Manfaat Teh Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Teh Bagi Kesehatan – Selamat datang kami ucapakan kepada Anda di situs www.jamuwalatra.com yang mana kami disini akan menyajikan berbagai informasi yang menarik seputar dunia kesehatan. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar manfaat teh bagi kesehatan. Teh merupakan minuman yang memiliki banyak penggemar terutama di Indonesia. Tak banyak yang tahu, ternyata di balik kesederhanaan secangkir teh terdapat begitu banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Lalu, apa sajakah manfaat teh bagi kesehatan? Simak informasi berikut ini untuk lebih jelasnya.

manfaat teh

Kandungan Dan Manfaat Teh

Teh dikenal sebagai minuman yang memiliki khasiat dan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dari zaman dahulu hingga sekarang. Terdapat berbagai jenis teh mulai dari teh hitam, teh hijau, teh putih hingga teh buatan. Teh sendiri berasal dari pucuk daun teh yang kemudian diolah hingga menjadi bahan minuman yang sangat digemari banyak orang.

Tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya di dalam satu cangkir teh ini memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Teh berperan sebagai antioksidan yang sangat baik bagi tubuh karena dapat memperbaiki sel-sel yang rusak, mencegah munculnya kanker, melangsingkan tubuh, mencegah penyakit jantung dan mengurangi kolestrol di dalam tubuh.

Adapun berikut adalah beberapa kandungan yang terdapat di dalam secangkir teh yaitu:

  • Vitamin E yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit serta menjaga kesehatan jantung.
  • Polifenol yang terkandung di dalam teh ini berupa katekin dan flavanol. Kedua senyawa ini berperan sebagai antioksidan yang mampu menjaga tubuh dari serangan radikal bebas, sehingga zat ini mampu mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh.
  • Vitamin A membantu tubuh dalam proses pencernaan.
  • Kafein yang terdapat di dalam teh tentunya sangat baik bagi kesehatan jika di bandingkan dengan kafein yang terkandung di dalam kopi.
  • Vitamin C sangat berguna untuk menjaga daya tahan tubuh.

Manfaat Teh Bagi Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Terdapat berbagai jenis teh dari mulai teh hijau, teh hitam, teh basi. Semua jenis teh tersebut tentunya memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan. Dan berikut adalah beberapa manfaat teh.

Manfaat Teh Hijau

manfaat teh

Teh hijau sudah lama dikenal dengan tanaman yang memilki beragam khasiat. Hal ini karena teh hijau memiliki kandungan zat antioksidan yang sangat tinggi seperti asam amino, enzim dan polifenol. Terdapat juga vitamin B, mangan, kafein, magnesium dan folat. Dan berikut adalah beberapa manfaat teh hijau bagi kesehatan dan kecantikan:

Mencegah Resiko Kanker

Kandungan zat antioksidan yang tinggi dalam teh hijau ini sangat bermanfaat dalam menurunkan sekaligus mencegah risiko munculnya berbagai jenis kanker di dalam tubuh. Seperti kanker prostat, kanker usus serta kanker payudara.

Menurunkan Risiko Diabetes

Berdasarkan dari hasil penelitian menyebutkan bahwa mereka yang rajin mengkonsumsi teh hijau setiap harinya memiliki risiko 42 persen lebih rendah terkena diabetes.

Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan kafein di dalam teh hijau sangat berguna untuk meningkatkan fungsi kerja otak. Hal ini karena ketika kafein masuk ke dalam otak, maka neurotransmitter penghambat akan terblokir. Sehingga akan meningkatkan fungsi otak.

Mencegah Penuaan Dini

Kandungan polifenol yang terdapat di dalam teh hijau memiliki peranan yang dapat membantu menetralisir radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada kulit sehingga dapat mempercepat terjadinya proses penuaan.

Mengobati Jerawat

Manfaat teh hijau dalam mengobati jerawat ini diperoleh dari kandungan katekin yang memilki sifat sebagai anti bakteri yang dapat mengatur ketidakseimbangan hormon dan juga anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi penyebab timbulnya jerawat.

Mepercantik Kulit Wajah

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Medical College of Georgia ini menerangkan bahwa dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin akan membantu mengeluarkan racun dari kulit, menyenbuhkan bekas luka, menghilangkan noda, mengurangi peradangan serta dapat meningkatkan elastisitas kulit.

Manfaat Teh Hitam

manfaat teh

Teh hitam memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dari pada kopi, sehingga teh ini sangat aman jika diminum setiap hari. Selain itu, teh hitam juga memiliki kandungan berupa antioksidan dan phytonutrient yang tentunya sangta berguna sebagai pembersih racun di dalam tubuh. Dan berikut adalah beberapa manfaat teh hitam bagi kesehatan:

Mampu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat teh hitam dalam meningktakan kesehatan jantung ini diperoleh dari kandungan flavon. Para ilmuan menyatakan bahwa dengan meminum 3 cangkir teh hitam atau bahkan lebih setiap harinya maka dapat membantu mengurangi resiko yang akan merusak arteri koroner.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Teh hitam memiliki kandungan berupa pengganti kalsium. Sehingga dengan mengkonsumsi teh hitam secara rutin akan mengurangi munculnya resiko patah tulang terutama pada orang tua.

Menjaga Kesehatan Mulut

Dengan mengkonsumsi teh hitam juga dapat membantu mencegah gigi berlubang dan plak serta menjaga napas supaya tetap segar. Hal ini karena teh hitam memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencegah infeksi di daerah mulut.

Menurunkan Resiko Terkena Batu Ginjal

Teh hitam dipercaya dapat membanu mengurangi resiko sebesar 8% dari pembentukan batu ginjal. Sehingga Anda di wajibkan mengkonsumsi teh hitam ini setiap hari untuk mencegah timbulnya batu ginjal.

Meringankan Stress

Sebuah penelitian menunjukan bahwa asam amino L-theanine yang terdapat di dalam teh hitam ini dapat membantu pikiran Anda menjadi lebih rileks dan berkonsentrasi lebih baik. Teh hitam juga sudah terbukti dapat mengurangi kadar hormon stress kortisol jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedang setiap harinya secara teratur.

Melancarkan Saluran Pencernaan

Kandungan tanin yang terdapat di dalam teh hitam memiliki efek terapeutik terutama pad apenyakit lambung dan usus serta dapat membantu menurunkan aktivitas pencernaan.

Adapun manfaat teh bagi kecantikan yang lainnya yaitu mampu menghilangkan jerawat, membantu mencerahkan kulit wajah, mengencangkan kulit, serta membantu menjaga dan merawat kesehatan rambut.

Demikianlah informasi seputar manfaat teh bagi kesehatan dan kecantikan yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Tags: