Cara Mengobati Tetralogy of Fallot

Cara Mengobati Tetralogy of Fallot-, Selamat berkunjung kembali bersama kami di www.jamuwalatra.com yang selalu menyediakan informasi seputar kesehatan. Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi terkait cara mengobati tetralogy of fallot. Mari simak informasi selengkapnya.

Cara Mengobati Tetralogy of Fallot, Gejala dan Penyebabnya

cara mengobati tetralogy of fallot

Tetralogy of Fallot atau TOF adalah gangguan pada bayi yang disebabkan oleh kombinasi empat penyakit jantung bawaan saat lahir. Empat kelainan jantung terdiri dari :

  • Pulmonary Stenosis atau kekakuan pada katup jantung pulmoner yang mempersulit aliran darah dari jantung ke paru-paru.
  • Ventricular septal defect yaitu defek pada septum ventrikel (lubang dinding antar bilik jantung)
  • Hipertrofi ventrikel kanan (bilik kanan membesar dan menebal)
  • Aorta diatas septum

TOF memengaruhi struktur jantung, sehingga menyebabkan darah yang dipompa jantung ke seluruh tubuh tidak mengandung oksigen yang cukup. Kondisi ini sangat langka, dan terjadi pada 1 dari 2500 bayi saat lahir. Dan terdeteksi saat bayi berusia 2 bulan.

Apa penyebab tetralogy of fallot ?

Tetralogy of fallot muncul saat dalam kandungan dan saat masa perkembangan janin. Sejumlah faktor yang dapat menjadi penyebab terjadinya tetralogy of fallot adalah infeksi virus pada masa kehamilan seperti rubella (campak jerman), diabetes saat hamol, kekurangan gizi, konsumsi alkohol dan obat-obatan, usia ibu diatas 40 tahun, faktor keturunan dan adanya kelainan bawaan seperti sindrom down atau sindrom DiGeorge.

Apa tanda-tanda gejala tetralogy of fallot ?

Gejala tetralogy of fallot akan muncul tergantung dari tingkat keparahan gangguan aliran darah dari bilik kanan ke paru-paru. Namun gejala umum yang dialami bayi penderita TOF seperti :

  • Sesak napas
  • Kulit dan bibir membiru akibat peredaran darah yang kurang oksigen
  • Kuku tangan dan kaki berubah bentuk menjadi bulat dan cembung
  • Mudah lelah
  • Rewel
  • Berat badan tidak bertumbuh
  • Gangguan tumbuh kembang

Bagaimana cara mengobati tetralogy of fallot ?

Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan seperti pluse oximetry menggunakan sensor kecil yang ditempelkan di jari tangan atau kaki untuk mengukur kadar oksigen pada darah. Selain itu dokter juga akan memeriksa aliran listrik dan irama jantung dengan Elektrokardiogram (EKG), foto rontgen dada, Ekokardiografi dan Katerisasi jantung.

Sebagai cara mengobati tetralogy of fallot , kebanyakn dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi untuk menutup lubang septum ventrikular dan membersihkan penghambat vaskular dari ventrikel kanan menuju paru-paru. Operasi yang dilakukan adalah :

  • Intracardiac repair. Yang dilakukan di tahun pertama setelah bayi lahir untuk memperbaiki katup pulmonal yang sempit dan menutup lubang akibat VSD. Sehingga kadar oksigen dalam darah akan meningkat dan gejala yang dialami akan berkurang.
  • Operasi sementara. Pada kelahiran bayi prematur atau memiliki kondisi paru-paru yang tidak berkembang. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan aliran darah baru antara aorta dan arteri paru-paru.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait cara mengobati tetralogy of fallot. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi anda dan jangan lupa untuk masukan, kritik dan saran anda pada kolom komentar. Salam sehat!

Tags: