Manfaat Daun Semanggi Gunung

Manfaat Daun Semanggi Gunung -, Selamat datang dan selamat berkunjung di website resmi kami www.jamuwalatra.com yang mana merupakan situs resmi yang selalu memberikan informasi mengenai kesehatan. Pada kesempatan kali ini, terlebih dahulu kami akan menjelaskan mengenai tentang manfaat daun semanggi gunung. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak penjelasan berikut ini.

manfaat daun semanggi gunung

Manfaat Daun Semanggi Gunung

Daun semanggi gunung (Hydrrocotyle Sibthorpioides Lam) yaitu jenis tanaman dari keluarga Umbelliferae yang bersifat manis dengan sedikit sejuk dan pedas, tanaman ini secara kimia banyak mengandung hyperin dan coumarin. Manfaat daun semanggi gunung menghilangkan anti-biotik, anti-radang, bengkak, penurunan panas, pelancar air seni, pelancar dahak dan penetralisir racun. Selain itu, manfaat daun semanggi gunung juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi pengecilan hati dan sakit kuning dalam proses budidaya daun semanggi gunung juga dapat dilakukan beberapa proses misalnya penyetakan dan biji tanaman semanggi sesuai untuk daerah terbuka dan lembab.

Batang tanaman ini bertekstur lunak dan juga bercabang-cabang yang memiliki kepanjangan 5-35 cm juga memiliki warna hijau muda, bunga tanaman ini muncul dari ketiak daun dan ukurannya kecil-kecil. Bunga tanaman semanggi berbentuk seperti payung berwarna kuning, buah tanaman semanggi juga berupa buah kotak, tegak, lonjong dan bagian ujung bunga semanggi seperti paruh. Habitat tanaman ini terdapat pada daerah dengan ketinggian pantai hingga pegunungan 3.000 m dpl.

Inilah beberapa manfaat daun semanggi gunung dengan cara pengolahannya, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Untuk Sakit Amandel

Dengan cara : Siapkan daun semanggi gunung yang masih segar 50 gram, lalu rebus ramuan yang telah disiapkan dengan volume air 3 gelas hingga mendidih dan gunakan air ramuan tersebut untuk berkumur-kumur selagi hangat.

  • Untuk Sariawan

Dengan cara : Siapkan daun semanggi gunung yang masih segar 50 gram, kemudian cuci hingga bersih dan tumbuk ramuan tersebut juga tambahkan dengan sedikit air lalu peras ambil airnya setelah itu minum air perasan tersebut.

  • Untuk Kencing Tidak Lancar

Dengan cara : Siapkan 30 gram daun semanggi gunung yang masih segar, lalu cuci hingga bersih dan rebuslah ramuan herbal tersebut dengan volume air 3 gelas hingga airnya berkurang menjadi 1 gelas kemudian saring ambil airnya dan tambahkan dengan 30 gram gula pasir setelah itu minum ramuan tersebut 1x sehari.

  • Untuk Infeksi Saluran Kencing

Dengan cara : Siapkan 50 gram daun semanggi gunung yang masih segar lalu cuci hingga bersih dan rebus dengan 3 gelas air sampai airnya berkurang menjadi 1 gelas kemudian minum ramuan tersebut hingga habis sekali minum.

  • Untuk Sakit Pengecilan Hati

Dengan cara : Siapkan daun semanggi gunung yang masih segar 50 gram lalu cuci hingga bersih dan rebus ramuan tersebut dengan volume air 3 gelas sampai berkurang menjadi 1 gelas kemudian minum ramuan tersebut sekaligus.

  • Untuk Sesak Nafas Dan Batuk

Dengan cara : Siapkan 17 gram daun semanggi gunung yang masih segar lalu cuci hingga bersih dan rebus ramuan herbal tersebut dengan volume air 3 gelas sampai airnya berkurang menjadi 1 gelas kemudian saring ambil airnya dan biarkan sampai dingin setelah itu minum ramuan tersebut 1x sehari.

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Semanggi

  • Divisi                :   Magnoliophyta (tumbuhan berbunga)
  • Famili               :   Oxalidaceae (suku belimbingan)
  • Genus               :   Oxalis
  • Kelas                 :   Magnoliopsida (dikotil atau berkeping dua)
  • Kingdom          :   Plantae (tumbuhan)
  • Ordo                 :   Geraniales
  • Subkingdom   :   Tracheobionta (tumbuhan berpembuluh)
  • Subkelas          :   Rosidae
  • Super Divisi    :   Spermatophyta (menghasilkan biji)
  • Spesies             :   Oxalis corniculata linn.

Sekian penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai manfaat daun semanggi gunung, semoga bermanfaat.

Tags: