Manfaat Daun Sisik Naga Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sisik Naga Untuk Kesehatan -, Selamat datang dan selamat berkunjung di website resmi kami www.jamuwalatra.com yang mana merupakan situs mengenai kesehatan. Pada kesempatan kali ini, terlebih dahulu kami akan menjelaskan mengenai manfaat daun sisik naga untuk kesehatan yang memiliki beberapa khasiat dan manfaat. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Daun Sisik Naga Untuk Kesehatan

manfaat daun sisik naga untuk kesehatan

Manfaat daun sisik naga untuk kesehatan sering disebut dengan nama picisan merupakan daun tanaman yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan obat herbal, daun ini tumbuh dengan menempel pada tumbuhan lain akan tetapi hal ini tidak membuatnya digolongkan sebagai tumbuhan parasit. Daun sisik naga bisa membuat makanannya sendiri tanpa harus mengganggu tumbuhan yang ditumpanginya pada kawasan yang memiliki suhu lembab, daun ini juga memiliki ukuran dengan lebar 1-2 cm dan panjangnya antara 1-5 cm. Daun yang memiliki ukuran sebesar jengkol ini, jika dikonsumsi akan terasa cukup manis dan daun sisik naga dikategorikan sebagai salah satu daun herbal karena dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh serta membasmi sejumlah penyakit yang menyerang tubuh. Dengan mengkonsumsi manfaat daun sisik naga untuk kesehatan atau daun herbal ini secara rutin, maka kita akan selalu sehat dan kebal terhadap berbagai macam penyakit dalam maupun penyakit menular.

Ciri- Ciri Daun Sisik Naga

Ciri daun sisik naga ini sangat sederhana yakni bentuknya mirip seperti daun binahong, akan tetapi sedikit lebih kecil dan jarak antara satu daun dengan yang lainnya lebih dekat. Oleh karena itu, daun ini dinamakan sisik naga karena letaknya berdempetan dengan ukuran sebesar koin mirip seperti sisik naga. Daun sisik naga berwarna Hijau dan lama kelamaan akan berubah menjadi hijau kecoklatan, ujung daunnya bundar tembal, tumpu dan berdaging, pinggir daun tanaman sisik naga ini sedikit meruncing dan pangkalnya rata.

Manfaat Daun Sisik Naga Untuk Kesehatan

Ada beberapa manfaat daun sisik naga untuk kesehatan dan ada juga beberapa jenis khasiat untuk mengobati penyakit luar dan penyakit dalam di tubuh diantaranya sebagai berikut ini :

  • Abses Paru-Paru, Batuk Berdahak Dan  TB Paru Disertai Batuk Darah

Dosis pemakain : 15-30 gram daun sisik naga atau herbal kemudian direbus dengan suhu 600 cc air sampai tersisa 200 cc, di saring dan kemudian airnya diminum.

  • Pendarahan, Seperti Berak Berdarah, Luka Darah, Muntah Darah, Mimisan.

Cuci 15-30 gram daun sirsak naga segar, kemudian rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, setelah dingin saring dan airnya di minum sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

  • Reumatik

Cuci 15-30 gram daun sisik naga segar, kemudian rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, dan setelah dingin saring airnya dan juga minumlah sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

  • Gondongan

Untuk mengatasi penyakit gondongan ini, jika digunakan dengan rutin haluskan tanaman herbal daun sisik naga dengan giling daun segar hingga halus lalu tempelkan pada tempat yang sakit pada gondongan.

  • Kanker Payudara

Dilumpuhkan oleh 4 ramuan tradisional, yaitu daun sisik naga (Drymoglossum piloselloides) satu lembar, dua serabut akar tembakau kedu, satu serabut akar benalu dan satu serabut akar pinang kuning. Rebus dengan 4 gelas air dalam periuk, sampai menjadi 3 gelas dan untuk aturannya diminum pagi setengah gelas dan sore 1/2 gelas, jika dirasa perlu di minggu kedua ditingkatkan hingga 3 kali dalam sehari dengan dosis tetap 1/2 gelas, dalam 6 bulan benjolan kanker yang keras akan berangsur-angsur lenyap dan tumor sifatnya lembek dibandingkan kanker yang lebih keras.

  • Kencing Nanah

Cuci terlebih dahulu daun sisik naga sebelum diproses, selanjutnya daun sisik naga tersebut dihaluskan dengan cara direbus dengan suhu 600 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian disaring dan airnya diminum, ulangi cara tersebut dengan secara rutin dalam waktu 3 kali sehari.

  • Keputihan

Bersihkan terlebih dahulu tanaman ini dengan dicuci kemudian rebuslah 15-60 gram daun sisik naga setelah itu saring dan air rebusannya diminum.

  • Sakit Kuning

Mampu mengatasi penyakit kuning atau penyakit hepatitis, cuci hingga bersih 15-30 gram daun sisik naga segar lalu rebus dalam 3 gelas air hingga airnya tersisa setengahnya dan setelah dingin saring dan minumlah sehari 3 kali, masing-masing 1/2 gelas.

  • Menghentikan Pendarahan

Cuci bersih terlebih dahulu daun sisik naga kira-kiranya sebanyak 30 gram, tambahkan sedikit air dan tumbukan sampai halus, kemudian saring air dan ambil setengah gelas dan juga minum 3 kali sehari.

  • TBC Kulit Dengan Pembesaran Kelenjar Getah Bening

Cuci 15-30 gram daun picisan segar hingga bersih, kemudian rebus dalam 3 gelas air hingga airnya tersisa setengahnya, setelah dingin saring dan airnya saringannya siap untuk diminum sehari 3 kali, masing-masing 1/2 gelas.

  • Mempermudah Buang Air Besar (Sembelit), Disentri, Sakit Perut

Cuci bersih terlebih dahulu 30 gram daun sisik naga, selanjutnya daun sisik naga tersebut direbus dengan air sebanyak 3 gelas, jika air rebusan daun sisik naga tersebut tinggal 1 gelas angkat dan saring.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Daun Sisik Naga

  • Fenol
  • Flavonoid
  • Gula
  • Minyak atsiri
  • Tanin
  • Triterpenoid

Sekian penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini dan terimakasih yang telah berkunjung di situs kami mengenai manfaat daun sisik naga untuk kesehatan, semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan tumbuhan herbal atau tanaman yang ada di lingkungan dan di sekitar kita khusunya juga dinegara kita yang kaya akan sumber daya alam dan potensi kekayaan alamnya.

Tags: