Manfaat Daun Pandan Wangi Buat Kesehatan

Manfaat Daun Pandan Wangi Buat Kesehatan -, Selamat datang dan selamat berkunjung di website resmi kami www.jamuwalatra.com yang mana merupakan situs resmi yang selalu memberikan informasi mengenai kesehatan. Pada kesempatan kali ini, terlebih dahulu kami akan menjelaskan mengenai tentang manfaat daun pandan wangi buat kesehatan. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Daun Pandan Wangi Buat Kesehatan

manfaat daun pandan wangi buat kesehatan

Daun pandan wangi merupakan tanaman yang sebagian besar tumbuh di Asia Selatan dan biasanya tumbuh liar dalam beberapa negara termasuk Indonesia, daun pandan sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat makanan. Terlepas dari hal ini, daun pandan juga dapat memberikan khasiat untuk kesehatan. Daun pandan memiliki aroma yang cukup harum dan sering digunakan sebagai pewangi pada adonan kue, selain sebagai tambahan pada adonan kue ada beberapa jenis makanan ringan lainnya yang menggunakan daun pandan seperti es dawet, bubur sumsum dan lain sebagainya.

Daun pandan pada umumnya digunakan sebagai rempah yang berfungsi untuk memberikan warna hijau pada makanan dan dipakai untuk memberikan aroma harum pada makanan yang sering kita makan agar wangi dan segar, daun pandan juga merupakan daun tunggal duduk dengan pangkal memeluk batang dan biasanya tersusun 3 helai pada batang secara spiral dan salah satu ciri khas daun pandan yaitu menimbulkan bau harum jika diremas-remas.

Manfaat Daun Pandan Wangi Buat Kesehatan

Sejak zaman dahulu daun pandan sudah terkenal akan manfaatnya, selain untuk pewarna alami makanan manfaat daun pandan wangi bisa untuk kesehatan. Pandan wangi banyak tumbuh di wilayah tropis dan memiliki ciri khas, inilah beberapa manfaat daun pandan wangi buat kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Mengatasi Lemah Syahwat Pada Kaum Pria

Dengan cara : Ambil kurang lebih 3 lembar daun pandan lalu potong kecil-kecil, dan kemudian rebus dengan menggunakan air sebanyak 4 gelas dan juga biarkan sampai air rebusan tersebut tinggal 3/4 juga minumlah ramuan tersebut pagi dan sore hari setelah makan.

  • Penambah Nafsu Makan

Dengan cara : Rebus 2 lembar daun pandan dengan 3 gelas air dan biarkan air rebusan tersebut tinggal separuhnya kemudian setelah dingin minumlah 2x sehari ramuan tersebut secara teratur.

  • Obat Darah Tinggi

Dengan cara : Rebus beberapa lembar daun pandan serta minum ramuan tersebut pagi dan sore hari secara teratur.

  • Mengobati Ketombe

Dengan cara : Ambil beberapa lembar daun pandan, kemudian tumbuk halus dan peraslah daun pandan tersebut lalu oleskan air daun pandan pada bagian kepala yang terkena ketombe secara merata juga biarkan kurang lebih selama 1/2 jam lalu bilas sampai bersih dan ulangi hingga ketombe benar-benar hilang.

  • Mengobati Rematik

Dengan cara : Siapkan beberapa lembar daun pandan, lalu diseduh dengan minyak kelapa 1 atau 1/2 cangkir kemudian setelah dingin gunakan sebagai obat gosok pada bagian tubuh yang terkena rematik.

Biasanya kalau bulan ramadhan tiba, ada banyak iklan sirup yang menjadikan daun pandan sebagai bahan dasarnya karena hal ini menunjukkan ternyata daun pandan memiliki banyak manfaatnya. Sebuah penelitian baru menunjukkan ada beberapa kandungan yang ada di dalam daun pandan wangi yang di unggah di situs wikipedia, beberapa kandungan tersebut yaitu senyawa alkaloid, saponin, zat warna, polifenol, tanin dan flavonoid. Kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi perawatan rambut dan kesehatan secara alami.

Sekian penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai tentang Manfaat Daun Pandan Wangi Buat Kesehatan, semoga bermanfaat dan semoga bisa membantu menyembuhkan pada gangguan kesehatan anda.

Tags: