Manfaat Dan Kegunaan Daun Sembung

Manfaat Dan Kegunaan Daun Sembung -, Selamat datang dan selamat berkunjung di website resmi kami www.jamuwalatra.com yang mana merupakan situs resmi yang selalu memberikan informasi mengenai kesehatan. Pada kesempatan kali ini, terlebih dahulu kami akan menjelaskan mengenai manfaat dan kegunaan daun sembung. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak penjelasan berikut ini.

manfaat dan kegunaan daun sembung

Manfaat Dan Kegunaan Daun Sembung

Daun sembung adalah nama semak yang daunnya biasa digunakan sebagai obat tradisional, sembung ini memiliki permukaan yang ditutupi dengan bulu-bulu halus. Jika untuk dikonsumsi, memiliki sifat-sifat lidah daun pedas dan sedikit pahit rasa, harum dan sedikit hangat. Efek farmakologis yaitu rematik anti, sirkulasi, pembengkakan dan menghilangkan bekuan darah.Daun sembung juga memiliki khasiat seperti mengandung minyak atsiri, diantaranya borneol, sineol, zat samak (tanin) dan kamper karena mengandung flavonal yang berperan sebagai anti-bakteri, anti-trombotik, zat anti-inflamasi, yang baik untuk mengobati dan menjaga penyakit. Ketinggian tanaman sembung bisa mencapai 5 meter, bentuk daunnya panjang dan bergerigi. Tekstur daunnya tidak halus, cenderung kasar dan ujung daunnya berwarna kuning kehijauan dengan keseluruhan daunnya berwarna hijau cerah.

Ada beberapa manfaat dan kegunaan daun sembung beserta cara pengolahannya, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Melegakan Tenggorokan

Caranya : 2 helai daun sembung lalu dicuci dan dilumatkan dengan asam kawak seruas kelingking juga berikan sedikit garam, beri 1/2 gelas air kemudian aduk dan peras dengan kain juga diminum sebelum lapar.

  • Menyembuhkan Kolik Karena Gangguan Batu Empedu

Caranya : 3 helai daun sembung lalu dicuci sampai bersih dan direbus dengan segelas air hingga airnya tinggal setengah dan juga diminum saat menderita kolik.

  • Mengobati Perut Kembung Karena Gangguan Empedu

Caranya : 3 helai daun sembung atau segenggam pucuknya lalu dicuci dan dilumatkan kemudian diseduh dengan segelas air, setelah suam-suam kuku di saring airnya diminum.

  • Menyembuhkan Flu

Cara ke 1 : 3 helai daun sembung dan segenggam daun ketepeng lalu dicuci dan juga direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal setengahnya, cukup untuk diminum 2x sehari selama beberapa hari.

Cara ke 2 : 3 helai daun sembung dan segenggam daun sembukan lalu dicuci dan juga direbus dengan 2 gelasi air hingga airnya tinggal setengahnya, cukup untuk diminum 2x sehari selama beberapa hari. Ramuan ini bisa dipakai untuk mengobati perut mulas.

  • Menyembuhkan Demam

Cara ke 1 : Didihkan air bersama sejumlah daun sembung yang sudah dicuci, air rebusan daun sembung dalam keadaan suam-suam kuku dipakai untuk berendam sebentar juga baik untuk dipakai mencuci tangan dan kaki setelah memegang atau menginjak sesuatu yang kotor atau juga ditempat banyak orang yang menderita demam.

Cara ke 2 : Cuci 10 helai daun sembung, 10 helai daun sirih, 3 tapak liman beserta akarnya, segenggam daun beluntas dan sepotong lengkuas yang diiris-iris kemudian rebus semuanya dengan banyak air dan gunakan air rebusan ini untuk mandi.

  • Menyembuhkan Pegal, Linu dan Rematik

Caranya : 5 helai daun sembung lalu dicuci dan dilumatkan bersama 1/4 sendok teh kapur sirih juga ditempelkan sebagai tapal ke sendi yang bengkak atau bagian tubuh yang linu juga pegal.

  • Menghilangkan Bengkak Di Kaki Dan Di Tangan Akibat Peredaran Darah Tidak Lancar Karena Denyut Jantung Lambat

Caranya : 3-5 helai daun sembung atau segenggam penuh pucuk daun sembung lalu dicuci dan direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal setengah kemudian saring dan minum 1 atau 2x sehari selama seminggu atau lebih.

Itulah beberapa manfaat dan kegunaan daun sembung dan sekian penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai tentang manfaat dan kegunaan daun sembung, semoga bermanfaat.

Tags: