Manfaat Murbei Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Murbei Untuk Kecantikan dan Kesehatan,- Kembali lagi di Jamu Walatra, mungkin anda tidak asing dengan buah yang satu ini. Buah mulberry atau sering disebut dengan murbei merupakan buah dari keluarga berry. Buah ini mirip seperti buah anggur yang berukuran sangat kecil dan memiliki tiga warna yaitu merah, hitam dan ungu. Selain dimanfaatkan daunnya sebagai makanan ulat sutera, murbei bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Yuk ketahui manfaat murbei selengkapnya.

Mengenal buah murbei

manfaat murbei untuk kecantikan dan kesehatanMurbei yang memilki nama latin morus atau yang sering dikenali dengan nama bebesaran adalah tanaman yang berasal dari China dan tumbuh baik di daerah yang bersuhu subtropis atau panas seperti kawasan Asia, Amerika dan Afrika.

Murbei atau bebesaran memiliki karakter pertumbuhan yang cepat dibandingkan dengan tanaman lain. Murbei adalah tanaman yang tumbuh dengan sinar matahari, sehingga tanaman ini tumbuh lebih dari 100m diatas permukaan laut. Ciri-ciri dari tanaman ini adalah bisa dilihat dari daunya yang memiliki sisi tepi yang menggergaji dan berbantuk cuping. Lebar tanaman bisa mencapai 10-15 meter. Memiliki cabang muda berbulu mulus. Untuk buahnya berkarakter buah majemuk yang memiliki panjang hanya dua sampai tiga centimeter. Buahnya memilki warna pink kemerahan saat masih muda dan menjadi warna ungu ketika sudah matang.

Manfaat murbei cukup beragam, murbei merupakan tanaman dengan daun penghasil klorofil yang banyak dimanfaatkan untuk makanan istimewa ulat sutera. Oleh karena itu banyak petani yang membudidayakan tanaman ini untuk pakan ulat sutera. Sedanngkan dalam dunia kuliner manfaat murbei dari buahnya digunakan untuk diolah menjadi selai, jelly, kue, teh dan lain-lain.

Selain memilki rasa yang menyegarkan buah murbei juga memilki kandungan kimia yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berbagai senyawa tersebut diantaranya adalah : eugnol, lanaloobenzyl alkohol, butylamine, acetone, trigonelline, cholin, adenin, asam amino, asam folat, copper, zinc, lupeol, betasitosterol, ecdystrerone, a;fa, betahexeneal, cis beta hexenol, rutin, moracetin, scopoline,cislamdahexenol, benzaidehide, asam fumarat, phytoestrogen, mionositol, asam formyltethydrofolik, asam klorogenik, vitamin A, b!, C dan karoten.

Khasiat dan Manfaat Murbei Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Banyak sekali manfaat murbei untuk kesehatan dan kecantikan, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Menurunkan kolesterol

Manfaat murbei bisa mengatasi kolesterol jahat yang tinggi. kandungan kuersentin dan vitamin C yang mengikat oksigen yang dapat mencegah proses oksidasi dan juga dapat meningkatkan HDL atau kolesterol baik yang tidak membahayakan jantung.

  • Mengobati diabetes

Manfaat murbei dari daunnya bisa mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes. Murbei mengandung senyawa yang bersifat insulin, sehingga membantu untuk menjaga kadar gula darah.

  • Mencegah kanker

Manfaat murbei adalah sebagai pencegahan kanker, kandungan antosianin, vitamin c, vitamin A dan senyawa polifenolik dan fitonutrien dapat merusak sel jahat dan melawan radikal bebas yang menyebabkan kanker.

  • Menjaga kesehatan mata

Manfaat murbei untuk mata adalah dapat meningkatan kesehatan pada mata. Minum segelas jus murbei dapat meningkatkaan penglihatan karena memiliki vitamin A yang mampu memperkuat pandangaan mata dan mengurangi ketegangan mata. Juga dapat melindungi mata dari radikal bebas.

  • Mengatasi anemia

Manfaat murbei dapat mengatasi anemia karena memiliki kandungan vitamin B dan zat besi dalam daun murbei. Selain itu dapat meningkatkan konsentrasi dan menjaga stamina tubuh dan mampu membentuk energi.

  • Mencegah dan mengatasi peradangan

Manfaat murbei untuk mengatasi peradangan karena memiliki kandungan antiinflamasi yang mampu mencegah iritasi kecil yang berkembang menjadi peradangan. Mengatasi peradangan pada jaringan, mempercepat perbaikan jaringan dan regenerasu sel. kandungan flavonoid dan antosianinnya dapat menstimulasi regenerasis sel.

  • Memperbaiki sirkulasi darah

Manfaat murbei untuk menstimulasi aliran darah sehingga sirkulasi darah akan kembali lancar. Tubuh akan menghantarkan nutrisi dan oksigen dengan optimal, sehingga membantu mengaktifkan sel-sel yang rusak, memperbaiki fungsi organ dan memperbaiki kondisi kulit.

  • Menjaga kesehatan jantung

Manfaat murbei untuk jantung dapat memperkuat sistem saraf, mengurangi kolesterol jahat dan mencegah penyumbatan aliran darah. Denganbegitu murbei sangat baik untuk mencegah serangan jantung dan stroke.

  • Mencegah penuaan dini

manfaat murbei untuk kecantikan karena mengandung vitamin A dan vitamin E, serta berbagai komponen karotenoid seperti luetin, beta karoteen, zae-xanthin, dan alpha karoten. Kandungan tersebut dapat menjaga kulit tampak lebih halus, mengurangi munculnya bintik-bintik hitam , menjaga rambut agar tetap berkilau.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat murbei untuk kesehatan, diantaranya adalah untuk terapi penyembuhan demam, malaria, peluruh air seni, pelancar asi, mengatasi luka atau borok, menjaga kesehatan jantung, stroke, meredam gejala sariawan.

Itulah beberapa manfaat murbei untuk kcantikan dan kesehatan. Semoga yang kami sampaikan bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk share di media sosial anda. Terimakasih telah berkunjung.

Tags: