Obat Tradisional Menstruasi Berkepanjangan Alami dan Efektif

Obat Tradisional Menstruasi Berkepanjangan Alami dan Efektif – Selamat berkunjung kembali di situs kami www.jamuwalatra.com yang merupakan situs penyedia informasi mengenai kesehatan dan pengobatannya. Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang menstruasi dan berbagai permasalahannya serta obat tradisional menstruasi berkepanjangan. Berikut ini adalah penjelasanya.

Obat Tradisional Menstruasi BerkepanjanganObat Tradisional Menstruasi Berkepanjangan dan Penyebabnya

Semua wanita tidak memiliki durasi dan jumlah pendarahan menstruasi yang sama. Pada sebagian wanita ada yang mengalami durasi yang sangat panjang atau tidak teratur, kondisi ini disebut dengan menorrhagia. Oleh karena itu banyak sekali wanita yang mencari obat tradisional menstruasi berkepanjangan. Lalu mengapa terjadi bisa terjadi menstruasi ?

Menstruasi atau haid adalah siklus normal bulanan dimana wanita mengalami pendarahan dari vagina. Siklus ini umumnya muncul setiap 4 minggu dimulai dari hari pertama dan hari pertama menstruasi berkikutnya tiba. Setiap wanita memiliki silus menstruasi yang berbeda, ada yang lebih cepat dan lebih lambat dengan perbedaan antara 21 hingga 35 hari.

Menstruasi terjadi saat anda tidak hamil, sel telur yang tidak dibuahi akan diserap tubuh dan dinding rahim yang menebal akan luruh kemudian mengalir keluar dari tubuh bercampur dengan darah.

Gejala Menstruasi (PMS)

Saat menstruasi, perubahan hormon pada wanita akan terjadi khususnya pada sebelum menstruasi yang dapat memengaruhi fisik dan emosi, gejala ini disebut dengan PMS. Berikut ini adalah gejalanya

  • Lelah
  • Sakit Kepala
  • Perut kembung
  • Payudara sensitif
  • Kenaikan berat badan
  • Nyeri otot dan sendi
  • Diare atau konstipasi
  • Muncul jerawat
  • Depresi
  • Sering marah
  • Sulit konsentrasi
  • Mudah menangis
  • Insomnia
  • Perubahan nafsu makan
  • Cemas berlebihan
  • Gairah seks menurun

Penyebab dan Gejala Menstruasi Berkepanjangan (menorrhagia)

Menstruasi berkepanjangan bisa disebabkan beberapa hal yaitu hormon yang tidak seimbang, fibroid rahim, kista, miom dan lainnya. Gejalanya meliputi :

  • Darah keluar banyak bahkan menggumpal sehingga harus mengganti pembalut setiap waktu
  • Mengalami gejala anemia, misalnya kelelahan dan sesak nafas
  • Menstruasi berlangsung lebih dari 7 hari

Jika anda mengalami gejala diatas, sebaiknya segra lakukan pemeriksaan ke dokter dan mencari obat tradisional menstruasi berkepanjangan.

Obat Tradisional Menstruasi Berkepanjangan Yang Alami dan Efektif

Menstruasi yang berlebihan akan berdampak pada kehidupan sehari-hari, termasuk kegiatan fisik, kesehatan emosi serta kehidupan sosial. Untuk menghentikan menstruasi yang berkepanjangan anda dapat mencoba berbagai obat tradisional menstruasi berkepanjangan jenis rumahan seperti berikut ini :

kandungan buah rapsberryBuah Rapsberry

Buah rapsberry ini berguna untuk merilekskan otot-otot rahim. Buah rapsberry merah mengandung fitokimia yang membantu mengurangi menstruasi berlebih.

Cara penggunaannya adalah masukan buah rapsberry secukupnya kedalam segelas air hangat kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu ramuan ini dapat diminum sebanyak 2x sehari.

Selain menggunakan buah rapsberry, anda juga dapat membantu mempercepat darah menstruasi berhenti dengan mengatur pola makan yaitu memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung magnesium seperti keledai, alpukat, otmeal, labu dll.

daun sambilotoDaun Sambiloto

Daun sambaloto dapat mengurangi pendarahan menstruasi dan memiliki sifat astrigen (penciut) dan telah lama digunakan untuk mengendalikan menstruasi yang berlebih. Selain itu daun sambalito juga dapat memperbaiki ketidaksimbangan hormon.

Cara membuatnya adalah dicampurkan dengan bahan alami lainnya seperti 11 lembar daun sambiloto, temulawak putih 1 ruas, jadam arab 1 butir dan saun setra batang benalu sebanyak 1 genggam. Campurkan seluruh bahan dan tambahkan air sebanyak 5 gelas kemudian rebus hingga mendidih dan tersisa setengahnya

Ramuan ini dapat diminm 3 kali sehari , sekali minum cukup 1/2 gelas dan dikonsumsi setelah makan.

kayu manisKayu Manis

Kayu manis dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional menstruasi berkepanjangan karena bisa menghentikan pendarahan yg berlebihan karena memiliki sifat astringen. Cara pembuatannya adalah :

Campurkan satu cangkir air panas kedalam 3 sdm bubuk kayu manis dan minum setiap 30 menit selama siklus menstruasi. Pastikan anda menggunakan kayu manis bubuk pada ramuanya bukan minyak kayu manis, penggunaan minyak kayu manis dapat menyebabkan mual, muntah bahkan kerusakan ginjal.

Itulah beberpa obat tradisional menstruasi berkepanjangan, semoga apa yg kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda. Terimakasih telah berkunjung ke website kami jangan lupa kritik dan sarannya dengan mengisi kolom komentar. Silahkan share di media sosial anda untuk berbagi informasi untuk yang lainnya.

Tags: