Cara Mengobati Penyakit Hemokromatosis

Cara mengobati penyakit hemokromatosis– Selamat datang dan selamat berkunjung di website resmi kami www.jamuwalatra.com yang mana merupakan situs resmi yang selalu memberikan informasi mengenai kesehatan. Pada kesempatan kali ini, terlebih dahulu kami akan menginformasikan sekaligus menjelaskan mengenai tentangcara mengobati penyakit hemokromatosis. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Cara Mengobati Penyakit Hemokromatosis

cara mengobati penyakit hemokromatosis

Hemokromatosis adalah di mana kondisi turunan yang dapat menimbulkan tubuh anda menyerap terlalu banyak zat besi dari makanan yang anda masukan ke dalam perut, zat besi yang berlebihan ini tersimpan di organ seperti pankreas, jantung dan hati. Zat besi yang berlebihan ini juga dapat menimbulkan racun untuk organ ini dan mengancam nyawa karena dapat menimbulkan penyakit seperti sirosis, aritmia jantung dan kanker. Hemokromoatosis kondisi yang sebetulnya ini bisa terjadi pada siapa saja, akan tetapi pria cenderung lebih sering mengalami hal ini di bandingkan dengan wanita dan terjadi pada usia 50-60 tahunan. Hemokromatosis ini biasanya tidak langsung menimbulkan gejala, melainkan gejala baru akan muncul setelah penumpukkan zat besi mencapai batas tertentu.

Gejala hemokromatosis

Ada beberapa gejala hemokromatosis, di antaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Bulu dan rambut di badan rontok
  • Hilangnya gairah seksual
  • Kurang energi
  • Kulit menjadi gelap
  • Lemas
  • Letih
  • Sakit di persendian
  • Sakit pada bagian perut
  • Turun berat badan

Selain gejala hemokromatosis, ada juga faktor yang dapat meningkatkan resiko terkena hemokromatosis di antaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Jenis kelamin pria

Pria lebih cenderung mempunyai resiko gejala dan tanda hemokromatosis pada usia muda karena wanita kehilangan zat besi ketika masa kehamilan atau menstruasi, mereka cenderung menyimpan sedikit mineral daripada pria dan setelah histerektomi atau menopause resiko pada wanita akan meningkat.

  • Mempunyai 2 gen HFE yang bermutasi

Ini adalah resiko terbesar anda untuk hemokromatosis turunan.

  • Riwayat keluarga

Jika anda mempunyai keturunan pertama orang tua atau saudara dengan hemokromatosis, anda cenderung lebih mudah meningkatkan resiko penyakit dan jika anda mempunyai sejarah keluarga yang merupakan pecandu alkohol, impoten atau artritis dan penyakit hati atau liver resiko anda terkena hemokromatosis juga lebih besar.

Penyebab Hemokromatosis

Hemokromatosis merupakan kelainan bawaan (genetik) yang di sebabkan oleh mutasi gen yang mengontrol jumlah zat besi yang di serap oleh tubuh anda dari makanan yang di makan, mutasi yang menimbulkan hemokromatosis turunan di turunkan dari orang tua ke anak-anak. Selain itu, anda dapat mempunyai kondisi ini jika mempunyai gangguan dari keturunan darah lainnya.

Cara mengobati penyakit hemokromatosis

Ada beberapa cara mengobati penyakit hemokromatosis di antaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Terapi khelasi

Dengan cara ini di sarankan untuk penderita hemokromatosis yang tidak dapat melakukan pengambilan darah karena beberapa aspek seperti pembuluh darah kecil, gangguan pada jantung dan anemia. Dengan terapi ini akan di lakukan dengan cara penderita yang di berikan untuk mengikat dan mengeluarkan zat besi melalui urin atau pada saat buang air besar.

  • Mengkonsumsi ferriprox

Dengan mengkonsumsi obat ini mampu mengikat zat besi yang terserap oleh tubuh dan dapat mencegah tubuh menyerap lebih banyak, ferriprox juga kerap kali di sebut sebagai obat depheriprone atau L1 dan obat ini dapat anda gunakan secara rutin atau oral 3 kali sehari selama 30 hari per bulan.

  • Menggunakan obat exjade

Dengan obat ini juga mempunyai nama lain yaitu deferasirox yang mampu membantu tubuh dalam membersihkan zat besi yang berlebihan dan menjaga kinerja hati, obat ini juga di gunakan secara oral atau di minum setelah di larutkan dalam air putih, jus atau jus jeruk dengan sendok non logam. Hal ini di maksudkan supaya kandungan atau khasiat dari obat exjade ini tidak menghilang atau larut dalam sendok.

  • Pemberian obat deferoxamine

Dan yang terakhir (cara mengobati penyakit hemokromatosis) dengan obat ini juga mampu menghilangkan penyakit hemokromatosis bahkan dapat mencegah gejala akibat adanya penyakit hemokromatosis muncul, obat ini biasa di kenal sebagai desferal dengan bentuk obat suntik dan obat ini di gunakan secara infus di bagian bawah kulit dengan menggunakan pompa selama minimal 8 jam dalam 5 hari per minggun dan juga dalam 20 hari per bulan.

Sekian penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai tentangcara mengobati penyakit hemokromatosis dan terima kasih yang telah berkunjung ke situs resmi kami, semoga bermanfaat dan semoga membantu penyembuhan dalam penyakit yang di alaminya khususnya untuk penyakit hemokromatosis.

Tags: