Manfaat Kencur Sebagai Alternatif Pengobatan dan Kecantikan

Manfaat Kencur – Tanaman akar ini merupakan salah satu tanaman yang kerap dijadikan sebagai bumbu dapur. Akan tetapi tak jarang orang memanfaatkan kencur ini sebagai obat untuk membantu atasi memar.

Selamat datang di www.jamuwalatra.com ,yang merupakan situs resmi dalam menyampaikan informasi menarik untuk anda terkait tanaman tradisional dan juga tentang masalah kesehatan. Pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan tentang manfaat kencur.

manfaat kencurManfaat Kencur

Kencur atau yang memiliki nama ilmiah Kaempferia adalah tanaman obat yang telah dikenal sejak dahulu mempunyai beragam jenis manfaat untuk kesehatan. Dia diperkaya dengan berbagai kandungan seperti vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan,pati,minyak atsiri (sineol),asam metil kanil,asam sinamat,asam dasinat dan alkaloid. Tanaman ini juga mengandung metanol yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang oleh penyakit.

Manfaat Kencur pada Daun juga Rimpang

Bagian daun pada kencur ini mempunyai manfaat untuk atasi demam,bengkak,rematik,oftalmia,juga pharyngodynia. Sedangkan pada bagian akan atau rimpangnya,tanaman ini mempuyai aroma yang sangat khas. Rimpang dari kencur ini,biasanya di manfaatkan sebagai proses untuk membantu dalam pengobatan medis herba,walatpun tida seluruh negara pengguna tanaman ini menggunakannya. Misalnya,masyarakat di Bangladesh membuat jus rimpang kencur guna membantu mengatasi sakit gigi dan juga ketombe.

Selain daun dan juga rimpang,kencur ini secara utuk mempunyai berbagai macam khasiat yang sangat menguntungkan untuk kesehatan tubuh. Kebiasaan seperti ini telah dilakukan oleh masyakan di Tiongkok sejah dahulu dalam pemanfaatan khasiat kencur dalam mengobati berbagai masalah kesehatan,diantaranya :

  • Tekanan darah tinggi (Hipertensi)
  • Rematik
  • Batuk
  • Diare
  • Perut Mulas
  • Radang Lambung
  • Anti tumor
  • Sakit gigi dan kepala

Klasifikasi Ilmiah Kencur

Klasifikasi ilmiah merupakan cara yang dilakukan oleh ahli biologi untuk mengelompokan spesies dari organisme yang punah ataupun hidup. Pengelompokan ini adalah cara untuk memilah suatu makhluk hidup menjadi golongan tertentu.

Tujuannya yaitu unyuk memudahkan seseorang dalam mengenali,membandingkan serta mempelajari makhluk hidup tersebut. Berikut ini merupakan klasifikasi dari tanaman kencur :

Kingdom (Dunia atau Kerajaan)Plantae (Tumbuhan)
SubkingdomTracheobionta (tumbuhan berpembuluh)
Super divisiSpermatophyta (menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian)Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas)Liliopsida (berkeping satu)
SubkelasCommelinidae
Ordo (bangsa)Zingiberales
Familia (Suku)Zingiberaceae (jahe-jahean)
Genus (Marga)Kaempferia
Species (Jenis)Kaempferia galanga L.

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

Pada dunia pengobatan,manfaat kencur memang telah terbukti bisa mengobati atau mengatasi beragam jenis penyakit. Berikut ini merupakan beberapa resep tradisional dalam penggunaan kencur :

  • Hilangkan darah kotor

Dengan menyiapkan empat rimpang kencur,dua lembar daun trengguli,dua biji cengkeh kering juga adas secukupnya. Cuci hingga bersih seluruh bahan tersebut,kemudian rebus dengan satu liter air hingga mendidih setelah itu saring. Konsumsi ramuan tersebut dua kali sehari secara teratur.

  • Masuk angin

Anda cukup mencuci satu rimpang kencur,kemudian makan kencur bersama dengan garam dapur dan minumlah air hangat. Lakukan metode tersebut dua kali dalam sehari untuk mencegah terjadinya masuk angin.

  • Radang lambung

Dengan menyiapkan dua rimoang kencur lalu cici hingga bersih. Kupas kencur kemudian kunyah. Telan airnya kemudian ampasnya di buang. Lakukan metode pengobatan tersebut hingga sembuh.

  • Keseleo

Siapkan satu rimpang kencur yang telah di cuci bersih dan segenggam beras yang telah direndam. Tumbuhlah keduanya hingga halus,kemudian oleskan pada bagian yang mengalami keseleo.

  • Obat batuk

Anda cukup mencuci dua rimpang kencur sampai benar bersih. Parut kencur kemudian campurkan dengan segelas air yang hangat,aduk rata lalu saring. Tambahkan sedikit garam dapur kemudian konsumsilah ramuan tersebut hingga habis. Lakukan hal tersebut satu kali dalam sehari.

Manfaat Kencur Untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan ternyata kencur juga mempunyai berbagai macam manfaat untuk kecantikan,di mulai dari mampu memerangi jerawat hingga memutihkan dan mengencang kulit.

  • Memutihkan Wajah

Anda dapat memiliki wajah putih secara alami. Solusinya adalah anada bisa memanfaatkan kencur sebagai altenatifnya. Anda pun tidak perlu membeli produk pemutih yang kini tengah beredar. Cukup dengan memaskerkan beras kencur anda akan mendapatkan wajah yang putih.

  • Atasi Jerawat

Kencur bersifat anti bakteri dan mempunyai banyak kandungan mineral yang sangat ampuh untu membunuh bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah sekaligus mengecilkan pori-porinya juga. Caranya anda dapat meminum air kencur ataupun menjadikannya sebagai masker yang juga bisa mengurangi peradangan serta warna kemerahn yang diakibatkan oleh pertumbuhan jerawat.

  • Angkat komedo

Komedo adalah papula kecil yang berada di permukaan kulit,ia bisa berwarna putih bisa juga berwarna hitam. Komedo sendiri termasuk ke dalam jenis jerawat ringan yang pada umumnya sering terlihat pada wajah,leher,dada,lengan,bahu,juga punggung. Untum mengatasinya anda dapat memanfaatkan kencur dengan cara menjadikannya sebagai masker.

Jadi kesimpulannya manfaat kencur ini memang sangat beragam,di mulai untuk menjaga kesehatan hingga dalam masalah kecantikan anda.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali terkait manfaat kencur,semoga apa yang kami sampaikan kali ini dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan anda seputar tanaman tradisional.

Tags: