Cara Mengobati Penyakit Von Willebrand

Cara mengobati penyakit von willebrand – Selamat datang dan selamat berkunjung di website resmi kami www.jamuwalatra.com yang mana merupakan situs resmi yang selalu memberikan informasi mengenai kesehatan. Pada kesempatan kali ini, terlebih dahulu kami akan menginformasikan sekaligus menjelaskan mengenai tentang Cara mengobati penyakit von willebrand. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Cara Mengobati Penyakit Von Willebrand

Cara mengobati penyakit von willebrand – Penyakit von willebrand adalah suatu penyakit bawaan atau keturunan di mana penderita mengalami gangguan dalam proses pembekuan darah, pada penderita penyakit von willebrand protein darah yang di sebut dengan faktor penyakit von willebrand tidak bekerja secara normal atau jumlahnya terlalu sedikit. Penyakit von willebrand merupakan penyakit yang akan di derita seumur hidup dan hampir sebagian besar penderita sudah mendapatkan penyakit ini sejak lahir, akan tetapi dengan gejala awal yang di timbulkan biasanya baru akan nampak setelah beberapa tahun dan kebanyakan penderita akan mulai menyadarinya ketika mencabut gigi untuk pertama kalinya atau ketika mengalami menstruasi pertama kali di mana mereka akan mengalami perdarahan yang berlebihan dan juga lama. Sampai saat ini masih belum ada pengobatan untuk menyembuhkan penyakit von willebrand ini, akan tetapi dengan penanganan yang tepat dan cepat pada penderita penyakit von willebrand bisa menjalani hidup dengan normal.

Penyebab Penyakit Von Willebrand

Ketidaknormalan gen yang mengontol protein faktr penyakit von willebrand menjadi penyebab utama terjadinya penyakit von willebrand, ketidaknormalan gen ini biasanya di turunkan oleh salah seorang atau kedua orang tua kepada anaknya. Dengan faktor penyakit von willebrand bersifat seperti lem, di mana faktor ini akan merekatkan platelet (salah satu jenis sel darah) sampai membentuk suatu gumpalan untuk menghentikan pendarahan. Tak hanya itu, protein ini bekerja sama dengan faktor pembekuan darah lain yang di sebut dengan faktor VIII (faktor 8). Maka dari itu, adanya gangguan pada faktor penyakit von willebrand ini akan menyebabkan darah tidak mampu menggumpal dengan sempurna sampai penderitanya beresiko untuk mengalami pendarahan yang berlebihan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Seseorang bisa saja mengidap penyakit ini tanpa adanya faktor keturunan melainkan akibat dari kondisi medis tertentu, meskipun begitu dengan hal tersebut jarang terjadi. Ada beberapa kondisi medis yang berkaitan dengan penyakit ini yakni penyakit lupus, hipotiroid, stenosis aorta dan sejumlah kanker. Penyakit von willebrand dapat di bagi menjadi 4 jenis, di antaranya :

  • Tipe-1
  • Tipe-2
  • Tipe-3
  • Tipe pseudo atau platelet.

Gejala Penyakit Von Willebrand

Dengan gejala penyakit von willebrand bergantung pada tipenya, akan saja semua tipe biasanya menunjukkan kelainan pada perdarahan yang meliputi :

  • Mudah lebam
  • Perdarahan pada gusi
  • Mimisan yang berlebihan
  • Perdarahan menstruasi yang banyak
  • Tipe-3 dapat menunjukkan gejala perdarahan yang sulit berhenti, penderita akan beresiko mengalami perdarahan internal seperti pada sendi dan organ pencernaan.

Pengobatan Penyakit Von Willebrand

Penyakit von willebrand merupakan penyakit turunan yang tidak bisa di sembuhkan dan berlangsung seumur hidup, akan tetapi penyakit von willebrand yang tergolong ringan biasanya tidak membutuhkan pengobatan. Ada 3 hal yang menentukan jenis pengobatan untuk penderita kondisi ini, yakni respons tubuh penderita terhadap penanganan sebelumnya, pengobatan dan kondisi medis lainnya bahkan jenis juga tingkat keparahan penyakit. Ada beberapa jenis pengobatan untuk penyakit von willebrand, di antaranya :

  • Asam traneksamat dan asam aminokaproat
  • Pil kontrasepsi
  • Pemberian konsentrat faktor pembeku darah yang terdiri dari faktor penyakit von willebrand dan VIII melalui infus
  • Desmopressin.

Sekian penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai tentang Cara mengobati penyakit von willebrand dan terima kasih yang telah berkunjung ke situs resmi kami, semoga bermanfaat dan semoga membantu penyembuhan dalam penyakit yang di alaminya khususnya untuk penyakit von willebrand.

Tags: