Obat Tradisional Gondongan – Yang Sangat Mudah Kita Dapatkan

Obat Tradisional Gondongan -, Berbagai jenis penyakit kini mudah menyerang seseorang,hal itu dapat di akibatkan oleh daya tahan tubuh yang lemah atau bisa juga oleh penyebab lain. Dengan daya tahan tubuh yang lemah beberapa virus penyakit akan dengan mudah masuk kedalm tubuh kita contohnya virus yang menyebabkan gondongan.

Selamat datang di www.jamuwalatra.com , yang merupakan situs resmi yang akan memaparkan berbagai jenis maasalah kesehatan yang mungkin dapat mengganggu rutinitas harian anda. Pada kesempatan saat ini kami akan mencoba memparkan mengenai obat tradisional gondongan.

obat tradisional gondongan

Obat Tradisional Gondongan

Apa itu gondongan ?

Gondongan atau dalam bahasa kedokteran sering disebut Parotiti ini adalah pembesaran atau pembengkkan yang tumbuh pada kelenjar parotis disebabkan oleh infeksi virus. Gondongan termasuk kedalam salah satu penyakit menular. Penyakit ini juga sering terjadi pada anak-anak,namun tak menutup kemungkinan orang dewasa pun bisa terserang penyakit tersebut.

Gejala

Gondongan dapat menyebabkan beberapa gejala yang mungkin terjadi bagi anda yang menderita biasanya muncul 14-15 hari,namun ada juga yang tidak merasakan gejala sama sekali. Berikut beberapa gejala gondongan :

  • Demam
  • Nyeri sendi
  • Sakit kepala/pusing
  • Perut nyeri
  • Nafsu makan hilang
  • Sakit saat mengunyah atau menelan
  • Mulut jadi kering
  • Mudah Lelah

Penyebab terjadinya gondongan

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit gondongan,diantaranya :

  • Virus paramyxorus. Virus ini dapat menyebar seperti virus flu. Mereka bisa menyebar melalui udara dengan kondisi si penderita mengalami batuk ataupun bersin,seketika virus itu akan berkontaminasi dengan udara yang kita hirup. Selain dengan udara virus inipun dapat menyebar melalui barang,sentuhan bahkan makanan atau juga minuman. Sebelum menyerang kelenjar parotid,virus ini akan masuk ke area saluran pernapasan dan disanalah mereka berkembang biak. Virus ini akan berkembangbiak dalam kurun waktu 14-15 hari.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu. Ternyata dengan kita sering mengonsumsi obat-obatan tertentu tanpa anjuran dokter akan mengakibatkan hormon kelenjar tiroid tertekan dan bisa menyebabkan gondongan.
  • Kekurangan zat iodium. Zat ini merupakan zat yang penting bagi tubuh manusia. Zat iodium akan menjaga atau mencegah pertumbuhan kelenjar tiroksin. Itulah sebabnya kita di anjurkan untuk mengonsumsi garam yang beryodium karena sangat bagus untuk menjaga kesehatan.
  • Kekebalan tubuh yang lemah.Menjaga kekebalan tubuh kita memanglah sangat penting. Jiga daya tahan atau kekebalan tubuh kita lemah,maka virus penyakit akan lebih mudah untuk menguasai tubuh kita,termasuk virus yang mengakibatkan gondongan.

Obat Tradisional Gondongan

  • Lidah buaya

Mungkin kita telah mengetahui khasiat dari lidah buaya ini yaitu salah satunya sebagai alternatif memperindah atau merawat rambut. Akan tetapi siapa sangka lidah buaya ini ternyata dapat di manfaatkan sebagai obat tradisional gondongan. Lidah buaya bersifat anti-virus,antibiotik,dan anti-inflamasi,sehingga tanaman ini dapat di jadikan sebagai obat tradisional gondongan.

Caranya pun cukup mudah anda cukup mencampurkan gel lidah buaya ini dengan kunyit lalu gosokan ke area yang bengkak kemudian diamkan selama 30menit sebelum di bersihkan dengan lap hangat. Lakukan pengobatan ini 2-3 kali sehari selama satu minggu.

  • Es Batu

Cara lain untuk mengatasi gondongan yaitu dengan mengompreskan es batu yang telah di bungkus oleh kain ke area yang terinfeksi virus gondongan. Rasa dingin yang terdapat pada es batu dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak.

  • Asparagus

Sayuran asparagus mempunyai kandungan yang baik untuk tubuh serta memiliki kandungan mineral yang memang penting bagi tubuh. Nutrisinya di percaya dapat mengatasi virus yang mengakibatkan gondongn.

Caranya cukup campurkan 3 sendok teh biji asparagus dan biji fenugreek yang telah di haluskan lalu tambahkan air agar menjadi pasta. Setelah menjadi pasta oleskan pada bagian yang bengkak akibat viris gondongan diamkan hingga kering dan bersihkan dengan lap basah.

  • Jahe

Jahe juga dapat kita jadikan sebagai obat tradisional gondongan,caranya pun cukup mudah yaitu :

→ Sediakan 2 rimpang jahe yang berukuran cukup besar
→ Tumbuk sampai benar-benar halus
→ Campurkan air ke dalam jahe yang telah di tumbuk
→ Kemudian oleskan pada bagian yang terkena gondongan,anda juga dapat mengompreskan nya.
→ Lakukanlah dengan teratur agar gondongan yang anda alami kembali pulih.

  • Air Putih

Kurangnya minum air putih dapat menyebabkan dehidrasi serta menurunnya kekebalan tubuh sehingga dapat memudahkan virus masuk kedalam tubuh termasuk virus yang mengakibatkan gondongan. Oleh sebab itu sangat di rekomendasikan bagi penderita untuk banyak meminum air putih sebanyak 8-10 gelas sehari dan sementara tidak mengonsumsi jus buah.

Demikian pemaparan kami pada kesempatan kali ini terkait tentang 5 obat tradisional gondongan ,yang ampuh serta mudah di dapatkan. Semoga apa yang kami paparkan bermanfaat serta dapat menambah wawasan anda mengenai kesehatan.

Tags: