Manfaat Brotowali – Mengenal Klasifikasi dan Morfologinya

Manfaat Brotowali – Tanaman ini terkenal sebagai alternatif bagi para ibu yang sedang melakukan penyapihan pada anak-anaknya. Hal ini disebakan oleh rasa pahit yang dimiliki tananam tersebut. Dengan rasanya itu anak jadi enggan untuk menyusu. Selain itu,brotowali ini sendiri banyak mengandungan zat yang dapat menghasilkan beragam jenis khasiat.

Selamat datang di www.jamuwalatra.com ,yang merupakan situs resmi dalam menyampai berbagai jenis informasi menarik terkait manfaat tanaman tradisional juga tentang masalah kesehatan. Pada kesemapan kali ini kami akan memaparkan tentang manfaat brotowali.

manfaat brotowali

Manfaat Brotowali

Brotowali adalah jenis tanaman obat tradisional yang biasanya tumbuh di pekarangan ataupun di dalam hutan. Tanaman seperti ini tergolong kedalam jenis tanaman yang liar,mudah untuk di jumpai di seluruh Indonesia,teutama di pulau Jawa,Bali juga Ambon. Brotowali ini sendiri sering digunakan sebagai bahan dasar dari pembuatan jamu tradisional. Hal itu disebabkan karena kadungan kimia yang ada didalamnnya dipercaya mampu memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Klasifikasi Brotowali

Setiap tanaman memiliki klasifikasi yang telah di bedakan oleh para ahli misalnya berdasarkan bentuk ataupun jenisnya. Dengan adanya pengelompokan seperti ini seseorang akan dengan mudah mengenali,membandingkan juga mempelajari berbagai jenis mahluk hidup salah satunya tanaman brotowali ini. Berikut ini merupakan klasifikasi dari tanaman brotowali :

Kimgdom (kerajaan) Plantea (tumbuhan)
SubkingdomTracheobionta (tumbuhan berpembuluh
Super divisiSpermatophyta (hasilkan biji)
Pembagian (divisi)Magnoliphyta (tumbuhan berbunga
KelasMagnoliopsida (berkeping dua)
SubkelasMagnoliidae
SukuManispermaceae
Marga (genus)Tinospora
Jenis (species)Tinospora crispa (L.) Hook F.& T

Morfologi Brotowali

Semua tanaman memiliki berbagai macam komponen agar dapat tumbuh dengan baik,salah satunya adalah tanaman brotowali ini yang mampu hidup normal dengan adanya akar,batang,daun,buah dan juga bunga. Berikut merupakan penjelasan morfologi tanaman brotowali :

  • Akar

Dengan terdapatnua akar,tanaman ini dapat menyerap nutrisi yang ada di dalam tanah. Brotowali sendiri merupakan tanaman perdu yang tumbuh secara merambat,selain itu tanaman ini juga mempunyai akar tunggang untuk mempertahankan hidupnya.

  • Batang

Dengan batang yang mirip dengan batang sirih,yakni mengandung air,bersifat lunak tetapi mempunyai rasa yang sangat pahit. Batangnya pun dapat tumbuh tinggi mencapai 2,5 meter,dengan ukuran sebesar kelingking. Terdapat bintil-bintil rapat dengan letak yang tidak beraturan. Apabila batangnya di simpan,kondisinya tidak akan berubah.

  • Daun

Tanaman brotowali termasuk kedalam daun tunggal yang mempunyai tangkai dengan panjang sekitar 16 meter. Daun tersebut berbentuk agak bulat mirip dengan telur,dengan ujung yang meruncing yang mempunyai panjang sekitar 7-12 cm serta lebar 5-10 cm.

  • Bunga

Bunga yang terdapat pada tanaman brotowali ini dianggang tidak sempurna karena tidak memiliki bagian bunga yang lengkap dengan ukuran kecilnya.

Bunga pada brotowali ini termasuk kedalam bagian bunga tandan yang berposisikan menggantung. Pada bunga yang jantan terdapat tangkai dengan ukuran pendek dan mahkota sebanyak tiga helai,kelopak tersebut memiliki enam buah,bunganya pun berwarna hijau muda.

  • Buah

Buah dari tanaman ini terletak di bagian tandan dengan berkumpul dan berwarna merah muda.

Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan

Dibalik pahitnya tanaman ini ternyata tersimpan beragam manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Brikut merupakan beberapa manfaat brotowali untuk kesehatan :

  • Rematik

Rematik merupakan penyakit yang terjadi pada tulang. Penyakit ini dapat di obati dengan menggunakan beberapa cara,salah satunya dengan mengonsumsi jamu brotowali. Caranya sangat mudah yakni dengan mengahulskan brotowali kemudian rebus dengan air hingga mendidih,saring ampasnya terlebih dahulu lalu konsumsi dua hari sekali jamu tersebut.

  • Hepatitis

Hepatitis atau penyakit kuning merupakan sejenis penyakit yang ditandai dengan adanya perubahan warna pada kulit,bagian putih mata,juga pada kelenjar luda yang di akibatkan oleh peningkatan bilirubin pada tubuh.

Untun membantu mengatasinya anda dapat memanfaatkan brotowali sebagai cara alternatifnya. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat membantu mengobati penyakit ini. Caranya cukup mudak yakni dengan mengonsumsi 3/4 gelas hasil dari rebusan batang brotowali yang telah dicampurkan dengan madu dua kali sehari.

  • Malaria

Malaria merupakan penyakit menular yang diakibatkan oleh parasit plasmodium. Penularannya melalui pelantara nyamuk. Kasus seperti ini telah sering terjadi,dan tak jarang juga menyebabkan kematian pada penderita.

Pengobatan alami yang dapat kita lakukan untuk membantu mengatasi penyakit ini yaitu dengan menggunakan brotowali. Caranya dengan mengonsumsi ramuan hasil dari rebusan brotowali yang di campur dengan madu sebanyak tiga kali dalam sehari.

Manfaat Brotowali Untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan ternyata tanaman ini dapat di manfaatkan sebagai ramuan kecantikan,berikut ini merupakan manfaat brotowali untuk kecantikan :

  • Haluskan Kulit

Brotowali ini juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit,dengan cara menjadikannya sebagai masker alami. Cara membuatnya sangat mudah cukuo dengan menghaluskan tanaman tersebut kemudian aplikasikan di wajah atau kulit. Tunggu selama 15 menit kemudian bilas dengan bersih.

  • Kencangkan Kulit

Kulit kencang tentu membuat kita terlihat lebih awet muda. Sehingga tak jarang orang berlomba untuk membuat kulinya menjadi lebih kencang. Hal itu dapat kita lakukan dengan memanfaatkan brotowali,caranya dengan menjadikannya sebagai masker alami. Gunakan masker tersebut rutin satu minggu sekali untuk hasil yang maksimal.

Demikian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait manfaat brotowali,lengkap dengan klasifikasi serta morfologinya. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat juga menambah wawasan anda dan keluarga.

Tags: