Manfaat Mengkudu Untuk Pengobatan Beragam Penyakit

Manfaat Mengkudu -, Selamat datang di www.jamuwalatra.com ,yang merupakan situs resmi dalam menyampaikan beragam informasi menarik untuk anda terkait kesehatan. Pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan informasi mengenai manfaat mengkudu. Mungkin sebagian besar dari anda telah mengetahui khasiat luar biasa yang di tawarkan oleh tanaman ini. Akan tetapi sebelum kita membahas manfaatnya,alangkah baiknya kita tahu apa itu mengkudu?

manfaat mengkudu

Manfaat Mengkudu

Mengkudu atau dalam nama latin Morinda citrifolia adalah buah-buahan berwarna hijau yang banyak dijumpai di Australia,India,juga Asia Tenggara,termasuk negara kita akni Indonesia. Terdapat berbagai macam zat yang terkandung pada tanaman ini,salah satunya yaitu kalium,merupakan mineral yang dapat membantu pertahanan daya tahan tubuh.

Meskipun baunya tidak sedap,akan tetapi tanaman obat ini memiliki beragam khasiat yang mungkin telah anda ketahui,berikut ini merupakan manfaat mengkudu :

  • Turunkan Demam

Dalam sebuah stadi menunjukan bahwa jus mengkudu mempunyai zat antivirus serta dapat membantu untuk menyingkirkan batuk,tununkan demam,dan juga mengobati pegal linu.

  • Atasi Artthiris

Anda dapat menjalani gaya hidup sehat dan mengonsumsi jus mengkudu setiap hari. Hal itu dapat mengurangi rasa nyeri akibat arthritis sampai seminimal mungkin. Dalam beberapa penelitian pun menunjukan bahwa jus tanaman ini bisa membantu mengurangi atau meredakan rasa nyeri serta kerusakan pada sendi yang di kaitkan dengan arthritis karena sifatnya yang analgesik.

Bahkan tim peneliti Jerman pun mempelajari manfaat mengkudu untuk mengurangi kepekaan pada rasa nyeri,yang di ujikan melalui hewan. Dan hansilnya pun membuktikan bahwa manfaat analgesik dari mengkudu ini sebanding dengan tramadol,obat analgesik yang diresepkan sebagai obat rasa sakit sedang hingga parah.

  • Turunkan risiko terjadinya encok

Kondisi ini merupakan sejenis arthritis yang diakibatkan oleh adanya penumpukan kristal asam urat pada persendian. Berbagai penelitian pun menunjukan bahwa jus Noni bisa mengurangi konsetrasi asam urat di dalam darah,sehingga mampu turunkan risiko terjadinya encok.

  • Mencegah risiko kanker

Pada sebuah penelitian mengungkapkan bahwa adanya senyaea 2-menthoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone di dalam mengkudu yang bagus untuk mencegah terjadinya kerusakan DNA sel,yang dapat menimbulkan gejala kanker dan juga baik untuk menjaga sel sehat di dalam tubuh.
Buah mengkudu ini mempunyai zat anti-oksidan yang sangat tinggi.

  • Anti radang

Buah mengkudu mempunyai sifat anti-inflamasi yang terbukti dapat mencegah serta mengatasi masalah peradangan. Selain itu tanaman ini juga dapat menurunkan risiko terjadinya gejala penyakit jantung.

  • Daya tahan tubuh

Mengkudu juga berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan rutin mengonsumsi buah ini,akan sangat bagus dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman ini memiliki kandungan berupa mineral alami,peptide,vitamin C,vitamin E,dan juga koenzim Q10.

Kandungan yang terdapat dalam mengkudu ini mampu menjaga imun seseorang agar tidak mudah untuk terserang berbagai jenis penyakit.

  • Melancarkan peredaran darah

Buah mengkudu ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran dan juga mampu melebarkan saluran pembuluh darah yang sedang mengalami penyempitan. Hal itu terjadi karena adanya kandungan zat scopoletin didalamnya. Zat itu bisa memusnahkan bakteri,dan juga bersifat anti-alergi.

  • Meredakan nyeri saat haid

Mengkudu juga bermanfaat untuk mengurangi siklus yang terjadi ketika mensntruasi seperti nyeri haid. Kandungan yang terdapat pada buah ini efektif dalam meredakan nyeri ketika sedang haid. Bagi sebagian wanita mungkin sering mengalami nyeri ketika haid. Akan tetapi,buah mengkudu ini ternyata dipercaya dapat meminimalisir perubahan hormone ketika datang bulan,sehingga sindrom menstruasi bisa teratasi.

  • Menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol yang meningkat dalam darah adalah faktor utama terjadinya risiko penyakit kardiovaskular. Merokok pun dapat mengakibatkan kolesterol menjadi tinggi yang disebabkan oleh penumpukan stres oksidatif di dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang melibatkan 132 peserta yang di tetapkan sebagai perokok berat. Peserta tersebut disarankan agar mengonsumsi jus mengkudu dengan rutin selama sebulan. Hasilnya menunjukan bahwa dengan mengonsumsi 29-188 mililiter jus buah noni ini dapat mengurangi kolesterol dalam jumlah yang besar serta dapat meningkatkan kadar lipoprotein dengan kepadatan yang tinggi.

Sekian pemaparan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait tentang manfaat mengkudu untuk mengatasi beragam jenis penyakit. Semoga apa yang kita sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi anda dan keluarga. Salam sehat!

Tags: