Cara Mengobati Mata Kering – Penyebab dan Gejalanya

Cara Mengobati Mata Kering – Penyebab dan Gejalanya Selamat datang di situs www.jamuwalatra.com merupakan salah satu situs web yang menyajikan informasi seputar dunia kesehatan dan berbagai produk herbal dari bahan alami.

Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai cara mengobati mata kering. Pernahkah anda mengalami penyakit mata kering? mata kering adalah suatu penyakit pada mata yang mengalami kekurangan cairan karena air mata yang mudah menguap atau terlalu sedikitnya air mata yang diproduksi.

Cara mengobati mata kering - penyebab dan gejalanya

Penyebab – Gejala dan Cara Mengobati Mata kering

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Maka dari itu, kita harus senantiasa menjaga dan memelihara mata agar selalu sehat. Mata kering adalah salah satu penyakit mata yang sering kali mengganggu kenyaman penglihatan manusia. Berikut adalah penyebab, gejala, dan cara mengobati mata kering;

Penyebab Terjadinya Mata Kering

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami mata kering, diantaranya;

  • Perubahan hormon, misalnya ketika menjelang masa menopause, ketika dalam masa kehamilan, dan ketika menggunakan pil kontrasepsi.
  • Faktor usia (penyakit mata kering biasanya rentan terjadi pada lansia)
  • Paparan radiasi yang disebabkan oleh sinar UV
  • Terjadinya cedera pada mata
  • Adanya efek samping dari pemakaian kontak lensa
  • Adanya efek samping penggunaan obat-obatan tertentu
  • Lingkungan, misalnya tinggal diwilayah yang beriklim kering, panas, dan berangin

Penyakit mata kering juga dapat disebakan pemakaian lensa kontak atau softlens. Penggunaan softlens yang tidak benar akan menyebabkan mata menjadi kering dan menyebabkan iritasi. Berikut adalah tips untuk mengatasi mata iritasi karena lensa kontak atau softlens;

  • Hentikan pemakaian softlens sampai mata benar-benar sembuh. Penggunaan softlens pada mata yang iritasi dapat menimbulkan masalah serius pada mata seperti timbulnya ulkus atau maat bernanah dan infeksi yang dapat menjalar pada seluruh kornea mata yang dapat mengakibatkan kerusakan.
  • Jika iritasi yang terjadi hanya berupa gatal dan belum terjadi pembengkakan, bisa diatasi segera dengan obat tetes mata khusus pengguna softlens.
  • Jika dalam beberapa hari mata masih bengkak, maka ada baiknya jika Anda segera menghubungi dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Berikut adalah beberapa gejala yang dapat Anda rasakan ketika mengalami mata kering;

  • Mata terasa perih
  • Sensitive terhadap cahaya
  • Terjadi kemerahan pada mata
  • Penglihatan menjadi kabur
  • Munculnya sensasi panas atau gatal di dalam mata
  • Mata lelah dan berair
  • Terdapat lendir di dalam atau disekitar area mata

Cara Mengobati Mata Kering Secara Alami

Berikut adalah beberapa cara mengobati mata kering secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah;

Menggunakan Obat Tetes Mata

Pengobatan dengan mengguanakan obat tetes mata bisa Anda jadikan sebagai salah satu cara mengobati mata kering dan merah yang instan. Bagi Anda yang mengalami mata kering, bisa meneteskan tidak lebih dari 6 tetes dalam sehari. Cara mengobati mata kering dengan obat tetes mata ini akan membantu menghasilkan uap air yang lebih banyak sehingga permukaan mata menjadi tidak kering.

Kompres Menggunakan Air Hangat

Cara mengobati mata kering selanjutnya yaitu dengan mengompres bagian mata menggunkan air hangat. Rasa hangat dari kompresan tersebut akan membantu memperlancar aliran darah disekitar mata sekaligus akan meningkatkan produksi air mata serta menjaga kelembapan mata.

Istirahat

Jika Anda sering duduk berjam-jam di depan komputer atau laptop. Maka sesering mungkin Anda harus mengambil waktu untuk beristirahat. Untuk mencegah timbulnya sindrom mata kering, Anda bisa melakukan pijatan di sekitar mata. Caranya dengan meletakan ujung jari Anda pada kelopak mata dan pijat secara perlahan.

Minum Air dan Cukupi Asupan Gizi

Dengan memperbanyak minum air akan membantu menjaga selaput lendir mata menjadi tetap lembab. Anda juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya lemak omega-3.

Air Mawar

Air mawar akan bekerja sangat efektif dalam mengatasi iritasi pada mata sekaligus dapat membersihkan mata dari berbagai macam kotoran. Caranya yaitu dengan membilas mata menggunakan air mawar murni, agar hasilnya maksimal Anda dapat melakukannya lebih dari satu kali dalam sehari.

Mentimun

Cara mengatasi mata kering dengan mentimun. Pertama irislah mentimun dan cuci hingga bersih, lalu tempelkan irisan mentimun tadi pada kelopak mata dan diamkan selama 10 menit. Anda bisa melakukan terapi pengobatan ini 2 kali dalam sehari.

Teh Hijau

Selain bermanfaat dalam melangsingkan, teh hijau juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara mengobati mata kering dan gatal. Hal ini karena teh hijau dipercaya mampu mengurangi peradangan dan membantu mengatasi rasa gatal pada mata. Cara membuat ramuannya yaitu dengan melarutkan teh hijau dalam air panas, kemudian diamkan air tersebut hingga dingin. Setelah itu, Anda bisa membilaskan air tersebut pada permukaan luar mata.

Tags: