Manfaat Turi Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Turi Bagi Kesehatan – Selamat datang di situs www.jamuwalatra.com merupakan salah satu situs web yang menyajikan informasi seputar dunia kesehatan dan berbagai produk herbal alami. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi kepada Anda mengenai manfaat turi bagi kesehatan. Tahukah Anda apa itu turi? dan apa saja manfaat turi bagi kesehatan? Berikut admin akan memberikan informasi lengkapnya untuk Anda.

manfaat turi bagi kesehatan

Manfaat Turi Bagi Kesehatan Tubuh

Tanaman turi merupakan jenis tanaman yang berpohon kecil dan memiliki tekstur kayu yang lunak, dengan tinggi mencapai 5-12 meter. Tanaman ini memiliki batang yang berlendir dan berair, daunnya majemuk dan tersebar, memiliki bunga yang berwarna merah atau putih bahkan ada juga yang berwarna keduanya, buahnya berbentuk polong, sedangkan bijinya memiliki bentuk bulat dan panjang, dan akarnya sangat berguna dalam menyuburkan tanah.

Tumbuhan ini biasanya sering ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias dan ada juga yang sering menanam tanaman ini di sawah-sawah, tujuannya yaitu sebagai tanaman pelindung. Tanaman ini sangat dianjurkan untuk dibudidayakan di area pertanian karena tanaman turi memiliki peran yang sangat baik dalam membantu membasmi hama.

Kandungan Yang Terdapat Dalam Tanaman Turi

Tanaman turi ini adalah jenis tumbuhan yang semua bagiannya memiliki kandungan dan khasiat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah penjelasannya:

  • Bunga atau kembang turi. Berbagai kandungan nutrisi seperti protein, lemak, karbohidrat, berbagai mineral ( seperti fosfor, kalium, zat besi, kalsium) serta berbagai jenis vitamin (seperti vitamin B1, B2, B6, C dan Beta karoten) semuanya terkandung secara lengkap di dalam bunga turi yang tentunya memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan.
  • Biji turi. Memiliki kandungan protein sebanyak 70 persen.
  • Daun Turi. Mengandung saponin yang tidak membahayakan dan aman jika digunakan sebagai pengganti sabun untuk mencuci pakaian.
  • Akar turi. Menurut hasil penelitian akar turi ini mengandung bahan-bahan aktif yang bersifat sebagai anti-tuberkulosis terhadap bakteria Mycobacterium tuberculosis.

Selain beberapa bagian tersebut, ternyata getah dari tumbuhan turi ini merupakan astringen yang memiliki kandungan berupa zat pewarna utama yaituagatin dan zantoagatin serta basorin dan tanin.

Manfaat Tanaman Turi Bagi Kesehatan Tubuh

Setalah Anda mengetahui berbagai kandungan yang terdapat dalam setiap bagian dari tanaman turi, adapun berikut adalah beberapa manfaat turi yang terdapat dalam setiap bagian-bagiannya:

Manfaat Turi Dari Daunnya

Berikut adalah manfaat daun turi bagi kesehatan dan cara pengolahannya:

  • Mengatasi keputihan

Anda bisa membuat ramuan dari daun turi dan kunyit untuk mengatasi keputihan. Caranya yaitu Anda hanya perlu menyiapkan segenggam daun turi yang berwarna putih dan 1 buah kunyit seukuran ibu jari, kemudian cuci bersih kedua bahan tersebut lalu giling sampai halus, setelah itu tambahkan 3/4 cangkir air matang ke dalam kedua bahan yang sudah digiling kemudian aduk sampai merata. Selanjutnya peras ramuan tersebut lalu saring. Ramuan tersebut dapat Anda konsumsi 2 kali dalam sehari.

  • Menambah produksi ASI pada ibu menyusui

Daun turi juga sangat bermanfaat dalam menambah jumlah ASI pada ibu menyusui, Anda hanya perlu mengambil beberapa daun turi muda kemudian mengukusnya, Anda bisa mengkonsumsinya sebagai lalap.

  • Mengobati radang tenggorokan

Untuk membuat ramuan daun turi sebagai obat radang tenggorokan yaitu dengan merebus satu genggam pucuk daun turi dengan 3 gelas air tunggu hingga air rebusan tersisa 1 gelas saja. Setelah itu saring air rebusan tersebut dan Anda dapat berkumur minimal 3 kali dalam sehari dengan air rebusan yang masih hangat tersebut.

Manfaat Turi dari batangnya

Berikut adalah beberapa manfaat batang turi bagi kesehatan tubuh dan cara pengolahannya:

  • Mengatasi disentri

Cara pengolahannya yaitu dengan merebus kulit batang pada tanaman turi tersebut dengan 2 gelas air bersih tunggu sampai menyisakan 1 gelas saja. Setelah itu diamkan hingga air rebusan mendingin lalu saring, kemudian Anda dapat meminumnya dan lakukan selama 2 kali dalam sehari.

  • Mengobati sariawan

Pengolahan yang dilakukan untuk membuat ramuan batang turi dalam mengobati sariawan hampir sama dengan cara pengolahan pada disentri, hanya saja air rebusan untuk mengobati sariawan tidak diminum melainkan dikumurkan saja.

  • Mengobati scabies

Untuk mengobati scabies, Anda dapat menumbuk halus kulit batang tumbuhan turi kemudian oleskan langsung pada bagian tubuh yang terkena scabies.

Manfaat Turi dari bunganya

Berikut beberapa manfaat bunga turi untuk kesehatan dan cara pengolahannya:

  • Mengobati batuk

Batuk juga dapat diatasi dengan menggunakan ramuan dari manfaat bunga turi. Caranya yaitu dengan menumbuk halus segenggam bunga turi merah, kemudian tambahkan perasan jeruk nipis, lalu Anda konsumsi ramuan tersebut. Konsumsi ramuan ini secara rutin agar batuk dapat teratasi secara maksimal.

  • Mengatasi demam

Bunga turi juga sangat bermanfaat dalam meredakan demam. Cara membuat ramuannya yaitu dengan menumbuk halus bunga turi lalu tambahkan 3/4 air hangat dan juga garam, kemudian saring lalu minum ramuan tersebut secara teratur.

  • Mengobati rabun senja

Manfaat bunga turi selanjutnya yaitu mampu mengobati rabun senja yang disebabkan oleh penyakit gusi.

Manfaat Turi dari akarnya

  • Mengobati pegal linu

Anda juga dapat memanfaatkan akar turi sebagai bahan alami untuk mengobati pegal linu, cara membuat ramuannya yaitu dengan menggiling halus akar turi yang berbunga merah, kemudian tambahkan sedikit air dan aduk rata hingga adonan menjadi seperti bubur. Anda dapat langsung menggosokan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang terasa pegal linu.

Berikut adalah beberapa manfaat turi lainnya bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

  • Mampu mempercepat penyembuhan luka.
  • Dapat mengatasi gejala reumatik dan nyeri sendi.
  • Mengatasi sakit kepala, migrain, pusing.
  • Dapat mencegah asma dan berbagai gangguan pernafasan lain.
  • Membantu menyebuhkan filek.
  • Memiliki sifat anti inflamasi yang berguna untuk mengurangi pembengkakan.
  • Mengobati diare.
  • Melancarkan sistem peredaran darah.
  • Mengobati salah urat yang disebabkan karena keseleo.

Demikianlah informasi seputar manfaat turi bagi kesehatan tubuh yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan dan tentunya bermanfaat bagi Anda.

Tags: