Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Dan pengobatan Tradisional

Manfaat Daun Kelor -, Selamat datang dan trimakasih kami ucapkan kepada anda telah berkunjung di website resmi kami www.jamuwalatra.com, situs resmi penyedia artikel Kesehatan dan sekaligus situs penjual obat Herbal online terpecaya. Kami menyediakan berbagai macam produk obat herbal yang sudah terbukti manfaat serta khasiatnya dan sudah memiliki legalitas resmi dan telah terdaftar di Departemen Kesehatan Indonesia dan bersertifikat Halal dari MUI. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas seputar manfaat dari daun kelor yang mana tumbuhan ini sangat banyak sekali khasiatnya. Simak selengkapnya

Apa Itu Daun Kelor ?

Manfaat daun kelor

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Dan pengobatan Tradisional

Daun kelor adalah daun dari tumbuhan kelor yang tersebar di berbagai negara. Tumbuhan ini memiliki tinggi kurang lebih 10 meter. daunnya berbentuk oval atau bulat seperti telur yang berukuran kecil yang bersusun secara sistematis. Tanaman ini biasanya di olah menjadi bahan pokok makanan di olah menjadi sayuran dan juga sering di jadikan bahan sebagai komposisi obat-obatan tradisional karena manfaat daun kelor yang sangat banyak untuk kesehatan. Tumbuhan ini sangat mudah di temui bagi yang mengetahui manfaatnya pasti tumbuhan ini akan di tanam di ladang, halaman rumah dan lainnya, karena mudah sekali menanamnya.

Kandungan Dan Nutrisi Daun Kelor

Banyak orang yang menjuluki tumbuhan kelor ini sebagai pohon ajab “Miracel Tree” terutama pada daunnya. Daun kelor sangat kaya akan kandungan dan nutrisi yang baik untuk tubuh manusia. apa saja kandungan dan nutrisi yang terdapat di daun kelor ?

  • Vitamin A Dan Vitamin C

Ahli pangan dari Universitas Sahid Jakarta, Prof dr Hardinsyah, MS menyebutkan bahwa di dalam kandungan daun kelor ada vitamin A dan vitamin C yang bagus untuk imunitas. vitamin A yang terdapat di dalam daun kelor memiliki 4 kali lebih tinggi dari wortel, Dan vitamin C yang terdapat di dalam daun kelor 7 kali lebih tinggi dari buah jeruk. Sehingga manfaat daun kelor tidak bisa di ragukan lagi.

  • Kalsium

Kandungan kalsium yang terdapat di dalam daun kelor sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi manusia, serta dapat membantu mencegah pengapuran tulang atau osteoporosis. Kalsium juga bermanfaat untuk mengaktifkan beberapa enzim dan hormon yang mengatur pencernaan dan metabolisme lemak di dalam tubuh manusia.

  • Kalium

Kalium yang terdapat di daun kelor sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil di dalam tubuh kita.

  • Potasium

Daun kelor juga mengandung potasium yang terdapat berfungsi sebagai penurun tekanan darah, sehingga bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi sangat cocok sekali mengkonsumsi tanaman daun kelor ini, supaya tekanan darahnya menjadi normal kembali.

  • Laktagogum

Menurut peneliti daun kelor mengandung efek laktagogum, yaitu zat yang dapat meningkatkan dan melancarkan produksi ASI Pada ibu yang sedang menyusui. Maka dari itu, peneliti sangat menyarankan untuk ibu yang sedang menyusui untuk mengkonsumsi daun ini.

  • Flavonoid

Berikutnya adalahkandungan flavonoid. Flavonoid yang terdapat pada daun kelor sangat bermanfaat untuk menangkal penyakit diabetes.

  • Fitosterol

Fitosterol di dalam daun kelor sangat bermanfaat untuk antikolesterol. Maka di sarankan untuk anda yang ingin menjaga tubuh agar tetap sehat dan tetap bugar tanpa terserang penyakit apapun.

  • Zat Besi

Zat besi adalah gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menghasilkan darah yang sehat, dan daun kelor memiliki kandungan tersebut. Maka dari itu daun kelor sangat di sarankan di konsumsi karena memiliki manfaat untuk mencegah anemia.

Manfaat Daun Kelor

Telah dilakukan penelitian pada tahun 1980 Terhadap Tumbuhan ini, dari mulai daunnya, kulit batang, buah hingga bijinya dan hasilnya sangat positif, terutama pada bagian daunnya. Organisasi kesehatan dunia (WHO) menganjurkan agar mengkonsumsi tanaman ini khususnya untuk daunnya. Dari mulai anak-anak, dewasa hingga ibu menyusui karena daun kelor berkhasiat untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah gizi buruk khususnya pada anak.

Dari hasil penelitian dan himbauan dari Organisasi kesehatan dunia (WHO) diatas maka di sarankan untuk mengonsumsi daun kelor karena di dalam daun kelor ditemukan kandungan baik bagi kesehatan. berikut adalah manfaat dan khasiat dari daun kelor yang dapat membantu mengobati :

  • Sebagai Antidiabetes
  • Manfaat daun kelor sebagai anti kanker
  • Kolesterol jahat
  • Menurunkan berat badan
  • Cacingan
  • Rematik
  • Membantu mengobati penyakit herpes
  • Penyedia nutrisi di tubuh
  • Mempertajam penglihatan, dan membantu meringankan berbagai keluhan pada mata atau sakit pada mata
  • Menghilangkan flek hitam di wajah, memutihkan kulit, menghilangkan jerawat dan komedo
  • Bisa digunakan sebagai diet
  • Sumber energi alami, asam amino esensial, beta karoten, zat besi dan antioksidan
  • Meningkatkan produksi ASI
  • Memperbaiki sistem metabolisme tubuh
  • Sebagai Anti bakteri dan anti racun
  • Dan masih banyak lagi

Pengobatan Tradisional

Manfaat daun kelor untuk di jadikan pengobatan tradisional caranya ialah

  • Cara pertama di jadikan sebagai rebusan air daun kelor

– Siapkan daun Kelor segar sebanyak 1-2 ikat
– Cuci sampai bersih
– Rebus bahan kedalam panci yang berisi 500 ml atau 2-3 gelas air
– Diamkan mendidih hingga air tersisa setengahnya
– Di minum secara rutin 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal

  • Kedua dengan cara di blender untuk di jadikan sebagai masker wajah dan sebagai sabun untuk menjaga kesehatan vagina.

– Siapkan 1-2 ikat daun kelor, alat penyaring, blender dan air secukupnya
– Cuci Bersih daun kelor
– Masukkan daun Kelor kedalam blender dan tambahkan segelas air sebagai sabun, dan setengah gelas sebagai masker wajah.
– Tunggu sampai halus
– Tuangkan kedalam gelas atau wadah dengan di saring
– Gunakan sebagai masker atau sabun untuk vagina secara rutin 2-3x sehari.

Berikut anda bisa mencobanya dengan cara-cara di atas, jika anda tidak mau ribet dengan cara-cara yang di paparkan di atan, anda bisa mengkonsumsi daun kelor dengan dijadikan sebagai sayuran.

Demikian admin paparkan mengenai segudang manfaat daun kelor dari pengertian hingga pengobatan tradisional. Mudah-mudahan dengan artikel ini anda bisa jadi mengetahui tentang pentingnya memahami tanaman-tanaman yang memiliki khasiat tinggi seperti daun kelor ini, sehingga anda bisa membudidayakannya dan dapat memanfaatkannya sebagai kesehatan. Sekian informasi yang dapat admin sampaikan, jika artikel ini bermanfaat, pengunjung semua boleh membagikan artikel ini supaya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Salam sehat. Terimakasih.

Tags: