Manfaat Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya -, Tanaman yang satu ini sering digunakan orang untuk merawat rambut mereka agar tetap sehat dan juga hitam berkilau.  Akan tetapi,manfaat lidah buaya ini lebih dari sekadar itu. Tanaman ini juga sangan berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh juga kulit.

Selamat datang di www.jamuwalatra.com ,yang mana merupakan website resmi dalam menyampaikan berbagai informasi menarik terkait kesehatan. Pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan tentang manfaat lidah buaya yang mungkin sebagian besar dari anda telah mengetahuinya.

manfaat lidah buaya

Manfaat Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki nama latin Aloe vera dikenal sebagai tanaman yang mempunyai segudang khasiat. Ia juga tergolong ke dalam suku Lilianceace. Pemanfaatannya pun kini semakin berkembang. Dahulu lidah buaya ini dikenal sebagai obat untuk menyuburkan rambut,penyembuh luka,merawat kulit,dijadikan bahan baku kosmetik,makanan serta minuman.

Lidah buaya memiliki kandungan berupa protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Dengan adanya kandungan tersebut yang menjadikan tanaman ini dihuni beragam manfaat,di mulai dari penyembuh penyakit,perawatan kulit tubuh,kulit wajah,hingga untuk merawat rambut.

Berikut ini merupakan berbagai macam manfaat lidah buaya :

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

  • Mempercepat penyembuhan luka luar

Aloe vera ini mempunyai kandungan zat antiinflamasi yang berkhasiat untuk menyembuhkan luka luar. Selain itu lidah buaya ini juga mengandung anti bakteri yang efektif melawan infeksi yang diakibatkan oleh bakteri,hal itulah yang dapat membuatnya dapat mempercepat penyembuhan luka.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Tanaman ini dapat membantu dalam penyerapan vitamin serta mineral yang berfungsi bagi tubuh dengan maksimal,sehingga daya tahan tubuh akan meningkat.

  • Basmi plak pada gigi

Lidah buaya ini dapat dimanfaatkan sebgai obat kumur untuk membasmi serta mengurangi plak pada gigi. Tanaman ini juga mempunyai efek hampir sama dengan obat antiseptik dalam golongan anti-mikroba.

  • Menjaga kadar asam dalam tubuh

Lidah buaya bersifat alkali,dengan rutin mengonsumsi jus aloe vera,maka dapat menjaga atau menyeimbangkan kadar asam di dalam tubuh.

  • Mengurangi berat badan

Lidah buaya ini sangat membantu dalam proses detoksifikasi,hal itu secara langsung dapat membuat proses metabolisme di dalam tubuh jadi meningkat,sehingga tidak menyebabkan penimbunan lemak di dalam tubuh serta mampu menjaga pencernaan.

Manfaat Lidah BuayaUntuk Wajah

  • Mencerahkan kulit wajah

Kandungan vitamin A dan E yang terdapat pada lidah buaya ini mampu membantu kulit wajah menjadi cerah serta tidak lagi kusam. Setiap wanita selalu menginginkan kulit wajah yang cerah dan tampak bersinar. Tak mesti putih,yang paling pentik tidak kusam dan kasar.

  • Hilangkan flek hitam

Sebagian besar orang dengan adanya noda hitam di wajah dapat merusak penampilan dan menurunkan kepercaya diriannya,terutama pada wanita. Akan tetapi,saat ini telah diketahui bawa dengan menggunakan gel lidah buaya dapat membantu menghilangkan flek hitam di wajah. Caranya hanya dengan mengoleskan gel tersebut ke bagian yang terdapat noda hitam.

  • Mencegah dan mengatasi jerawat

Kandungan saponin seta astrugent yang terdapat pada lidah buaya juga memiliki fungsi sebagai anti bakteri yang berguna untuk menyerap lemak berlebih di wajah.

Gel pada daging aloe vera ini juga mengandung zat anti mikroba dan anti bakteri sehingga mampu dapat mencegah tumbuhnya jerawat pada wajah.

  • Melembabkan wajah

Wajah yang terlihat kering akan mengakibatkan beberapa masalah seperti kulit bersisik dan berjerawat.

Agar kulit wajah tetap lembab,anda dapat memanfaatkan lidah buaya sebagai alternatifnya. Cukup dengan mengoleskannya ke area wajah secara teratur. Aloe vera ini mengandung senyawa lignin sehingga dapat meningkatkan elstisitas pada kulit wajah.

  • Mencegah penuaan dini

Dengan kandungan anti oksidan seperti beta keroten,vitamin C serta E,lidah buaya ini dapat menghambat proses yang mengakibatkan penuaan dini.

Kandungan dan senyawa aktif yang terdapat apada aloe vera ini berfungsi sebagai anti aging.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

  • Menghitamkan rambut

Paparan matahari dan juga bahan kimia dapat menghilangkan kehitaman pada rambut dan akan berubah menjadi warna kemerahan. Hal itu mengakibatkan rambut menjadi tidak terlihat lagi indah. Untuk mengembalikan kehitamannya anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai masker rambut.

  • Atasi ketombe

Senyawa antrakuino yang terkandung papa aloe vera ini berfungsi sebagai anti bakteri. Sebab ketombe dapat diakibatkan oleh serangan abkteri ataupun virus. Dengan adanya perlindungan anti bakteri maka anda tidak perlu khawatir lagi dengan kulit kepala yang akan mengalami masalah ketombe yang diakibatkan oleh infeksi bakteri.

  • Mencegah rambut rontok 

Dengan cara menggosokan gel lidah buaya tersebut pada kulit kepala,maka hal itu akan mengurangi kerontokan pada rambut yang tengah anda alami saat ini.

  • Mengatasi rambut lepek atau berminyak

Kandungan astringent yang terdapat pada aloe vera ini berfungsi untuk mengatasi minyak berlebih pada rambut anda. Sehingga menjadikan rambut tidak mudah lepek.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini terkait manfaat lidah buaya untu kesehatan dan juga kecantikan. Semoga apa yang kita sampaikan pada kesempatan ini dapat bermanfaat bagi anda dan keluarga. Salam sehat!

Tags: