Cara Mengobati Varikokel dan Mengenal Komplikasi Akibat Varikokel

Cara Mengobati Varikokel-, Setiap pasangan yang telah menjalin rumah tangga memang sangat mendambakan kehadiran sang buah hati. Terasa tidak lengakap apabila kita sebagai pasangan yang menjalani rumah tangga belum memiliki buah hati apalagi masalah itu di sebabkan oleh gangguan kesehatan reproduksi. Misalnya seperti penyakit varikokel,varikokel merupakan masalah kesehatan yang menyebabkan menurunnya kualitas sperma sehingga buruknya dapat mengakibatkan kemandulan terhadap pria.

Selamat datang di www.jamuwalatra.com ,yang merupakan situs resmi dalam pemaparan tentang berbagai masalah kesehatan yang mungkin belum anda ketahui. Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba memaparkan tentang cara mengatasi varikokel.

cara mengobati varikokel

Cara Mengobati Varikokel

Varikokel adalah pembesaran pembuluh darah vena terjadi di dalam skrotum yang menyerupai varises terhadap kaki. Akan tetapi perbedaanya varikokel dapat menyebabkan pembuluh darah vena membesar di dalam kantong zakar (skrotum).

Varikokel ini biasanya sering menyerang remaja dan juga lansia,akan tetapi tak bisa di pungkuri jika varikokel dapat terjadi pada anak-anak. Penyakit seperti ini memang tidak menghambat rutinitas sehari-hari,namun dapat mengakibatkan ketidaksuburan. Kurang lebih 40% seorang laki-laki mengalami kemandulan.

Gejala yang di alami penderita varikokel

Cara Mengobati Varikokel -, Pada umumnya varikokel tidak menimbulkan gejala sama sekali,akan tetapi ada beberapa pnderita yang mengalami atau merasakan sakit serta tak nyaman pada kantong zakarnya,dan gejala ini di rasakannya saat sedang dalam keadaan berdiri atau melakukan aktivitas fisik terlalu lama. Gejala ini akan reda apabila si penderita berbaring. Ada sebuah studi yang mengatakan bahwa 15% laki-laki mempunyai varikokel.

Selain merasakan rasa sakit juga pembengkan pembuluh darah vena pun dapat meningkat seiring berjalannya waktu. Pembesaran itupun sering terjadi pada sisi kiri kantung zakar karena rute sebelah kiri berdeda dengan rute pembuluh darah kanan.

Penybab Varikokel

Cara Mengobati Varikokel -, Mengenai penyebab pastinya varikokel belum di ketahui. Akan tetapi para ahli menduga kondisi seperti ini terjadi disebabkan lemahnya katup di pembuluh vena. Kemungkinan katup ini akan mengakibatkan aliran darah satu arah dari testis kembali lagi ke jantung. Sehingga mengakibatkan katup tersebut tidak berfungsi atau tidak bekerja dengan sempurna,pembuluh darah tersebut tak bisa membawa aliran kembali ke testi dan mengakibatkan penumpukan darah,hal itulah yang menyebabkan pembesaran atau pembengkakan pembuluh darah vena.

Risiko Komplikasi Penderita Varikokel

Ada beberapa risiko yang akan terjadi apabila varikokel ini tidak langsung ditangani atau dibiarkan begitu saja,berikut merupakan komplikasi yang akan terjadi :

  • Menyusutnya testi (atropi)
  • Terjadi penurunan sperma yang mengakibatkan kemandulan pada pria
  • Suhu di sekitar testi yang akan terus menurun dapat menyebabkan menurunnya kualitas serta kuantitas sperma.

Cara Mengobati Varikokel dengan Pembedahan

Cara Mengobati Varikokel -, Secara umum,varikokel tidak mudah terdiagnosa bahkan tidak memerlukan pengobatan sedikitpun. Namun seiring berjalannya waktu varikokel akan terus membesar dan menimbulkan gejala. Maka hal itu akan di tindak lanjuti dengan dilakukannya pembedahan. Tujuan dari dilakukannya pembedahan tersebut untuk menutup aliran darah ke pembuluh darah yang sempat terganggu,sehingga darah mengalir normal kembali.

Berikut ini merupakan jenis pembedahan,meliputi :

  • Operasi Terbuka

Pembedahan ini dilakukan dengan cara pembuluh darah vena yang rusak akan melawati perbaikan dengan cara mengangkatnya,pembedahan tersebut dilakukan pada bagian bawah selangkangan atau perut. Pasien yang menjalani prosedur ini biasanya di bius total. Efek samping yang terjadi setelah pembedahan tentunya meninggalkan rasa sakit yang dapat memakan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu,namun tak perlu khawatir kondisi dapat di obati dengan menggunakan antibiotik.

  • Pembedahan Embolisasi

Prosedur ini dilakukan dengan memasukan sebuah selang dengan ukuran mikro dan disertai perangkat X-ray ke pembuluh pena guna mencari bagian yang rusak atau bengkak. Ketika varikokel dapat ditemukan maka cairan khusus pun akan di alirkan kedalam pembuluh yang rusak menggunakan bantuan selang. Cairan itu berguna untuk menahan darah yang masuk ke pembuluh yang rusak dan dapat mengalir ke pembuluh yang sehat. Pembedahan ini mengakibatkan efek samping berupa pembengkakan dan memar di titik ketika selang dimasukan.Namun hal itu dapat di atasi dengan penggunaan antibiotik.

Beberapa jenis makanan yang harus di hindari

Cara Mengobati Varikokel -, Penderita juga harus mengatur makanan dan minuman yang harus di konsumsi,berikut ini merupakan pantangan konsumsi penderita varikokel :

  • Seorang penderita varikokel tidak di anjurkan memakan makanan yang di olah secara di bakar.
  • Jangan mengonsumsi makan serta minuman yang memiliki kandungan alkohol,kafein,dan lemak yang terlalu tinggi.

Demikian pemaparan kami pada kesempatan kali ini terkait tentang cara mengobati varikokel,lengkap berikut komplikasi yang akan di timbulkannya. Semoga apa yang kami paparkan bermanfaat serta dapat menambah wawasan anda mengenai kesehatan.

Tags: