Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Selamat datang di situs www.jamuwalatra.com yang mana merupakan situs web yang akan menyajikan berbagai informasi seputar dunia kesehatan. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi kepada Anda mengenai manfaat tomat. Selain rasanya yang menyegarkan, ternyata tomat memiliki berbagai kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Simak informasi berikut untuk lebih jelasnya.

manfaat tomat

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Tomat

Tomat atau dalam bahasa ilmiah sering disebut sebagai solanum lycopersicum ini merupakan jenis buah yang sangat populer di masyarkat. Buah tomat sendiri sering dimanfaat kan masyarakat sebagi pelengkap berbagai masakan serta banyak juga yang menjadikannya sebagai jus karena memiliki cita rasa yang menyegarkan bagi tubuh.

Selain itu, tomat juga memiliki berbagai jenis kandungan nutrisi yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh diantaranya dapat melindungi mata dari kerusakan yang timbul akibat radiasi sinar uv, menjaga kesehatan kulit agar selalu tampak segar dengan cara meregenerasi sel kulit secara sempurna. Manfaat tomat bagi kecantikan yaitu dengan menjadikannya sebagai masker wajah, kandungan senyawa aktif di dalamnya yang mampu bekerja menghentikan pertumbuhan dan menghilangkan jerawat.

Kandungan Nutrisi Pada Tomat

Manfaat tomat sendiri di dapat dari berbagai kandungan gizi dan nutrisi yang dimilikinya. Kandungan nutrisi tersebut meliputi vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat dan kalium, kolestrol, kalori rendah, sodium, lemak jenuh, kandungan mineral seperti niacin, fosfor, magnesium, thiamin, vitamin B6 dan tembaga.

Tomat juga memiliki kandungan 4 jenis karotenoid utama yang sangat baik bagi tubuh yaitu betakaroten, alpha, lutein dan lycopene. Lycopene yang terkandung di dalam tomat ini diperkirakan memiliki tingkat antioksidan paling tinggi dari semua jenis karotenoid yang terkandung di dalam tomat.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Setelah mengetahui berbagai kandungan nutrisi pada tomat, berikut admin akan menyajikan manfaat tomat yang sangat luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan.

  • Mencegah Penyakit Jantung

kandungan potasium pada tomat dipercaya dapat mengurangi penyebab komplikasi penyakit jantung serta mengurangi timbulnya hipertensi. Selain itu beberapa kandungan lainnya seperti kalium, serat dan vitamin C serta kolin dapat mencegah datangnya penyakit jantung sekaligus menjaga kesehatan jantung.

  • Menurunkan Darah Tinggi

Manfaat tomat yang selanjutnya yaitu dapat menurunkan darah tinggi. Hal ini karena tomat mengandung potasium yang dapat membantu menurunkan darah tinggi atau hipertensi. Anda dapat mengkonsumsi tomat secara langsung atau membuatnya menjadi jus dan konsumsi secara rutin setiap harinya hingga tekanan darah tinggi kembali normal.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin D yang berlimpah dalam buah tomat dipercaya akan mampu membantu memperbarui sistem jaringan pada tulang sehingga tulang baru dapat tumbuh dengan sempurna.

  • Menambah ASI Ibu Menyusui

Buah tomat merupakan solusi alternatif yang dapat membantu menambah jumlah ASI pada ibu menyusui atau meningkatkan konsentrasi likopen ASI. Manfaat tomat bisa Anda rasakan dari tomat yang di masak terlebih dahulu.

  • Menurunkan Berat Badan

Manfaat tomat yang selanjutnya yaitu dapat Anda jadikan sebagai makanan diet sehari-hari juga dibarengi dengan aktivitas olahraga agar hasilnya maksimal. Tomat sendiri mengandung serat dan air yang banyak sehingga sangat cocok dijadikan menu diet karena setelah mengkonsumsiny aperut akan terasa lebih kenyang.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang dimiliki tomat membuat buah ini sangat baik untuk kesehatan mata, selain itu beta karoten yang terdapat di dalamnya pun sama seperti yang ada pada wortel. Mengkonsumsi tomat secara rutin setiap harinya dapat membantu mengurangi resiko degenerasi makula, meningkatkan penglihatan serta mencegah timbulnya rabun senja.

  • Dapat Memutihkan Kulit

Manfaat tomat sebagai pemutih kulit ini diperoleh dari kandungan likopen dan vitamin E yang terkandung di dalamnya. Anda dapat membuat lulur dari tomat yang dicampurkan dengan yogurt dan oatmeal kemudian olesakan ke seluruh tubuh dengan merata.

  • Mencegah Timbulnya Jerawat

Jerawat merupakan masalah utama bagi kecantikan terlebih untuk wanita. Namun Anda tidak perlu khawatir karena tomat ternyata memiliki manfaat untuk mencegah dan menghilangkan jerawat pada kulit wajah Anda. Hal ini karena tomat mengandung vitamin E yang berfungsi sebagai pencegah jerawat pada kulit wajah. Anda bisa menggunakan tomat ini sebagai masker wajah.

  • Mengatasi Kulit Berminyak

Manfaat tomat bagi kecantikan yang selanjutnya yaitu dapat mengatasi kulit wajah yang berminyak. Kulit wajah yang berminyak umumnya akan mendatangkan jerawat dan pori-pori yang besar. Tomat mengandung likopen dan vitamin C yang dapat bekerja sebagai anti-kuman serta mencegah timbulnya iritasi pada kulit yang berminyak. Anda dapat menggunakan beberapa potong tomat yang ditempelkan langsung pada wajah kemudian di cuci dengan air bersih, lakukan perawatan ini setiap pagi dan malam selama 1 minggu penuh.

  • Mencegah Munculnya Komedo Pada Wajah

Kandungan vitamin C dan lemak jenuh pada tomat membantu mengurangi sekaligus menghilangkan komedo pada wajah yang sering kali mengganggu penampilan. Terlebih lagi jika wajah Anda sering berhadapan langsung dengan sinar matahari dan debu. Oleh karena itu, sebelum Anda melakukan berbagai kegiatan di luar makan oleskan terlebih dauhlu tomat di wajah, Anda bisa mengoleskan tomat sebelum tidur malam dan pagi hari sebelum melakukan aktivitas.

Demikianlah informasi seputar manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan dan tentunya bermanfaat bagi Anda.

Tags: