Manfaat Tembelekan Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Manfaat Tembelekan Sebagai Obat Tradisional – Selamat datang di situs www.jamuwalatra.com yang mana merupakan situs web yang akan menyajikan berbagai informasi seputar dunia kesehatan. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi kepada Anda mengenai manfaat tembelekan. Tahukan Anda apa itu tanaman tembelekan? serta apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Berikut kami akan sajikan informasi lengkapnya untuk Anda.

manfaat tembelekan

Kandungan Dan Manfaat Tembelekan

Tanaman tembelekan merupakan jenis tanaman yang berasal dari Amerika tropis, tanaman ini umumnya tumbuh dan tersebar di berbagai daerah tropis hampir di seluruh benua. Tembelekan sendiri memiliki nama latin Lantana Camara dan merupakan tumbuhan yang tergolong ke dalam famili verbenaceace. Tanaman ini termasuk ke dalam jenis tanaman perdu dengan tinggi mencapai 4 m. Memiliki batang yang berwarna cokelat, berbentuk persegi empat serta bercabang banyak dan rantingnya sedikit berduri dan berambut.

Daun tembelekan sendiri memiliki warna yang hijau dan berbentuk oval. Berdaun tunggal yang tersusun dan saling bertolak belakang. Bunganya membentuk seperti kumpulan bunga kecil yang membulat seperti perbungaan majemuk. Warna dari bunganya merupakan perpaduan antara warna jingga, merah muda, putih, krem, dan kuning serta memiliki mahkota yang mempunyai rambut-rambut halus.

Adapun berbagai kandungan alami yang terdapat di dalam tanaman tembelekan yaitu asam lantonalat, B caryophyllene, terpidene, p-cymene, asam lantat dan a pinene. Sedangkan daunnya sendiri mengandung lantadene A dan B serta minyak menguap (humulene) dan memiliki sifat antiswelling, antipruritus dan emetikum. Bunga dan akarnya juga memiliki sifat hemostatik, dan akarnya sendiri bersifat analgesic, antipiretik serta anti toksik.

Manfaat Tembelekan Sebagai Obat Tradisional Bagi Kesehatan

Berikut adalah manfaat tembelekan sebagai obat tradisional yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit ringan dan berat, beserta cara pengolahannya.

Batuk berdarah, penyakit asma dan TBC paru

Manfaat tembelekan yang pertama yaitu dapat mengobati penyakit asma, batu berdarah dan TBC paru. Adapun cara pengolahannya adalah sebagai berikut:

  • Pertama Anda sediakan 30 gram bunga tembelekan, 15 gram kencur dan 55 gram akar alang-alang.
  • Kemudian rebus berbagai bahan tersebut dengan 500 ml air dan tambahkan sedikit gula batu.
  • Rebus hingga mendidih dan hanya menyisakan 250 ml air saja.
  • Anda dapat meminum ramuan ini 2 kali dalam sehari di pagi dan malam hari.

Mengobati Influenza

Berikut adalah cara membuat ramuan dari daun tembelekan untuk mengobati influenza.

  • Siapkan 30 gram daun tembelekan dan 15 gram jahe
  • Kemudian cuci bersih daun tembelekan dan jahe yang sebelumnya telah di potong menjadi beberapa bagian.
  • Siapkan air sebanyak 400 cc dipad panci kemudian masukan daun tembelakan dan jahe tersebut.
  • Rebus keduanya hingga mendidih dan hanya menyisakan air sebanyak 200 cc.
  • Lalu saring air rebusan tersebut dan minum selagi hangat.
  • Konsumsi air rebusan tersebut 2 kali dalam sehari.

Mengatasi Pegal Linu

Cara membuat ramuan dari tembelekan sebagai obat tradisional dalam mengatasi pegal linu, yaitu:

  • Anda hanya perlu menyiapkan 30 gram seluruh bagian tembelekan, 15 gram jahe dan 30 gram buah takokak
  • Lalu, cuci semua bahan tersebut hingga bersih.
  • Kemudian lakukan perebusan dengan air sebanyak 500 cc sampai mendidih hingga menyisakan air hanya sebanyak 250 cc saja.
  • Setelah itu, Anda saring air hasil rebusan tersebut kemudian diminum selagi hangat.

Mengobati Reumatik

Manfaat tembelakan dalam mengobati reumatik dapat diperoleh dengan cara, siapkan 15 gram akar tembelekan, 15 gram temulawak dan 10 gram jahe. Kemudian rebus bahan tersebut dengan air sebanyak 500 cc hingga mendidih dan hanya menyisakan 250 cc air saja. Setelah itu, lakukan penyaringan dan konsumsi air rebusan tersebut setipa harinya secara rutin.

Mengobati Diare atau sakit perut

Anda dapat memanfaatkan bunga tembelekan sebagai obat tradisional diare atau sakit perut, adapaun cara pengolahannya yaitu siapkan 6-9 gram bunga tembelekan kering kemudian giling hingga menjadi bubuk, setelah itu seduh dengan air mendidih secukupnya, dan minum ramuan tersebut selagi masih hangat.

Mengobati Penyakit Kulit

Manfaat tembelekan dalam mengobati penyakit kulit seperti bisul, memar, luka berdarah, bengkak-bengkak ini diperoleh dari daun tembelekan, cara pengolahannya yaitu Anda hanya perlu menghaluskan daun tembelakan tersebut kemudian tempelkan pada bagian kulit yang sakit. Lakukan proses ini 2-3 kali dalam sehari.

Mengobati Radang Kulit

Untuk mengobati penyakit radang kulit ini Anda perlu menyiapkan seluruh bagian dari tumbuhan tembelekan, daun ketapeng china. Kemudian semua bahan tersebut di rebus dengan 1 liter air hingga mendidih, setelah itu campurkan dengan air dingin hingga terasa hangat kemudian gunakan untuk mandi.

Mengatasi Keseleo

Anda dapat menggunakan daun tembelekan secukupnya kemudian lumatkan, setelah itu tambahkan tepung terigu dan arak putih, kemudian tempelkan pada bagian kulit yang sakit.

Demikianlah informasi seputar manfaat tembelekan sebagai obat tradisional herbal bagi kesehatan yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda

Tags: