Cara Mengobati Trigeminal Neuralgia

Cara Mengobati Trigeminal Neuralgia-, Terimakasih telah berkunjung kembali di www.jamuwalatra.com. Disini kami akan memberikan informasi seputar kesehatan yaitu cara mengobati trigeminal neuralgia. Lalu apakah anda tahu, apa itu trigeminal neuralgia ?

Cara Mengobati Trigeminal Neuralgia, Gejala dan Penyebabnya

cara mengobati neuralgia trigeminal

Trigeminal neuralgia adalah kondisi saat wajah terasa nyeri akibat gangguan pada saraf trigeminal atau saraf kelima dari 12 pasang saraf yang berasal dari otak. Penyakit ini mucul dengan ditandai rasa sakit pada salah satu sisi wajah terutawa wajah bagian bawah. Nyeri pada wajah ini dapat berlangsung hingga beberapa minggu atau bulan dan dapat menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan atau tahun.

Penyakit ini dapat terjadi pada siapa saja, namuan lebih beresiko terjadi pada wanita yang berusia 50 tahun, mempunyai riwayat keturunan dan memiliki keluhan kesehatan seperti multiple sclerosis.

Apakah penyebab trigeminal neuralgia ?

Meski belum diketahui secara pasti, neuralgia trigeminal disebabkan diduga karena terganggunya fungsi saraf trigeminal yang tertekan pembuluh darah disekitarnya dan menimbulkan gangguan fungsi pada saraf trigerminal.

Pada beberapa kasus, trigeminal nerualgia juga disebabkan karena adanya kelainan otak akibat luka atau cedera, efek pembedahan, stroke, tumor yang menekan saraf trigeminal.

Apa tanda-tanda gejala trigeminal neuralgia ?

Penderita sering merasakan nyeri pada salah satu sisi wajah, dan dapat muncul pada kedua sisi wajah meskipun jarang terjadi. Gejalanya muncul dengan ditandai adanya nyeri pada pipi, rahang, gusi, gigi atau bibir, mata dan dahi. Rasa nyeri juga dapat timbul ketika anda bicara, mengunyah, berdandan, mencuci myka atau menggosok gigi.

Pada kasus neuralgia trigeminal yang parah, penderita akan merasakan nyeri ratusan kali dan tidak berkurang. Jika anda merasakan sakit yang berkepanjangan yang tidak kunjung reda, sebaiknya segeralah hubungi dokter.

Cara mengobati trigeminal neuralgia

Sebagai cara mengobati trigemial neuralgia, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada kondisi saraf pada wajah untuk mengetahui lokasi tepatnya nyeri. Setelah itu jika pasien didiagnosis menderita neuralgia trigeminal, dokter akan melakukan pengobatan dengan melihat penyebab kondisinya untuk mengurangi rasa nyeri.

Pada tahap awal, cara mengobati trigeminal neuralgia dimulai dari pemberian obat-obatan untuk mengurangi rasa nyeri seperti ;

  • Antikonvulsanuntuk memperlambat implus saraf sehingga mengurangi kemampuan saraf mengirimkan rasa nyeri ke otak. Seperti carbamazepine, oxcarbazepine, lamotrigine, phenytoin, clonazepam atau gabapentin.
  • Suntik botox untuk mengurangi rasa sakit yang tidak bisa ditangani dengan obat-obatan.
  • Obat antispasmodik untuk melemaskan otot yang dapat digunakan dengan carbamazepine yaitu baclofen.

Jika cara mengobati trigeminal neuralgia diatas tidak dapat menghilangkan gejala. Maka prosedur operasi akan disarankan dokter dengan beberapa prosedur operasi seperti dekrompresi mikrovaskular, bedah radiasi, rhizotomy.

Demikianlah informasi yang kami sampaikan tekait cara mengobati neuralgia trigeminal. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat bagi anda. Jika berkenan, silahka untuk meninggalkan kritik dan saran di kolom komentar dan share di media sosial anda.

Tags: