Cara Mengobati Ruam Popok – Penyebab dan Gejalanya

Cara Mengobati Ruam popok – Selamat datang di situs www.jamuwalatra.com merupakan salah satu situs web yang menyajikan informasi seputar dunia kesehatan dan berbagai produk herbal dari bahan alami. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai cara mengobati ruam popok. Berikut kami sajikan informasi mengenai penyebab, gejala dan cara mengobati ruam popok.

Ruam popok adalah suatu peradangan pada kulit bayi di area yang tertutup popok, dan umumnya terjadi pada bokong. Kemudian kulit yang mengalami ruam ini akan tampak kemerahan. Ruam popok biasanya terjadi karena reaksi pada kulit setelah terus menerus bersentuhan dengan urine dan tinja.

Sebagian besar bayi yang sering memakai popok pernah mengalami ruam popok. Ruam ini umumnya memang tidak berbahaya. Namun, ruam popok akan sangat mengganggu kenyamanan sehingga bayi akan cenderung lebih rewel.

cara mengobati ruam popok - penyebab dan gejalanya

Cara Mengatasi Ruam Popok – Penyebab dan Gejalanya

Faktor Penyebab Ruam Popok

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya ruam popok. Penyebab-penyebab tersebut meliputi;

  • Kelembaban. Apabila seusai membersihkan pantat bayi dari BAK atau BAB kemudian tidak dikeringkan, maka daerah sekitar pantat bayi akan lembab,sehingga banyak mikroorganisme yang bersarang. Sehingga akan terjadilah iritasi atau peradangan kulit.
  • Gesekan. Faktor penyebab selanjutnya yaitu akibat gesekan yang terjadi antara kulit bayi dan popok yang digunakan.
  • Kulit sensitif. Pada umumnya bayi yang mengidap penyakit kulit eksim akan lebih beresiko terkena ruam popok.
  • Infeksi. Kulit yang tertutup popok akan cenderung lembap dan hangat sehingga akan meningkatkan kemungkinan tumbuhnya bakteri dan jamur yang pada akhirnya akan menimbulkan infeksi pada kulit.
  • Kontak yang terlalu lama dengan urine dan tinja.
  • Terjadinya iritasi pada produk yang baru digunakan.

Gejala-gejala Ruam Popok

Ruam popok umumnya terjadi pada bayi yang sering menggunakan popok. Terutama ketika bayi masih berusia sembilan bulan hingga satu tahun. Ruam ini juga dapat kambuh selama bayi atau anak masih memakai popok. Beberapa gejala yang dapat diketahui, diantaranya;

  • Kulit yang tampak memerah, terutama pada bokong, lipatan paha, dan sekitar alat kelamin bayi.
  • Bayi yang rewel, misalnya sering menangis terutama saat bagian yang tertutup popok disentuh atau dibersihkan.

Cara Mengobati Ruam Popok Secara Alami

Berikut adalah beberapa cara mengobati ruam popok secara tradisonal dengan bahan alami;

Air Susu Ibu (ASI)

ASI diketahui sangat bermanfaat dalam melawan dan juga menyembuhkan kulit yang iritasi. Sehingga ASI bisa menjadi pilihan terbaik untuk menyembuhkan ruam popok pada bayi. Anda bisa mengambil beberapa tetes ASI dan usapkan lembut pada area bokong bayi yang terserang ruam popok. Diamkan sejenak hingga ASI mengering pada kulit bayi sebelum dipakaikan popok yang baru. Anda tidak perlu khawatir akan berbagai dampak negatif yang kemungkinan dapat memperburuk kondisi ruam popok. Karena cara mengobati ruam popok menggunakan ASI sangatlah aman dan tidak menimbulkan efek samping apapun pada kulit bayi.

Minyak Kelapa

Cara mengobati raum popok selanjutnya yaitu menggunakan minyak kelapa. Sifat anti mikroba dan anti jamur pada minyak kelapa begitu tinggi dan tentunya aman bagi kulit bayi. Efek penenang alami dan penyembuhannya sangat efektif, sehingga akan membuat bayi kembali nyaman meski memakai popok.

Penggunaan minyak kelapa yaitu sebagai pelembab alami, dengan cara mengoleskannya langsung ke bagian bokong bayi dan mengusapkannya dengan lembut. Anda juga bisa mencampurkan beberapa sendok minyak kelapa dengan air biasa. Lakukan pengolesan beberapa kali dalam sehari secara teratur hingga ruam popok benar-benar memudar.

Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kulit bisa Anda gunakan sebagai cara mengobati raum popok pada bayi. Anda para orang tua bisa langsung mengambil gel lidah buaya untuk di oles ke bokong bayi setiap kali mengganti popoknya. Lakukan secara rutin agar hasilnya lebih efektif.

Putih Telur

Cara mengobati ruam popok yang selanjutnya yaitu dengan putih telur. Gunakan 3-4 butir telur dimana bagian putihnya bisa dipisahkan dari kuningnya, kemudian putih telur tersebut dapat Anda oleskan ke area yang terkena ruam popok. Dengan melakukan cara ini rutin setiap harinya, maka ruam popok dijamin akan hilang dan sembuh.

Minyak Zaitun

Menawarkan efek penenang bagi kulit, minyak zaitun merupakan salah satu bahan alami terbaik yang bisa Anda terapkan pada kulit bayi yang beruam popok. Caranya yaitu dengan mencampurkan 1-2 sendok teh minyak zaitun dengan air sebanyak 1 sendok teh, kemudian oleskan ramuan tersebut langsung pada area bokong bayi secara teratur setiap Anda mengganti popoknya.

Cara Mencegah Timbulnya Ruam Popok

Menjaga kulit bayi agar tetap bersih dan kering merupakan cara mengobati ruam popok sekaligus pencegahan yang paling efektif. Berikut adalah langkah sederhana yang dapat Anda lakukan;

  • Menggangti popok yang kotor sesering mungkin.
  • Bersihkan bagian kulit yang sering tertutup popok.
  • Hindari penggunaan sabun atau tisu basah yang mengandung alkohol serta pewangi pada saat membersihkan kulit bayi.
  • Oleskan krim atau salep pencegah ruam popok setiap Anda mengganti popok bayi.
  • Gunakan jenis popok yang sesuai dengan ukuran bayi Anda.
  • Hindari penggunaan bedak saat memakaikan popok.
  • Jangan biarkan bayi Anda selalu memakai popok.

Demikianlah informasi seputar penyebab, gejala, dan cara mengatasi ruam popok. Semoga informasi yang telah admin sampaikan diatas dapat menambah wawasan dan tentunya bermanfaat bagi Anda.

Tags: