Manfaat Temulawak Sebagai Obat Tradisional Herbal Alami

Manfaat Temulawak Sebagai Obat Tradisional – Selamat datang di situs www.jamuwalatra.com yang mana merupakan situs web yang akan menyajikan berbagai informasi seputar dunia kesehatan. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi kepada Anda mengenai manfaat temulawak. Tentunya Anda tidak asing lagi bukan dengan tanaman herbal yang sering digunakan sebagai bahan dasar jamu tradisional ini. Namun demikian, masih banyak orang yang tidak mengetahui tentang manfaat temulawak khususnya bagi kesehatan. Lalu, apa sajakah manfaat temulawak bagi kesehatan. Simak informasi berikut untuk lebih jelasnya.

manfaat temulawak

Manfaat Temulawak

Temulawak merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk kedalam jenis jahe-jahean,karena bentuknya yang rimpang serta batang akarnya berada di bagian dalam tanah. Tanaman temulawak sendiri sangat populer di Indonesia karena sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan obat tradisional khas Indonesia.

Adapun kandungan utama yang terdapat di dalam temulawak sendiri yaitu zat kuning atau sering disebut dengan istilah kurkumin. Selain itu, juga terkandung kandungan lainnya berupa protein, pati, serta berbagai zat minyak atsiri.

Kurkumin yang terdapat di dalam temulawak memiliki manfaat dalam meningkatkan sekresi cairan empedu yang dapat mengemulsikan lemak dan juga menurunkan kadar lemak darah serta hepatoprotektor. Selain itu, minyak atsiri yang terkandung dalam temulawak juga dapat merangsang produksi empudu, juga sekresi pankeras yang mempunyai kemampuan sebagai bakterisid yang mampu melarutkan kolestrol.

Manfaat Temulawak Sebagai Obat Tradisional

Berikut adalah beberapa manfaat temulawak sebagai obat tradisional yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Membantu Mengatasi Penyakit Asma

Manfaat temulawak dapat dirasakan bagi Anda yang menderita asma, cara membuat ramuannya yaitu sebagai berikut:

  • Pertama Anda siapkan 1/2 rimpang temulawak kemudian cuci hingga bersih
  • Kupas kulitnya,lalu iris dengan ukuran yang sesuai
  • Rebus irisan temulawak dengan 5 gelas
  • Campurkan juga gula aren sesuai selera
  • Tunggu sampai mendidih hingga air tersisa setengahnya
  • Setelah itu, Anda dapat langsung mengkonsumsinya

Agar hasil yang di dapat maksimal, maka Anda sangat disarankan meminum ramuan ini sebanyak3 kali dalam sehari.

Meningkatkan Fungsi Ginjal

Temulawak memiliki peranan yang akan membantu meningkatkan fungsi ginjal dalam menyaring darah dari racun dan juga sisa-sisa metabolisme tubuh. Manfaat temulawak dalam meningkatkan fungsi ginjal ini diperoleh dari kandungan minyak atsiri yang terdapat di dalam temulawak.

Membantu Melawan Kanker

Manfaat temulawak yang sangat penting yaitu dapat digunakan sebagai alternatif obat dalam melawan berbagai jenis kanker. Hal ini karena zat kurkumin yang terdapat di dalamnya dipercaya sangat efektif dalam mencegah kanker prostat dan kanker hormoner lainnya.

Menurunkan Lemak Darah

Kadar lemak darah yang tinggi dalam tubuh sangatlah berbahaya karena dapat memicu munculnya berbagai jenis penyakit seperti kardiovaskular, kolestrol dan lain sebagainya. Manfaat temulawak akan di rasakan jika Anda mengkonsumsinya setiap hari secara rutin.

Meredakan Peradangan

Manfaat temulawak yang selanjutnya yaitu dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan yang terjadi pada sendi. Hal ini karena kandungan kurkumin yang terdapat dalam temulawak sekitar 100 mg fenibutazon dipercaya bisamembantu mengurangi radang pada sendi

Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat temulawak dalam memperlancar sistem pencernaan ini berasal dari kandungan serat dan kurkumin yang tinggi pada temulawak sehingga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Terutama bagi Anda yang memiliki masalah susah buang air besar, ramuan temulawak adalah solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Membantu Memulihkan Kesehatan

Bagi Anda yang saat ini sedang menjalani proses penyembuhan akibat suatu penyakit, maka Anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ramuan temulawak secara rutin setiap harinya. Manfaat temulawak dalam proses pemulihan kesehatan ini di dapat dari kandungan borneol di dalamnya yang memiliki kemampuan aktif dalam membantu menyembuhkan penyakit atau luka yang terdapat di dalam tubuh.

Mengobati Bisul

Manfaat temulawak yang selanjutnya yaitu mampu mengobati penyakit bisul. Adapun cara membuat ramuannya yaitu sebagi berikut:

  • Pertama Anda siapkan beberapa rimpang temulawak
  • Cuci hingga bersih dan kupas kulitnya
  • Iris temulawak menjadi beberapa irisan kecil
  • Kemudian masukan ke dalam panci dan tambhakan air putih sebanyak 2 gelas
  • Tambahkan juga sedikit gula aren, agar rasanya lebih manis
  • Rebus campuran bahan tersebut hingga air rebusan tersisa setengahnya saja
  • Kemudian tambahkan sedikit asam jawa
  • Diamkan air rebusan tersebut sebentar
  • Kemudian tuangkan air tersebut ke dalam gelas
  • Konsumsi air rebusan tersebut secara rutin setiap harinya

Demikianlah informasi seputar manfaat temulawak sebagi obat tradisional herbal bagi kesehatan yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

Tags: