Manfaat Kumis Kucing dan Ciri-ciri Umum Yang Dimilikinya

Manfaat Kumis Kucing – Sebagian besar orang mungkin telah mengetahui kumis kucing. Tanaman ini tumbuh liar dimana saja,sehingga mudah untuk di dapatkan. Akan tetapi anda jangan menganggap remeh tanaman ini apabila belum tau seperti apa manfaatnya.

Selamat datang di www.jamuwalatra.com ,yang merupakan situs resmi yang akan menyampaikan berbagai macam informasi terkait tentang beragam tanaman obat tradisional berbagai jenis masalah kesehatan yang mungkin belum kita ketahui. Pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan informasi tentang manfaat kumis kucing.

manfaat kumis kucing

Manfaat Kumis Kucing

Tanaman yang memiliki nama latin Orthosiphon Aristatus ini mempunyai ciri dengan semak pendek dan batang yang agak berkayu serta berbulu halus,daunnya pun berbentuk bundar seperti telur,sedikit lonjong juga memanjang. Kumis kucing juga mempunyai tepi daun bergerigi juga berbulu halus,ujung serta pangkalnya pun meruncing.

Kumis kucing juga mempunyai bunga yang tersusun dengan berbentuk tandan berjumlah banyak,berwarna putih keunguan. Buah yang di milikinya pun keras,memanjang juga berkerut halus.

Ciri-ciri kumis kucing

  • Memiliki batang yang basah tegak
  • Memiliki akar tunggang
  • Berdaun bulat lonjong dengan panjang sekitar 1 s/d 10 cm
  • Memiliki posisi daun yang berselang seling pada batang
  • Tangkai berbentuk bulat warna ungu kehijauan
  • Memiliki warna putih pada mahkota bunga
  • Tulang pada daun bercabang
  • Benang sari yang mencuat keluar sepeti kumis kucing
  • Biji muda berwarna putih kehitaman,biji tua berwarna coklat kehitaman

Manfaat Kumis Kucing – Tanaman ini dapat tumbuh ditanah yang subur, gembur,berhumus juga mempunyai tata air dan udara yang baik. Kandungan zat kimia seperti atsisi,saponon,sapofonin,sinensetin,mioinositol,zat samak dan juga kalium yang di miliki kumis kucing ini di percaya dapat membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Manfaat Kumis Kucing

Berikut ini merupakan beragam manfaat kumis kucing,diantaranya :

  • Sakit Pinggang

Sebagian besar pria yang telah mencapai umur 45 tahun ke atas dengan aktifitas fisik yang padat,akan sangan rentan sekali terkena sakit pinggang. Hal seperti ini dapat dimaklumi karena selain menguras banyak tenaga,aktifitas fisik juga pastinya akan sangat melelahkan juga berisiko,terutama untuk seorang pria yang setiap harinya bekerja mengangkat beban yang berat. Dengan salah posisi sedikit saja dapat menjadi penyebab terjadinya sakit pinggang. Jika hal ini terjadi,maka anda dapat memanfaatkan saun kumis kucing untuk membantu mengatasinya.

Caranya cukup dengan membuat ramuan daun dan juga akar kumis kucing,setelah itu anda dapat mengonsumsinya minimal satu kali sehari. Lambat laun,rasa sakit yang terjadi pada pinggang anda akan mereda juga hilang.

  • Hipertensi (darah tinggi)

Daun dari kumis kucing ini ternyata berkhasiat untuk membantu mengobati darah tinggi. Penyakit yang biasanya menyerang orang yang berlebihan dalam mengonsumsi makanan dengan kandungan kadar lemak,kadar gula ataupun kadar garam yang tinggi. Akan tetapi,hipertenti ini dapat juga disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti terlalu sering mengisap rokok,mengonsumsi alkohol,bergadang dan lainnya. Oleh sebab itu,sebisa mingkin anda harus mengurangi juga hindari hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit tersebut.

Apabila memang telah terlanjur mengidap tekanan darah tinggi,anda dapat mencoba manfaat kumis kucing ini untuk membantu mengatasinya. Caranya dengan meminum minimal satu gelas sehari ramuan dari daun kumis kucing,dengan dosis pembuatan seperti berikut :

  • 50 gram daun kumis kucing yang kering rebus dengan air secukupnya
  • 50 gram daun kumis kucing basah seduh dengan air panas secukupnya
  • Campur kedua ramuannya sebelum anda konsumsi.

  • Batu ginjal (kencing batu)

Penyakit ini terjadi akibat mengendapnya zat limbah hasil dari pembersihan darah oleh ginjal. Pada umumnya batu ginjal atau kencing batu ini akan menyerang seseorang yang telah berusia 30-60 tahun. Penyabab lain dari terjadinya penyakit ini dikarenakan ginjal yang kerkurangan bahan pencegah endapan kristal. Dan apabila ini terjadi maka lambat laun kristal tersebut dapat  menjadi penyebab terjadinya penyakit batu ginjal.

Langkah awal yang dapat kita terapkan untuk mencegah datangnya penyakit ini yaitu dengan meminum air putih dengan rutin setiap harinya dengan jumlah yang banyak,hindari makanan juga minuman dengan kadar gula yang berpengawet. Untuk membantu mengobati batu ginjal ini anda dapat memanfaatkan 90 gram daun kumis kucing yang telah di bilas dengan bersih,kemudian di rebus dengan segelas air putih sampai tersisa setengah gelas,lalu konsumsi ramuan tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari.

  • Sembelit atau susah BAB

Kondisi seperti ini merupakan pertanda pencernaan yang sedang terganggu. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya serat yang dapat mengakibatkan tinja mengeras dan sulit untuk dikeluarkan. Apabila hal seperti ini terjadi,maka kita dapat membantu mengatasinya dengan menggunakan daun kumis kucing. Caranya anda hanya perlu merebus daun kumis kucing dengan segelas air putih hingga benar-benar mendidih. Setelah dingin, anda dapat mengonsumsinya minimal satu kali dalam sehari hingga BAB kembali normal.

  • Mengatasi keputihan

Flour albus atau yang kerap disebut dengan keputihan ini merupakaan masalah yang umum di alami oleh perempuan. Gangguan seperti ini disebabkan oleh terdapatnya bakteri,virus,jamur,juga parasit. Untuk mengatasi masalah keputihan ini anda dapat menggunakan daun kumis kucing,dengan cara siapkan satu genggam daun kumis,segenggam daun beluntas,satu sendok teh jinten hitam,sepuluh biji kemukus,kemudian rebus dengan menggunkan air secukupnya. Setelah itu anda dapat mengonsumsinya minimal dua kali dalam sehari.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait manfaat kumis kucing,beserta dengan ciri-ciri dari kumis kucing tersebut. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda juga keluarga.

Tags: