Manfaat Tanduk Rusa Sebagai Obat Tradisional Bagi Kesehatan

Manfaat Tanduk Rusa Sebagai Obat Tradisional – Selamat datang dan selamat berkunjung kembali di situs resmi www.jamuwalatra.com yang mana kami disini akan menyajikan berbagai informasi yang menarik seputar dunia kesehatan. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas informasi mengenai manfaat tanduk rusa sebagai obat tradisonal. Sebagaian dari kita mungkin belum cukup familiar dengan tanaman tanduk rusa. Namun sebenanya tanaman ini sering kita jumpai, karena tanduk rusa biasanya tumbuh di pekarangan rumah. Lalu seperti apakah tanaman tanduk rusa itu? Dan apa sajakah manfaatnya bagi kesehatan? Berikut kami akan menyajikan informasi lengkapnya untuk Anda.

manfaat tanduk rusa

Mengenal Tumbuhan Manfaat Tapak Kuda Sebagai Obat Tradisonal

Tanduk rusa atau yang memiliki nama lain Paltycerium bifurcatum ini merupakan tanaman jenis paku-pakuan yang memiliki bentuk unik dan eksotis. Sehingga tak heran jika banyak orang sering memelihara tanaman ini dipekarangan rumah mereka untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman ini memiliki permukaan daun yang serupa dengan kulit rusa yakni kasar, daunnya menjuntai ke bawah bercabang-cabang mirip dengan tanduk binatang rusa yang terbalik. Pada intinya tumbuhan tanduk rusa adalah tumbuhan tegak yang melekat pada inang dengan pokok penumpu berbentuk akar serta rimpang batangnya membentuk bunga kool berwarna coklat serta jutaian helai berwarna hijau.

Tanduk rusa atau di daerah jawa orang sering menyebutnya sebagai simbar menjangan ini. ternyata selain memiliki pesona yang menarik sebagai tanaman hias, tanaman tanduk rusa ini juga telah lama dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional. Hal ini karena daun tanduk rusa memiliki kandungan berupa saponin, polifenol dan flavonoid yang mana memiliki khasiat sebagai bahan ramuan obat herbal.

Khasiat dan Manfaat Tanduk Rusa Sebagai Obat Tradisional

Daun tanduk rusa memiliki kandungan yang bermanfaat sebagai obat tradisional. Dan berikut adalah beberapa manfaat tanduk rusa sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit.

Manfaat Tanduk Rusa Sebagai Obat Penyubur Kandungan

Cara Membuat ramuannya yaitu dengan mengambil 1/4 lembar daun tanduk rusa dan kunyit sebesar ibu jari, kemudian tumbuk keduanya hingga halus. Siapkan air matang 1/2 cangkir lalu masukan tumbukan kedua bahan tadi kemudian saring. Setelah itu, Anda dapat menambahkan asam kawak dan gula jawa secukupnya lalu minum.

Manfaat Tanduk Rusa Sebagai Obat Abses

Abses yaitu suatu kondisi dimana terjadi penimbunan nanah yang diakibatkan karena adanya infeksi bakteri. Dan cara mengobatinya dengan tanaman tanduk rusa ini yaitu pertama Anda siapkan selembar daun tanduk rusa, satu siung bawang merah dan adas pulawaras secukupnya. Kemudian tumbuk semua bahan tersebut hingga halus, setelah itu Anda dapat mengoleskan ramuan tersebut pada permukaan kulit yang terkena abses.

Manfaat Tanduk Rusa Sebagai Obat Haid Tidak Teratur

Apakah Anda sering mengalami haid yang tidak tertaur? jika iya, mulai dari sekarang Anda tidak perlu khawatir karena daun tanduk rusa ternyata bisa mengobati haid yang tidak teratur. Caranya yaitu dengan menyeduh 2 lembar daun tanduk rusa yang sebelumnya telah ditumbuk halus dengan menggunakan air panas. Anda bisa meminum ramuan ini 4 atau 3 hari sebelum datang bulan.

Manfaat Tanduk Rusa Sebagai Obat Bisul

Untuk mengobati bisul, Anda dapat mencampur selembar daun tanduk rusa dengan sedikit kapur sirih, lalu tumbuk halus. Anda bisa menggunakan ramuan ini untuk mengompresn bagian yang terkena bisul.

Manfaat Tanduk Rusa Sebagai Obat Radang Rahim Luar

Untuk mengobati radang rahim luar, Anda dapat menumbuk 2 hingga 5 lembar daun tanduk rusa dan minyak kayu putih secukupnya. Cara menggunakannya yaitu dengan menempelkan ramuan ini pada perut atau rahim dan balut dengan kain stagen.

Manfaat Tanduk Rusa Sebagai Obat Demam

Daun tanduk rusa juga sangat bermanfaat dalam meredakan demam. Caranya yaitu ambil selembar daun tanduk rusa kemudian tumbuk hingga halus, tambahkan sedikit garam, seduh dengan 1 cangkir ai panas, lalu saring dan minum air ramuan tersebut sehari 2 kali, yaitu pagi dan sore.

Manfaat Tanduk Rusa Sebagai Obat Gondok

Untuk mengobati gondok, ambil 3 lembar daun tanduk rusa kemudian tumbuk hingga halus, tambahkan sedikit air dan garam. Setelah itu, oleskan ramuan ini disekeliling yang terkena gondok.

Demikianlah informasi mengenai manfaat tanduk rusa sebagai obat tradisional yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Tags: