Obat Tradisional Kurap – Penyebab dan Gejalanya

Obat Tradisional Kurap – Selamat datang di situs www.jamuwalatra.com merupakan salah satu situs web yang menyajikan informasi seputar dunia kesehatan dan berbagai produk herbal dari bahan alami. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai obat tradisional kurap. Tapi sebelumnya admin akan membahas terlebih dahulu mengenai pengertian, gejala dan penyebab kurap.

obat tradisional kurap

Obat Tradisional Kurap Beserta Penyebab dan Gejalanya

Apa Itu Kurap?

Kurap atau dalam dunia medis sering disebut “tinea korporis” ini adalah suatu penyakit pada kulit yang disebabkan oleh jamur sehingga meimbulkan infeksi. Kurap merupakan jenis penyakit umum yang dapat menyerang siapa siapapun, terlebih anak-anak. Penyakit ini dapat muncul pada tubuh bagian atas, kuku, kepala, dan kaki.

Gejala Kurap

Gejala yang paling mudah dikenali pada kurap yaitu munculnya ruam kemerahan yang berbentuk seperti cincin. Umumnya ruam yang terjadi akan terasa bersisik ketika di raba dan menyebabkan gatal. Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum kurap yang dapat dikenali;

  • Muncul kemerahan pada kulit dan disertai gatal
  • Kulit menjadi kasar dan bersisik
  • Kulit akan mudah terkelupas dan terkadang dapat berair
  • Biasanya bagian kulit yang terkena kurap akan lebih tebal ketika di raba dibandingkan dengan kulit normal disekitarnya.
  • Bagian kulit yang melepuh dan kemerahan biasanya akan berbentuk seperti cincin.

Gejala Kurap Pada Kulit Kepala

Kurap juga dapat terjadi pada kulit kepala dan berikut adalah gejalanya;

  • Rambut akan mengalami kerontokan
  • Kulit kepala akan terasa sangat gatal
  • Kurap pada kulit kepala bisa menimbulkan luka dan menyebabkan demam
  • Kulit kepala akan terasa kering dan bersisik
  • Kurap juga bisa berkembang menjadi nanah

Penyebab Munculnya Kurap

Kurap dapat muncul akibat jamur dermatofit atau jamur yang mampu bertahan hidup di kulit. Adapun faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kurap pada kulit, yaitu;

  • Kontak dengan penderita kurap. Karena jika seseorang berkontak langsung dengan kulit orang lain yang terkena kurap, maka resiko penularan akan terjadi.
  • Penyakit jamur dibagian tubuh lain.
  • Kondisi lingkungan yang panas dan cenderung lembab.
  • Keringat berlebih.
  • Pakaian yang ketat. Jamur penyebab kurap akan sangat mudah tumbuh di kulit seseorang yang berpakaian ketat.
  • Jarang mengganti kaos kaki. Malas mengganti kaos kaki bisa memicu resiko terjadinya kurap pada kaki.

Pengobatan Penyakit Kurap

Kurap merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Kurap dapat terjadi di beberapa bagian tubuh seperti kepala, kuku, selangkangan, dan kaki. Ada dua macam pengobatan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kurap yaitu dengan menggunakan obat tradisional kurap ataupun menggunakan pengobatan kimia. Pengobatan dengan cara tradisional merupakan pengobatan alami yang tentunya lebih aman untuk kulit, murah, mudah dan tidak akan menimbulkan efek samping apapun.

Obat Tradisional Kurap

Berikut adalah beberapa bahan alami yang memiliki khasiat anti peradangan dan anti jamur sehingga dapat membantu meringankan infeksi dan gatal yang diakibatkan oleh kurap, diantaranya:

  • Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini sangat dipercaya sebagai salah satu obat kurap paling ampuh yang dapat menghilangkan infeksi bakteri, jamur ataupun virus. Hal ini karena bawang putih mengandung berbagai senyawa organik dan kandungan antioksidan yang akan membasmi jamur patogen.

Cara membuat ramuan obat tradisional kurap dari bawang putih:
Pertama hancurkan 2 siung bawang putih.
Kemudian gosokan beberapa kali pada ruam kurap minimal 3 kali sehari.
Lakukan cara tersebut hingga 4-5 hari atau sampai kondisi kurap benar-benar membaik.

  • Lidah Buaya

Gel yang terdapat pada lidah buaya dipercaya dapat membantu mengatasi kurap secara alami. Gel lidah buaya memiliki kandungan alami yang sangat ampuh dalam memerangi jamur pada infeksi kulit. Penggunaan gel lidah buaya dapat digunakan sebagai obat tradisional kurap pada kaki, selengkengan, kuku, dan kepala.

Adapun untuk cara membuatnya yaitu dengan mengeluarkan gel yang terdapat dalam daging buah tanaman ini, kemudian Anda bisa langsung mengoleskan gel tersebut pada bagian kurap.

  • Minyak Kelapa

Obat tradisional kurap yang selanjutnya yaitu menggunakan minyak kelapa. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa dipercaya sangat efektif dalam menangani kurap pada bagian tubuh manapun, berbagai macam jenis jamur yang menginfeksi kulit dapat dibasmi oleh asam laurat.

Cara penggunaannya yaitu dengan mengambil minyak kelapa secukupnya, kemudian oleskan pada bagian ruam kurap sembari disertai dengan pijatan lembut. Anda bisa melakukan pijatan ini selama beberapa menit, lalu diamkan. Agar hasilnya efektif, Anda dapat melakukan terapi ini 3-4 kali dalam sehari.

  • Daun Sirih

Daun sirih dikenal sebagai antiseptik alami yang dapat menghilangkan bakteri atau jamur. Sehingga daun sirih dapat dijadikan sebagai obat tradisional kurap di selangkangan, yang bermanfaat untuk meredakan gatal-gatal akibat kurap. Adapun cara pengolahannya yaitu pertama Anda dapat mengambil beberapa daun sirih kemudian cuci hingga bersih, setelah itu Anda dapat merebus daun sirih hingga mendidih. Anda dapat membasuhkan air daun sirih hangat-hangat kuku ke bagian selangkangan yang terkena kurap. Anda dapat melakukan cara ini rutin setiap harinya hingga kurap benar-benar sembuh.

  • Cuka Apel

Kandungan anti septik yang dimiliki cuka apel mempunyai kemampuan untuk membasmi sekaligus menghilangkan virus atau jamur yang menjadi menyebab kurap. Untuk penggunaanya Anda dapat langsung mengaplikasikan cuka apel pada kulit yang terkena kurap atau kudis, Anda dapat melakukan cara ini sehabis mandi. Sifat asam yang dimiliki cuka apel ini akan bekerja dengan mudah dalam membunuh bakteri.

  • Lengkuas

Lengkuas merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang dapat Anda gunakan sebagai obat tradisional kurap. Adapun cara pengobatannya yaitu dengan menumbuk atau memblender lengkuas sampai halus, kemudian Anda oleskan lengkuas tersebut secara merata pada area yang terkena kudis atau kurap. Lakukan pengobatan ini beberapa kali dalam sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.

  • Air Garam

Obat tradisional kurap yang terakhir adalah dengan menggunakan air garam. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengambil beberapa sendok garam serta air hangat, kemudian campurkan keduanya hingga benar-benar larut. Setelah itu, Anda bisa membasuhkan air garam tersebut pada selangkangan yang terkena kurap. Pengobatan dengan air garam ini memang akan terasa perih dan sedikit menyakitkan, hal ini karena garam memiliki kandungan antiseptik yang sangat tinggi. Namun begitu pengobatan dengan cara ini diketahui sangatlah efektif dalam menghilangkan kuman atau bakteri pada kurap.

Pengobatan Kurap Secara Medis

Selain dengan bahan alami, pengobatan kurap juga bisa dilakukan dengan menggunakan obat-obatan anti jamur yang sesuai dengan resep dokter. Anda dapat mengatasi kurap yang terjadi pada tubuh bagian atas dan selangkangan dengan menggunakan salep, krim ataupun obat semprot anti jamur. Obat anti jamur sejenis salep dan obat semprot bisa Anda beli di apotek terdekat tanpa memerlukan resep dokter.

Jika kurap terjadi pada kulit kepala, Anda dapat mengkonsumsi obat tablet jenis terbinafine dan griseofulvin yang dikombinasikan dengan penggunaan sampo anti jamur. Sampo ini digunakan untuk mencegah penyebaran infeksi oleh jamur sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.

Untuk kurap yang terjadi pada kuku, penderita bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi tablet anti jamur ataupun dengan kuteks anti jamur.

Pencegahan Kurap

Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mencegah terjadinya kurap pada bagian tubuh manapun:

  • Bersihkan rumah secara rutin.
  • Rawat kebersihan kuku.
  • Cuci tangan Anda setelah melakukan aktivitas di luar rumah atau setelah memegang hewan peliharaan.
  • Mandi dan keramas secara teratur.
  • Gunakan alas kaki setiap keluar rumah atau saat menggunakan fasilitas umum.
  • Ganti atau cuci pakaian, handuk serta seprai secara rutin.

Demikianlah informasi seputar penyebab, gejala dan pengobatan kurap secara tradisional yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan dan tentunya bermanfaat bagi Anda.

Tags: