Cara Mengobati Penyakit Neurodermatitis Secara Alami

Cara Mengobati Penyakit Neurodermatitis Secara Alami -, Selamat datang diwebsite kami www.jamuwalatra.com yang mana situs ini merupakan situs yang menjelaskan tentang berbagai penyakit untuk kesehatan. Pada kesempatan ini, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang Cara Mengobati Penyakit Neurodermatitis Secara Alami.

Apa Itu Neurodermatitis ?

cara mengobati penyakit neurodermatitis secara alami

Neurodermatitis adalah kondisi kulit kronis dimana kulit ini menjadi meradang dan sangat galat, penyakit neurodermatitis ditandai dengan siklus gatal yang sulit untuk istirahat. Penyakit neurodermatitis juga dikenal sebagai lichen simplex yang merupakan salah satu dari banyak jenis penyakit neurodermatitis hal ini yang paling sering terjadi pada wanita dewasa.

Penyakit kulit ini tidak menular dan tidak berbahaya, akan tetapi rasa gatalnya bisa menyebabkan terganggunya fungsi seksual, jam tidur dan juga kualitas hidup penderitaannya. Faktor penyebabnya harus diketahui supaya penderita dapat mencegah dan menghindari penyakit neurodermatitis menjadi semakin parah yang mana merupakan adanya cara mengobati penyakit neurodermatitis secara alami.

Faktor Dan Penyebab Resiko Penyakit Neurodermatitis

Neurodermatitis bisa muncul akibat sesuatu yang menggesek atau membuat iritasi pada kulit seperti gigitan serangga dan pakaian ketat kadang-kadang memicu gatal dan semakin digaruk akan semakin gatal, kondisi ini akan berkembang menjadi penyakit neurodermatitis. Penyakit ini juga bisa ditemukan pada kulit anak-anak terutama ketika anak-anak tidak bisa berhenti menggaruk pada bagian kulit yang terasa gatal.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang yang terkena penyakit neurodermatitis diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Gangguan kecemasan, rasa cemas dan stres bisa memicu rasa gatal yang berhubungan dengan penyakit neurodermatitis
  • Kondisi kulit, jika ada anggota keluarga yang menderita penyakit neurodermatitis, psoriasis, eksim dan juga kulit serupa maka resiko terkena penyakit neurodermatitis lebih besar
  • Jenis kelamin dan usia, wanita lebih beresiko terkena penyakit neurodermatitis dan kondisi ini juga cenderung muncul pada penderita yang berusia 30 sampai 50 tahun.

Gejala Penyakit Neurodermatitis

Terdapat beberapa gejala penyakit neurodermatitis yang umumnya dirasakan diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Munculnya bercak kulit yang terasa gatal dan berjumlah lebih dari satu
  • Bagian kulit yang terasa gatal akan bertekstur kasar dan bersisik
  • Bercak pada kulit akan terlihat lebih menonjol serta berwarna merah atau lebih gelap dari kulit sekelilingnya.

Cara Mengobati Penyakit Neurodermatitis Secara Alami

Pengobatan Penyakit Neurodermatitis

cara mengobati penyakit neurodermatitis secara alami bertujuan untuk mengontrol rasa gatal, mencegah penderita untuk menggaruk dan juga menangani penyebabnya. Ada beberapa langkah untuk pengobatan neurodermatitis, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kortikosteroid suntik, dokter mungkin akan menyuntikkan kortikosteroid langsung pada kulit yang terkena penyakit neurodermatitis. Prosedur ini juga berguna untuk membantu proses penyembuhan
  2. Krim anti peradangan, dokter mungkin akan meresepkan krim jenis ini yang efeknya lebih kuat jika krim kortikosteroid yang dijual bebas tidak ampuh untuk mengatasi penyakit neurodermatitis
  3. Larutan aspirin dan dichloromethane, dioleskan pada bagian kulit yang terkena penyakit neurodermatitis
  4. Obat-obatan anti cemas, rasa cemas dan stres bisa memicu pada penyakit neurodermatitis
  5. Obat-obatan anti gatal, akan diresepkan oleh dokter untuk meredakan gejala gatal-gatal
  6. Suntik botox (botolinum toxin), mampu mengurangi rasa gatal dan membersihkan bercak kasar pada kulit.

Adapun pengobatan untuk cara mengobati penyakit neurodermatitis secara alami dengan suntik Botox (Botolinum toxin) dan larutan campuran aspirin dan dichloromethane, akan tetapi belum tersedia di Indonesia. Sedangkan terapi cahaya dan psikoterapi juga belum umum dilakukan di Indonesia sebagai pengangan penyakit neurodermatitis, terapi cahaya ini lebih banyak digunakan dalam bidang kecantikan dan psikoterapi lebih banyak diberikan bagi yang menderita gangguan psikologis. Ada juga beberapa prosedur yang bisa anda lakukan sendiri dirumah untuk membantu meredakan gejala penyakit neurodermatitis, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Berhenti menggaruk dan menggosok, karena bisa memperburuk kondisi kulit
  • Gunakan krim anti gatal yang dijual bebas
  • Gunting kuku  anda, kuku yang terpotong pendek akan mencegah kulit rusak lebih parah saat menggaruk
  • Hindari pemicu penyakit neurodermatitis, seperti rasa stres, rasa cemas dan jenis kain yang memicu rasa gatal
  • Kompres kulit dengan kain dingin yang basah, sehingga rasa gatal bisa mereda
  • Lindungi kulit dengan perban atau kain bersih, agar terlindungi dan mencegah penderita menggaruknya
  • Mandi dengan air hangat dan lembapkan kulit dengan lotion tanpa pewangi.

Sekian informasi yang dapat kami jelaskan tentang Cara Mengobati Penyakit Neurodermatitis Secara Alami, semoga bermanfaat.

Tags: