10 Cara Ampuh Mengatasi Varises Secara Alami

Cara Mengatasi Varises Secara Alami – Selamat datang di www.jamuwalatra.com, disini kami akan menjelaskan kepada pengunjung semua 10 cara ampuh mengatasi varises secara alami.

Cara Mengatasi Varises secara alami

10 Cara Ampuh Mengatasi Varises Secara Alami

Hal utama untuk memahami Cara Mengatasi Varises Secara Alami, Yuk, kita mulai dengan memahami pengertian varises terlebih dahulu.

Apa Itu Varises ?

Varises adalah pembengkakan pembuluh darah vena yang biasanya terjadi pada bagian tubuh tertentu, dimana pembuluh darah mengalami pembesaran dan muncul pada permukaan kulit. Orang-orang yang menderita penyakit Varises ini dapat terlihat di bagian tungkai bawah menonjol keluar berwarna biru, kehijauan, atau ungu gelap, dan bentuknya biasanya menyerupai simpul tali. Penyakit varises biasanya kebanyakat di derita oleh wanita di bandingkan pria, dan faktor lain yang bisa meningkatkan seseorang terkena varises adalah obesitas, usia tua, keturunan.

Penyebab Varises

Penyebab varises adalah dinding pembuluh darah yang melemah dan rusaknya katup vena yang menyebabkan terjadinya arus balik darah sehingga menjadikan penumpukan darah di dalam pembuluh darah vena, dan pada beberapa bagian tertentu yang sering terkena dan bagian ini kemudian menjadi lebih menonjol.
Contoh penyebab varises yang biasanya sering terjadi akibat dari :

  • Menggunakan Celana Terlalu Ketak

Tekanan yang ditimbulkan oleh Celana ketat dengan bahan seperti levis, Akan sangat cepat menimbulkan resiko varises. Menurut para ahli, lebih dari 30% dari populasi manusia yang memiliki varises, itu disebabkan oleh pemakaian pakaian dan celana terlalu ketat, khususnya bagi perempuan.

  • Lama Duduk Dan Berdiri

Saat duduk dan berdiri kita berada dalam keadaan diam, sehingga kembalinya aliran pembuluh darah menjadi lemah dan melambat. Aliran pembuluh darah balik ini berasal dari pompaan otot, jadi kalau ototnya diam saja, maka otot tidak bisa memompa aliran pembuluh darah. Pompa otot ini penting, karena mengalirkan darah ke ke baagian tubuh. Jika tidak dialirkan ke bagian tubuh kita khususnya kaki yang umumnya sering terkena varises, kaki kita bisa bengkak dan akhirnya menimbulkan varises.
Oleh sebab itu, kalau kita bekerja dengan durasi yang lama duduk dan berdiri, disarankan kita harus sering-sering menggerakan badan kita terkhusus kaki kita, supaya aliran darah ke bagian-bagian tubuh kita bisa normal.

  • Kehamilan

Pada ibu hamil pertumbuhan janin pada rahim bisa semakin tertekan, tekanan inilah yang menyebabkan tekanan pada bagian pembuluh darah di kaki menjadi semakin kuat. Sementara yang bertugas mengembalikan darah dari bagian tubuh lain ke jantung menjadi terhambat sehingga kaki yang terletak dibawah di aliri darah dengan tidak normal. Hal ini yang menyebabkan varises lebih sering muncul pada ibu hamil.

  • Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat bada mampu menambah tekanan pada katup darah anda. Sehingga sirkulasi darah Anda menjadi tidak lancar dan mampu menyebabkan varises.

  • Faktor Keturunan

Meskipun para Ahli pada bidang medis mengatakan varises tidak diturunkan lewat keturunan, namun jika ibu hamil memiliki riwayat keluarga dengan mengidap penyakit varises, maka resiko terkena varises tetap lebih tinggi.

  • Sering Menggunakan Sepatu Heels (Hak Tinggi)

Memakai sepatu Heels atau hak tinggi, dapat memicu aliran darah menjadi berhenti pada bagian betis dan memicu pembesaran pembuluh darah dan akhirnya memicu varises.

  • Gaya Hidup Kurang Sehat

Olahraga teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah menjadi sangat baik, sehingga aliran darah bisa menjadi normal. Otot-otot yang aktif dan bekerja dari kaki akan berkontraksi dan mendorong darah melalui pembuluh darah kembali ke jantung, sehingga aliran darah menjadi normal dan dapat di pastikan akan mencegah munculnya varises.

Setelah memahami pengertian dan penyebab varises, dan jika varises sudah terlanjur menyerang kita, yuk kita cari tahu apa saja cara ampuh mengatasi varises secara alami. Dan berikut ini cara alami mengatasi Varises :

1.Minyak Zaitun

cara mengatasi varises secara alami

Cara pertama untuk mengatasi varises secara alami bisa di lakukan dengan menggunakan minyak zaitun. Menggunakannya sangat sederhana, cukup oleskan minyak zaitun pada bagian yang terkena varises dan berikan pijatan lebut. Gunakan secara teratur dan rutin tentunya.

2. Cuka Apel

Cara mengatasi varises secara alami

Berikutnya adalah dengan cuka apel, pertama

  • Ambil cuka apel 3-5 sendok makan
  • Campur dengan 1/2-1 gelas air hangat
  • Aduk hingga tercampur dan merata
  • Oleskan cuka apel pada kulit varises
  • diamkan beberapa menit hingga mengering
  • lalu cuci hingga bersih

lakukan terus secara rutin.

3. Jeruk Nipis

Cara mengatasi varises secara alami

Cara penggunaannya sangat mudah.
siapkan :

  • 1 buah jeruk nipis
  • potong menjadi 2 bagian jeruk nipis
  • oleskan bagian dalam jeruk nipis ke bagian yang terkena varises

4. Bawang Putih

Cara mengatasi varises secara alami

Bawang putuh merupakan salah satu bahan alami yang sangat kaya akan manfaat seperti bersifat anti kanker, bisa mengatasi sakit gigi, dan berbagai jenis penyakit. Dengan demikian bawang putih juga cukup ampuh untuk mengatasi Varises, dan ada 2 cara menggunakan bawang putih untuk mengatasi varises.

1. Cara Pertama

  • Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung

2. Cara kedua

  • Haluskan 2-3 siung bawang putih
  • Balurkan ke kulit yang terkena varises.

5. Kacang Hijau

Cara mengatasi varises secara alami

Anda bisa memanfaatkan air rebusan dari kacang hijau tersebut untuk di minum atau anda dapat mengolah kacang hijau ini menjadi bubur, lalu di konsumsi secara rutin hingga Varises anda sembuh.

6. Minyak Kelapa

Cara mengatasi varises secara alami

Caranya sangat mudah tidak beda dengan Minyak Zaitun, anda bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan kebagian tubuh yang terkena Varises, lalu lakukan pijatan halus secara rutin.

7. Jambu Biji

Cara mengatasi varises secara alami

Kandungan yang terdapat di jambu biji sangat baik untuk mengatasi parises, Vitamin C tinggi merupakan anti oksidan yang mampu melancarkan pembuluh darah vena. Sehingga parises dapat menghilang dan akan sembuh.

8. Cabe Rawit

Cara mengatasi varises secara alami

Mengkonsumsi cabe rawit memang sangat beresiko bagi lambung, jika di konsumsi secara berlebihan. Namun mengkonsumsi dalam jumlah yang tepat dapat menjadi salah satu cara menghilangkan varises secara alami.

9. Kurangi Kebiasaan Berdiri dan Duduk Terlalu Lama

Menurut para dokter, posisi tubuh duduk atau berdiri dalam waktu yang lama dan sering, dapat meningkatkan resiko terkena berbagai penyakit termasuk penyakit varises.

10. Olahraga

Cara mengatasi varises secara alami

Olahraga adalah cara yang di rekomendasikan untuk mengatasi Varises dan Olahraga sudah terbukti ampuh untuk mengurangi risiko terkena berbagai jenis penyakit, termasuk dengan varises. Ada banyak olahraga yang bisa di lakukan, seperti :

  • Berlari
  • Berenang
  • sepak bola
  • basket
  • Sit Up
  • Push Up
  • Dan masih banyak lagi

Demikianlah 10 Cara Ampuh Mengatasi Varises Secara Alami yang bisa membantu penyembuhan penyakit varises untuk anda. Semua cara di atas bisa di lakukan di rumah dengan mandiri. Trimakasih telah menyimak sampai selesai. Semoga dengan cara tersebut akan membantu anda mengatasi varises dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Tags: