungu di percaya sebagai obat tradisional nyeri anus yang di akibatkan oleh wasir atau hemoroid.
  • Kunyit Putih
    Kunyit putih atau curcuma zedoaria adalah ramuan abadi serta merupakan keluarga dari genus curcuma dan zingiberaceae. Kunyit putih sangat baik untuk tubuh kita karena memiliki unsur kimia seperti tianin,pati,kurkumin,minyal atsiri,gula,saponin,resin,flavonoid,hingga protein beracun yang memiliki khasiat mencegah pertumbuhan sel kanker. Kunyit putih ini juga memiliki antiinflamasi yang dapat menjadi pengobatan efektif untuk nyeri anus maupun wasir,serta telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati vena meradang yang menyebabkan buang air menjadi sangat menyakitkan.
  • Daun Binahong
    Binahong atau dalam bahasa latin disebut Bassela Rubra Linn merupakan suatu tanaman obat yang biasa tumbuh di dataran rendah maupun tinggi. Daun binahong memiliki beberapa kandungan yang berguna untuk pengobatan seperti saponin,asam askorbat,dan juga protein. Dengan kandungan di atas daun binahong dapat menjadi obat tradisinal nyeri anus yang di akibatkan oleh infeksi karena akan dengan kandungan yang terdapat pada daun binahong akan mempercepat pemulihan.

Demikianlah yang dapat kami paparkan terkait Obat Tradisional Nyeri Anus yang mudah di dapatkan dan tentunya ampuh. Semoga dengan adanya pemaparan ini dapat menambah wawasan anda mengenai masalah kesehatan serta lebih mudah untuk mencari bahan tradisional yang dapat di gunakan untuk menangkal penyakit anda.

Tags: