Manfaat Tempuyung Sebagai Obat Tradisional Bagi Kesehatan

Manfaat Tempuyung Sebagai Obat Tradisional – Selamat datang di situs www.jamuwalatra.com yang mana merupakan situs web yang akan menyajikan berbagai informasi seputar dunia kesehatan. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi kepada Anda mengenai manfaat tempuyung. Tahukan Anda apa itu tembuyung? serta apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Berikut kami akan sajikan informasi lengkapnya untuk Anda.

manfaat tempuyung

Kandungan Dan Manfaat Tempuyung

Tempuyung merupakan salah satu daun dari tanaman herbal yang multifungsi. Tanaman obat tradisional ini memiliki nama latin yaitu Sonchus arvensis L yang mana di dalamnya terkandung berbagai jenis kandungan yang tentunya sangat baik untuk kesehatan seperti kalium, manitol, inositol, taraksasterol, silika, P-laksuserol, flavonoid dan oc-laktuserol.

Tanaman tempuyung sendiri memiliki tinggi sekiar 50-150 cm dan batangnya berlubang serta memiliki geah hijau. Daunnya berbentuk gerigi di bagian atasnya sekaligus berseling-seling memeluk bagian batangnya. Bunganya memiliki bentuk yang bonggol dalam malai, mahkotanya seperti jarum yang berwarna kuning cerah. Sedangkan buahnya berbentuk kotak, memanjang hingga 4 mm, berambut, berusuk lima, agak pipih dan warnanya coklat kekuningan. Daun tempuyung ini sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman obat tradisional yang sangat efektif dalam mengobati bebagai jenis penyakit.

Manfaat Tempuyung Sebagai Obat Tradisional

Berikut adalah beberapa manfaat tempuyung yang sangat baik bagi kesehatan tubuh sekaligus  sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Mengatasi Wasir

Daun tempuyung merupakan alternatif obat alami yang dapat menjadi solusi terbaik untuk mengobati wasir. Manfaat tempuyung berasal dari daunnya yang berguna untuk mengatasi rasa sakit yang timbul karena wasir. Adapun cara pengolahannya yaitu:

  • Pertama Anda siapkan daun empuyung sebanyak 15-60 gram
  • Kemudian cuci hingga bersih
  • Sediakan 3 gelas air dlam panci dan masukan daun tempuyung tersebut
  • Rebus daun tempuyung sampai mendidih
  • Kemudian angkat dan tuangkan airnya ke dalam gelas
  • Diamkan sebentar hingga mendingin lalu minum
  • Konsumsi minuman ini secara rutin setiap harinya agar hasil yang di dapat maksimal.

Mengobati Luka Bakar

Manfaat tempuyung dalam mengobati luka bakar ini diperoleh dari daunnya. Adapun cara pengolahannya yaitu Anda hanya perlu menggiling halus 15-60 gram daun tempuyung yang telah dibersihkan sebelumnya, kemudian Anda dapat langsung membalurkannya ke bagian kulit yang terkena luka bakar.

Mengobati Usus Buntu

Selain dengan cara pembadahan atau operasi, penyakit usus buntu ternyata juga dapat di tangani secara alami dengan memanfaat kan daun tempuyung. Cara pengolahannya yaitu dengan menyiapakn terlebih dahulu 30 gram daun tempuyung, kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu Anda bisa merebunsnya dengan menggunakan 2 gelas air hingga mendidih, lalu angkat dan diamkan sejenak, kemudian lakukan penyaringan. Anda dapat mengkonsumis ramuan ini 2-3 kali dalam sehari sampai usus buntu yang di deruta benar-benar sembuh.

Mengobati Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu kondisi dimana didalam ginjal terdapat bentukan material yang keras menyerupai batu. Bagi Anda yang menderita penyakit batu ginjal, Anda bisa mencoba memanfaatkan daun tempuyung untuk dijadikan sebagai obat tradisional dalam mengatsi batu ginjal.

Daun tempuyung sendiri memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi yang dapat membuat batu ginjal yang berupa kalsium karbonat menjadi luruh. Mengkonsumsi daun tempuyung akan membuat batu ginjal menjadi luruh karena ikut terbuang bersamaan dengan urine.

Dan cara pengolahannya yaitu pertama Anda siapkan terlebih dahulu daun tempuyung sebanyak 15-60 gram lalu cuci hingga bersih, kemudian rebus daun tempuyung dengan 4 gelas air bersih. Diamkan hingga mendidih dan hanya menyisakan air 2 gelas saja. Konsumsi air rebusan ini sebanyak 1 gelas dalam sehari secara rutin.

Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Infeksi saluran kecil sendiri disebabkan oleh bakteri escherichia coli yang masuk ke dalam saluran kencing dan akhirnya mengakibatkan saluran kencing terinfeksi. Adapun manfaat tempuyung sebagai obat tradisional dalam mengobati infeksi saluran kencing ini dapat diperoleh dengan cara menjadikan daun tempuyung sebagai lalapan. Anda dapat memetik 5 lembar daun tempuyung kemudian cuci hingga bersih dan Anda bisa langsung memakannya mentah-mentah sebagai lalapan.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat tempuyung sebagai obat tradisional untuk menurunkan tekanan darah tinggi ini diperoleh dari daunnya. Adapun cara mengkonsumsinya yaitu dapat digunakan sebagai lalapan. Anda hanya perlu memetik 5 lembar daun tempuyung kemudian cuci hingga bersih, setelah itu Anda dapat mengkonsumsinya langsung mentah-mentah sebagai lalapan.

Demikianlah informasi seputar manfaat tempuyung sebagi obat tradisional herbal bagi kesehatan yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

Tags: