Cara Mengobati Proctalgia Fugax

Cara Mengobati Proctalgia Fugax-, Selamat berkunjung kembali di www.jamuwalatra.com, yang mana situs kami selalu menyediakan informasi mengenai kesehatan, berbagai penyakit hingga cara mengatasinya. Adapun pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara mengobati proctalgia fugax, berikut gejala dan penyebabnya. Lalu, apakah penyakit proctalgia fugax ? Mari simak ulasan berikut ini.

Cara Mengobati Proctalgia Fugaxcara mengobati proctalgia fugax

Proctalgia fugax adalah rasa sakit di anus (dubur) yang dirasakan berulang-ulang setiap beberapa detik atau menit. Meskipun tidak membahayakan, rasa sakit yang dialami ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, khususnya jika nyeri tersebut terjadi selama berhari-hari atau berminggu-minggu.

Penyebab Proctalgia Fugax

Pada umumnya, proctalgia fugax (nyeri anus) akan muncul setelah masa puber dan lebih sering menyerang wanita usia 30 sampai 60 tahun. Meski belum diketahui penyebab pastinya, spasme dari otot sfingter ani atau otot yang mengatur buang air besar pada anus ini dapat mengakibatkan nyeri pada anus. Selain itu, biasanya nyeri anus juga terjadi setekah skleroterapi pada pasien wasir (ambeien) setelah sisterektomi vagina.

Adapun, ada beberapa faktor yang diduga menjadi pemicu terjadinya proctalgia fugax, dianbtaranya :

  • Konstipasi
  • Stress
  • Aktivitas seksual
  • Menstruasi

Gejala Proctalgia Fugax

Gejala proctalgia fugax adalah terasa kejang di otot area anus bawah. Rasa sakit dan kejang otot ini bisa terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung dalam beberapa detik. Dalam kasus tertentu, sakit juga dapat dirasakan hingga 30 menit bahkan dalam kondisi yang cukup parah, penderita juga tidak dapat keluar rumah untuk beraktivitas.

Gejala proctalgia fugax sering terjadi pada malam hari, hingga dapat mengganggu tidur anda, bahkan bisa juga terjadi pada siang hari. Namun pada umumnya, nyeri akan hilang dan mereda dengan sendirinya. Namun jika anda mengalami nyeri disertai dengan pendarahan pada anus, pusing, kehilangan kesadaran, demam, menggigil atau diare. Sebaiknya segera lakukan cara mengobati proctalgia fugax dengan melakukan pemeriksaan ke dokter.

Diagnosis Proctalgia Fugax

Sebagai cara mengobati proctalgia fugax, pada tahap pertama biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan ini dilakukan guna mengetahui apakah adanya luka robek, ruam, abses atau bahkan benjolan yang ada di sekitar anus. Setekah itu, dokter juga akan bertanya seberapa parah sakitnya, berapa lama. Namun, jika diperlukan, dokter juga akan melakukan beberapa tes lanjutan seperti;

  • Pemindaian seperti USG dan MRI
  • Pemeriksaan sigmoidoskopi menggunakan selang kecil yang dilengkapi kamera untuk melihat kondisi dalam usus.
  • Tes manometri anorektal untuk mengukur kontraksi otot anus.

Ada beberapa pengobatan cara mengobati proctalgia fugax. Namun dalam mengurangi gejalanya pada setiap orang itu berbeda-beda, dikarenakan penyebabnya yang belum diketahui secara pasti.

Jika kondisi nyeri anus disebabkan karena stress, anda harus berkonsultasi dengan psikolog untuk membantu anda. Namun jika gejalanya sudah sangat mengganggu aktifitas sehari-hari, berikut ini cara mengobati proictalgia fugax dengan obat yang disarankan dokter, diantaranya :

  • Salbutamol inhaler.
  • Diltiaxem.
  • Krim glyceryl trinitrate.
  • Suntik botoxpada area yang nyeri.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait cara mengobati proctalgia fugax. Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat, khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari cara mengobati proctalgia fugax. Untuk menambah wawasan, silahkan bagikan di sosial media anda. Terimakasih telah berkunjung.

Tags: