Cara Mengobati Virus Zika

Cara Mengobati Virus Zika-, Selamat bekunjung kembali di www.jamwalatra.com yang mana merupakan situs resmi penyedian informasi seputar kesehatan. Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi terkait virus zika, penyebab, gejala dan cara mengobati virus zika. Apakah anda tahu apa itu virus zika ?

Cara Mengobati Virus Zika, Gejala dan Penyebabnya

cara mengobati virus zika

Virus zika adalah virus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti dengan cara menghisap virus dari orang yang terinfeksi, kemudian menularkanya kepada orang yang sehat. Virus zika dapat menyebabkan sakit ringan yang dikenal dengan sebutan demam zika atau penyakit zika. Virus ini dapat menyerang semua kalangan usia bahkan beresiko tinggi bagi anda yang bertempat tinggal di daerah tropis dimana banyak ditemukan nyamuk aedes aegypty.

Apa penyebab virus zika ?

Nyamuk aedes aegypti ini adalah jenis nyamuk yang sama dengan nyamuk penyebar demam berdarah, chikungunya dan demam kuning. Nyamuk ini aktif di siang hari dan dapat hidup di luar dan didalam ruangan yang dekat dengan manusia, terutama di area yang banyak genangan air.

Nyamuk aedes aegypti ini akan menyebarkan virus zika dengan cara menghisap virus dari orang yang terinfeksi zika lalu menularkannya kepada orang yang sehat saat menghisap darah. Selain itu, penularan bisa terjadi melalui hubungan seksual dan transfusi darah meskipun jarang sekali terjadi.

Apa tanda-tanda gejala terinfeksi virus zika ?

Pada kebanyakan kasus, virus ini tidak menampakan gejala sama sekali. Namun gejala yang paling umum terjadi seperti ;

  • Demam
  • Ruam dan gatal-gatal hampir seluruh tubuh
  • Sakit kepala dan pusing
  • Nyri otot dan sendi
  • Mata merah
  • Konjungtivitis atau peradangan pada kelopak mata

Gejala yang muncul dapat berlangsung dalam beberapa hari bahkan dapat pulih secara total dan membaik dengan sendirinya. Namun meskipun begitu, kondisi serius yang muncul seperti adanya gangguan saraf dan autoimun memerlukan penanganan lebih lanjut.

Cara mengobati virus zika

Sebagai cara mengobato virus zika, pada tahap pertama dokter akan melakukan pemeriksaan dengan menanyakan gejala yang dirasakan oleh pasien. Selanjutnya dokter akan melakukan tes urine atau tes darah untuk mendeteksi virus zika dalam tubuh.

Adapun beberapa tes yang dilakukan pada ibu hamil yang terinfeksi virus zika yaitu dengan cara USG kehamilan untuk mendeteksi mikrosefali atau kelainan otak dan melakukan pemeriksaan amniosentesis yaitu proses mengambil cairan ketuban dalam rahim untuk mendeteksi virus zika.

Sampai saat ini cara mengobati virus zika belum ada pengobatan yang spesifik. Cara mengobati virus zika yang bisa dilakukan untuk menangani gejala yang dirasakan seperti ;

  • Memperbanyak asupan cairan untuk mencegah dehidrasi
  • Mengkonsumsi obat pereda sakit dari dokter seperti acetaminophen atau paracetamol
  • Isitrahat yang cukup

Demikianlah informasi yang dapat kami sampikan terkait virus zika, gejala, penyebab dan cara mengobati virus zika. Terimakasih telah menyimak, semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat bagi anda. Jika berkenan silahkan untuk membangikan di media sosial anda supaya bisa bermanfaat juga untuk orang lain.

Tags: