Manfaat Akar Wangi Yang Belum Banyak Diketahui Orang

Manfaat Akar Wangi – Tanaman rumput yang kerap kita jumpai di sekitar kita mungkin dianggap sebagai tanaman liar. Akan tetapi ada sebagian dari tanaman rumput itu yang memiliki khasiat luar biasa,bahkan kerap di jadikan sebagai obat tradisional,misalnya akar wangi.

Selamat datang di www.jamuwalatra.com ,yang mana merupakan situs resmi dalam penyampaian informasi menarik terkait kesehatan yang mungkin belum banyak anda ketahui. Pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan informasi tentang manfaat akar wangi yang juga belum anda ketahui.

manfaat akar wangi

Manfaat Akar Wangi

Apa itu Akar Wangi ?

Akar wangi merupakan sejenis rumput yang berasal dari India. Rumput ini bisa tumbuh sepanjang tahun,serta sebagian besar orang mengenalnya sebagai sumber wewangian. Sebagai tanaman industri,akar wangi ini adalah penghasil minyak atsiri kelas pertama,terutama pada industri kosmetik yang sering memproduksi parfum atau minyak wangi.

Selain itu akar wangi juga banyak digunakan sebagai alternatif pengobatan herbal atau di jadikan obat tradisional yang telah di manfaatkan sejak dahulu. Tanaman ini biasanya ditaman di oinggir sawah sebagai tanggul alami,hal itu di karenakan akar yang dimiliki tanaman ini cukup kuat untuk menopah tanah.

Manfaat Akar Wangi

Setelah mengetahui apa itu akar wangi,kini saatnya kita mengetahu berbagai macam manfaat dari akar wangi tersebut. Berikut ini adalah beragam manfaat akar wangi :

  • Mengatasi Rematik

Rematik merupakan salah satu penyakit yang biasanya di derita oleh orang yang tengah lanjut usia baik itu perempuan ataupun laki-laki. Penyakit ini sama dengan asam urat yang gejalanya adalah rasa nyeri yang sangat terasa terutama pada bagian persendian tulang. Untuk bantu atasi rematik dengan akar wangi anda cukup menggosokan tanaman tersebut ke area sendi yang nyeri,tunggu beberapa saat sampai rasa sakit mereda. Lakukanlan hal seperti ini apabila rematik atau asam urat kembali kambuh.

  • Encok dan Pegal Linu

Sebagian besar penderita encok dan juga pegal linu adalah orang yang telah lanjut usia. Akan tetapi,apabila pegal linu mungkin seseorang yang masih muda juga bisa mengalaminya. Rasa sakit encok serta pegal linu ini bisa diredakan dengan memanfaatkan akar wangi. Caranya anda juga cukup untuk mengosokannya kepada bagian tubuh yang terkena encok ataupun pegal linu. Kandungan yang terdapat pada akar wangi ini akan meresap secara langsung ke dalam tulang dan meredakan kondisi yang sedang anda rasakan.

  • Batu Ginjal

Kondisi ini bisa membahayakan kesehatan serta harus segara mendapat penanganan. Cara alami untuk atasi masalah batu ginjal ini bisa dengan memanfaatkan akar wangi sebagai alternatifnya. Kandungan yang terdapat pada akar wangi ini mempunyai khasiat untuk cegah batu ginjal serta akan mengeluarkanya memalui urin. Caranya sangat mudah yaitu dengan merebus akar wangi kemudian dikonsumsi dengan rutin.

  • Bau Mulut

Bagi anda yang memiliki masalah bau mulu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan akar wangi. Caranya mudah cukup dengan merebus akar wangi beserta dau sirih,daun pegagan,serta kapulaga,hingga mendidih. Kemudian gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur.

  • Demam

Manfaat selanjutnya dari akar wangi ini adalah dapat membantu dalam menurunkan demam,terutama pada anak. Sebaiknya para Bunda dapat menggunakan ramuan dari tanaman ini untuk atasi panas demam anak di bandingkan dengan penggunaan obat kimia. Hal itu dikarenakan obat berbahan kimia tidak begitu baik untuk tubuh terutama untuk anak yang sistem kekebalan tubuhnya belum mencapai kestabilan. Selain itu,aroma terapi alami yang dikeluarkannya pun dapat membuat nya menjadi rileks sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan juga tidak membuatnya rewel.

Manfaat Akar Wangi Untuk Kecantikan

  • Atasi ketombe
  • Hilangkan kutu
  • Cegah iritasi kulit
  • Atasi Jerawat

Manfaat Akar Wangi Lainnya

  • Pengharum lemari yang alami
  • Basmi rayap
  • Basmi serangga dan parasit
  • Sebagai parfum yang alami

Penting !! Tanaman herbal akar wangi ini memang belum ditemukan sumber yang menyatakan bahwa terdapatnya efek samping. Akan tetapi akar wangi ini tidak dianjurkan bagi ibu hamil juga menyusui,serta untuk anak tidak disarankan konsumsi dosis yang terlalu tinggi.

Sekian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait tentang manfaat akar wangi,yang mungkin saja anda belum mengetahui akan manfaat yang dihasilkannya. Semoga apa yang kita paparkan saat ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda dan keluarga seputar kesehatan. Salam sehat !!

Tags: