Khasiat Dan Manfaat Rumput Mutiara

Khasiat Dan Manfaat Rumput Mutiara -, Selamat datang dan selamat berkunjung di website resmi kami www.jamuwalatra.com yang mana merupakan situs yang selalu memberikan informasi mengenai kesehatan. Pada kesempatan kali ini, terlebih dahulu kami akan menyampaikan dan menjelaskan mengenai tentang khasiat dan manfaat rumput mutiara. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak penjelasan berikut ini.

khasiat dan manfaat rumput mutiara

Khasiat Dan Manfaat Rumput Mutiara

Khasiat Dan Manfaat Rumput Mutiara -, Rumput mutiara adalah jenis rumput liar yang di kenal dengan sebutan rumput daun mutiara, siku-siku, katepan atau lidah ular. Rumput ini masuk dalam keluarga Rubiaceae yang memang penampilan fisiknya seperti kebanyakan rumput pada umumnya, hanya saja rumput mutiara memiliki satu kelebihan utama dibandingkan dengan banyak jenis rumput lainnya yaitu sebagai obat kanker. Nama latin rumput mutiara yaitu Hedyostis Corymbosa L, termasuk jenis tanaman liar yang memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Rumput mutiara biasa tumbuh di tanah yang lembab, seperti di dekat saluran air, pekarangan rumah, pinggir selokan dan pinggiran jalan. Bunga rumput mutiara ini berbentuk dengan menyerupai payung mini dan berwarna putih dan juga buahnya berbentuk bulat dan terlihat pecah-pecah.

Ciri-Ciri Rumput Mutiara

  • Akar

Pertama, cirinya mulai dari bawah tanaman yaitu akar rumput mutiara atau tanaman herbal ini merupakan tunggang dengan garis tengah rata-rata 1 mm dengan akar cabang berbentuk benang.

  • Batang

Rumput ini memiliki batang yang berbentuk segi empat, gundul atau dengan sisik sangat pendek, bercabang dengan tebal sekitar 1 mm dan berwarna hijau kecoklatan hingga hijau ke abu-abuan.

  • Daun

Untuk bagian daunnya relatif kecil dengan panjang daun 2 – 5 cm, ujungnya berbentuk runcing berwarna hijau pucat dengan sisik kecil sepanjang tepi daunnya dengan tangkai daun memiliki jarak yang sangat pendek dan juga memiliki rambut pendek pada ujungnya.

Khasiat Dan Manfaat Rumput Mutiara

Ada beberapa khasiat dan manfaat rumput mutiara untuk penyembuhan gangguan kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Detoksifikasi Alami

Khasiat dan manfaat rumput mutiara memiliki kemampuan untuk membersihkan racun yang terdapat di dalam tubuh, tentunya ini berpengaruh pada meningkatnya sistem imun tubuh seseorang sampai tidak mudah terkena serangan penyakit.

  • Mengatasi Bronkitis

Penderita penyakit bronkitis akan mengalami peradangan pada bagian saluran pernafasan yaitu pada organ paru-paru, masalah pernafasan ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi air rebusan daun rumput mutiara setiap hari.

  • Mengatasi Peradangan

Dengan sifat anti-inflamasinya, rumput mutiara dapat digunakan sebagai obat anti-radang seperti radang panggul, radang tonsil (penyakit amandel), radang usus buntu dan lain sebagainya.

  • Mengatasi Tumor Dan Kanker

Manfaat yang paling menonjol dari rumput mutiara yaitu sebagai herbal anti-kanker, ada banyak jenis kanker yang dapat di obati dengan rumput mutiara seperti kanker rektum, kanker lambung, kanker payudara dan lain sebagainya.

  • Mencegah Hepatitis

Rumput mutiara memiliki kemampuan untuk meregenerasi sel hati yang telah rusak sampai tubuh akan terhindar dari penyakit kuning atau hepatitis, cukup dengan mengkonsumsi air rebusan rumput mutiara selama 3 hingga 4 minggu berturut-turut secara rutin dan teratur.

  • Menjaga Kesehatan Ginjal

Rumput mutiara memiliki sifat diuretik alami yang dapat melancarkan saluran kemih, tentunya berdampak pada kesehatan ginjal dan mencegah terjadinya penyakit kencing batu juga dapat menghancurkan batu empedu.

  • Mengobati Demam

Kandungan senyawa yang terdapat di dalam rumput mutiara bersifat anti-piretik, fungsinya yaitu untuk mendinginkan tenggorokan dan menurunkan panas demam.

  • Mengobati Hipertensi

Orang yang menderita tekanan darah tinggi dapat dianjurkan untuk mengkonsumsi ramuan rumput mutiara, selain dapat menurunkan tekanan darah tinggi manfaat rumput mutiara yaitu untuk melancarkan sirkulasi peredaran darah di dalam tubuh.

  • Mengobati Tenggorokan

Sakit radang tenggorokan disebabkan karena adanya bakteri pada tenggorokan dan menyebabkan sakit ketika menelan makanan, biasanya timbul gejala gatal dan untuk mengobati sakit radang tenggorokan ini maka konsumsi daun mutiara secara teratur dan rutin.

  • Terapi Pengobatan Keseleo Dan Patah Tulang

Cara memanfaatkannya yaitu dengan mengoleskan rumput mutiara yang telah di tumbuk halus pada bagian tubuh yang terkilir atau mengalami patah tulang.

  • Menyembuhkan Amandel

Sakit amandel bisa diobati dengan rumput mutiara, caranya yaitu merebus batang dan daun mutiara secukupnya dengan 2 gelas air dan sisakan 1 gelas saja dan untuk mengkonsumsi secara rutin setiap hari hingga amandel sembuh.

  • Mengobati Gondongan

Ini merupakan suatu penyakit yang menyebabkan pembengkakan pada bagian bawah telinga, pemicunya yaitu karena kelenjar parotid terinfeksi virus dan zat yang terdapat di dalam rumput mutiara dapat mengatasi masalah gondongan ini.

  • Mengobati Usus Buntu

Cara mengatasi penyakit ini yaitu dengan merebus 50 gram batang dan daun rumput mutiara dengan 6 gelas air, diamkan hingga mendidih dan air tersisa 2 gelas saja. Minum air rebusan rumput mutiara tersebut pada pagi hari dan malam hari masing-masing 1 gelas.

  • Mengobati Luka

Bagi anda yang mengalami borok atau luka yang tak kunjung sembuh, coba balurkan rumput mutiara yang sudah di haluskan kepada luka. Infeksi luka akan cepat mengering berkat kandungan yang terdapat di dalam daun rumput mutiara.

  • Menyembuhkan Luka Karena Air Panas

Luka memar dan melepuh yang di sebabkan siraman air panas dapat diobati dengan ramuan rumput mutiara, caranya yaitu dengan merebus daun rumput mutiara sampai mendidih matang dan setelah air rebusan mendingin gunakan untuk membasuh bagian tubuh yang terluka.

  • Menyembuhkan Penyakit Paru-Paru Basah

Penderita paru-paru basah akan mengalami pembengkakan pada kantong udara di saluran pernafasan paru-paru, air rebusan rumput mutiara bisa di fungsikan untuk mengatasi pembengkakan pada organ paru-paru tersebut.

Itulah khasiat dan manfaat rumput mutiara, dan ada juga cara pengolahan rumput mutiara yaitu sebagai berikut ini :

Cara Mengolah Rumput Mutiara

Bagian rumput mutiara selain khasiat dan manfaat rumput mutiara juga bisa digunakan sebagai obat kanker yaitu bagian daun dan batangnya, dengan cara yaitu sebagai berikut ini :

  • Ambil 50 gram daun dan batang rumput mutiara, lalu cuci sampai bersih
  • Rebus dengan 5 gelas air sampai mendidih, dan tunggu sampai benar-benar matang dan air tersisa 2 gelas
  • Minum 1 gelas di pagi hari dan 1 gelas di sore hari secara rutin dan teratur.

Sekian penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai khasiat dan manfaat rumput mutiara, semoga bermanfaat dan dapat membantu penyembuhan yang terjadi pada gangguan kesehatan anda.

Tags: