Manfaat Tebu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Tebu Bagi Kesehatan – Selamat datang di situs resmi www.jamuwalatra.com yang mana kami disini akan menyajikan berbagai informasi yang menarik seputar dunia kesehatan. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai manfaat tebu bagi kesehatan.

Semua orang pasti sangat familiar dengan tanaman tebu, tanaman yang batangnya dapat digigit dan menghasilkan air yang rasanya manis. Atau bahkan mungkin sebagian dari kita pasti pernah mengunyah-ngunyah batang tebu sambil menghisap rasa manisnya. Batang tanaman yang sangat kaya akan kandungan airnya ini ternyata menyimpan berbagai macam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat tebu bagi kesehatan tubuh? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

manfaat tebu

Kandungan Dan Manfaat Tebu

Tanaman tebu yang memiliki nama latin Saccharum officinarum ini termasuk kedalam jenis tanaman dalam family Poaceae, tanaman ini memiliki batang yang kokoh, beruas, berserat atau berserabut, dan memiliki kulit yang keras. Tebu atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan sugar cane ini merupakan tanaman yang sering dijadikan sebagai bahan baku vaksanin dan gula pasir.

Selain berfungsi sebagai pemanis alami, tanaman tebu ini juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh diantaranya asam lemak, karbohidrat, kalsium, protein, zat besi, fosfor serta vitamin A dan B1. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam jenis tanaman tebu yang diantanranya tebu hijau, tebu kuning, tebu telur dan tebu hitam.

Manfaat Tebu Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Menjaga Kepadatan Tulang

Manfaat tebu dalam menjaga kepadatan tulang ini diperoleh dari air tebu, yang dapat meningkatkan kadar kalsium, magnesium, mangan, zat besi, dan klaium. Berbagaai sumber mineral yang terdapat di dalam air tebu ini merupakan komponen yang sangat penting untuk memperkuat dan menjaga kepadatan tulang. Maka dengan mengkonsumsi air tebu secara rutin akan membuat tulang menjadi tetap kuat dan terhindar dari osteoporosis.

Mengendalikan Tekanana Darah

Air tebu memiliki kandungan berupa kalium yang mampu mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, hal inilah yang mampu menurunkan atau mengendalikan tekanan darah secara efektif. Air tebu juga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung, stroke dan aterosklerosis.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan kalium yang terdapat pada tebu berfungsi untuk menjaga kalsium agar tidak mengendap di ginjal yang akan mengakibatkan terjadi nya batu ginjal. Sehingga ginjal mampu menyaring kalium dalam darah kemudian akan mengeluarkannya melalui urine.

Mencegah Sakit Tenggorokan

Sari tebu ternyata memiliki manfaat untuk mencegah sakit tenggorokan atau radang tenggorokan. Peradangan pada tengorokan ini diakibatkan oleh infeksi jamur atau virus pada saluran tenggorokan. Manfaat tebu dalam mencegah sakit tenggorokan ini di peroleh dari kandungan niasin yang memiliki efek anti inflamasi atau anti radang.

Mencegah Diabetes

Manfaat tebu dalam mencegah diabetes diperoleh dari kandungan vitamin B3 pada niasin yang mampu mengendalikan kadar gula dalam darah atau diabetes.

Mengobati Kanker Payudara

Tanaman tebu memiliki kandungan mineral berupa alkali dalam jumlah yang cukup besar. Zat inilah yang mampu mengobati kanker pada payudara. Anda dapat mengkonsumsi tanaman tebu ini secara rutin agar hasil yang di dapatkan lebih maksimal.

Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Tanaman tebu yang kaya akan kandungan zat riboflavin ini juga sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit pada mata seperti mata lelah atau glukoma dan katarak. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki masalah pada penglihatan. Anda dapat mengkonsumsi tanaman tebu ini secara teratur dengan takaran yang pas agar penyakit pada mata dapat teratasi dengan baik.

Menyehatkan Rambut

Manfaat tebu dalam menyehatkan rambut ini di dapat dari kandungan riboflavin di dalamnya. Untuk melakukan perawatannya, cukup dengan mengkonsumsi sari tanaman tebu ini secara teratur. Maka dengan itu, rambut Anda pun akan selalu sehat dan terawat.

Mencegah Penuaan Dini

Dengan mengkonsumsi sari dari tanaman tebu ini, maka tubuh kita akan segar dan terlihat fit. Dengan begitu, maka gejala penuaan dini dapat dihindari sehingga penampilan kita pun akan terlihat lebih fit setiap saat.

Membantu Mencerahkan Kulit

Selain dapat menghilangkan dahaga saat haus, sari tebu ternyata dapat menyegarkan kulit dan membuatnya menjadi tampak lebih cerah. Tanaman tebu sangat kaya akan kandungan nutrisinya yang berperan sangat penting dalam menjadikan kulit semakin cerah dan bercahaya.

Menjaga Kesehatan Kuku

Selain bermanfaat dalam menyehatkan rambut dan kulit, tebu juga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan kuku. Hal ini di dapat dari kandungan riboflavin dalam tanaman tebu yang memiliki banyak sekali khasiat jika kita mengkonsumsinya secara teratur dan dengan takaran yang pas.

Demikianlah informasi seputar manfaat tebu bagi kesehatan dan kecantikan yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Tags: