Cara Mengobati Koarktasio Aorta

Cara Mengobati Koarktasio Aorta– Selamat bergabung kembali bersama kami di www.jamuwalatra.com situs penyedia berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan penjualan obat herbal secara online terbesar dan terpercaya di Indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai cara mengobati koarktasio aorta beserta penyebab dan gejalanya. Berikut kami sajikan informasinya untuk Anda.

Cara Mengobati Koarktasio Aorta – Penyebab dan Gejalanya

Cara Mengobati Koarktasio Aorta

Koarktasio aorta merupakan suatu kondisi dimana terjadi penyempitan pada aorta. Aorta sendiri merupakan pembuluh darah besar dari jantung yang mempunyai tugas mengalirkan darah yang kaya akan oksigen ke seluruh tubuh. Penyempitan ini bisa terjasi pada salah satu lokasi atau beberapa bagian disepanjang aorta. Kondisi ini mengakibatkan aliran darah normal pada tubuh menjadi terhambat, sehingga otot pada bilik (ventrikel) kiri jantung harus bekerja lebih keras dalam memompa darah keluar dari jantung. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, maka akan memicuk terjadinya penyakit gagal jantung.

Penyakit koarktasio aorta adalah penyakit jnatung bawaan yang sudah ada sebelum penderita dilahirkan atau masih dalam kandungan, namun kondisi ini baru bisa dirasakan setelah penderita tumbuh dewasa. Waktu ditemukannya koarktasio aorta sebenarnya sangat tergantung pada seberapa parah penyempitan yang terjadi. Kondisi ini dapat disembuhkan namun memerlukan berbagai perawatan yang berkelanjutan.

Apa Saja Tanda-tanda atau Gejala Koarktasio Aorta?

Pada umumnya gejala koarktasio aorta akan mucul jika penyempitan yang terjadi bertambah parah, sehingga jika seseorang tidak mengalami penyempitan yang parah, gejala ini tidak akan muncul. Berikut adalah beberapa gejala yang biasanya terjadi pada koarktasio aorta, antara lain:

  • Sulit saat bernapas
  • Sakit di bagian dada
  • Mimisan
  • Kram kaki (biasanya terjadi saat olharaga)
  • Kaki menjadi dingin
  • Pusing

Adapaun gejala yang akan terjadi pada koarktasio aorta yang sudah parah ini akan langsung dirasakan oleh bayi yang baru lahir atau pada bukan-bulan awal setelah kelahiran. Gejalanya dapat berupa bayi yang tampak gelisah, kesulitan saat bernafas, mengeluarkan banyak keringat, kulitnya menjadi pucat, dan kesulitan saat menyusu.

Apa Saja Penyebab Koarktasio Aorta?

koarktasio aorta merupakan penyakit kelainan jantung bawaan dari lahir. Penyebab dari kelainan ini pun pada umumnya belum dapat diketahui secara pasti. Namun beberapa peneliti menduga kelainan ini dapat terjadi karena mutasi pada gen atau kromosom.

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat meningkatan resiko bayi menderita koarktasio aorta, antara lain:

  • Faktor sang ibu, contohnya efek samping dari berbagai makanan, minuman ataupun obat-batan yang dikonsumsi oleh ibu saat hamil.
  • Memiliki kelainan pada jantung, seperti terdapat lubang di dinding sekat jantung, penyakit katup jantung, atau patent ductus arteriosus.
  • Adanya kondisi genetik tertentu, seperti sindrom Turner.

Penyakit ini biasanya akan terjadi di bagian bawah pembuluh darah sebelum nantinya akan bercabang ke bagian tubuh lainnya. Sehingga tekanan darah pada lengan akan cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan darah pada tungkai dan pergelangan kaki.

Diagnosi Koarktasio Aorta

Dokter akan melakuakan diagnosis ketikam bayi sudah dilahirkan, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, termasuk di dalamnya pemeriksaan denyut jantung serta tekanan darah. Perbedaan antara tekanan darah tubuh bagian atas dengan bawah dapat menandakan bahwa telah terjadi koarktasio aorta.

Selian itu, dokter juga akan melakukan beberpaa pemeriksaan penunjang lainnya, seperti:

  • Rontgen dada, untuk memindai foto.
  • EKG atau perekam aktivitas listrik jantung.
  • MRI.
  • CT scan
  • Ekokardiografi atau pemeriksaan organ jantung dengan gelombang suara berkekuatan tinggi.

Cara Mengobati Koarktasio Aorta

Setelah pasien terdiagnosis menderita koarktasio aorta, maka dokter akan mulai melakuakan pengobatan. Tujuan pengobatan ini adalah untuk melebarkan pembuluh darah yang menyempit. Adapun tindakan yang akan dilakukan oleh dokter umumnya akan berbeda-beda sesuai dengan tingkat keparahan penyakit yang dialami dan usia mereka.

Terdapat 2 metode yang dapat dilakukan oleh dokter untuk menangani penyakit ini, diantaranya dengan melakukan operasi dan angioplasti balon. Namun sebelum tindakan tersebut dilakukan, dokter akan memberikan obat-obatan pada pasien untuk mengendalikan tekanan darah.

Dan berikut adalah cara mengobati Koarktasio Aorta

  • Operasi

Ada beberapa teknik operasi yang dapat dilakukan oleh dokter untuk mengatasi koarktasio aorta, diantaranya adalah operasi untuk memotong bagian yang menyempit dan menghubungkan kedua ujung pembuluh darah, pemasangan pipa plastik tambahan sebagai jalan tembus aorta yang menyempit, operasi pemotongan aorta yang menyempit kemudian menempelkan bahan tambahan sintetik guna melebarkan darah, atau melakukan operasi pengambilan darah dari lengan kiri agar aorta yang menyempit dapat melebar kembali.

  • Angioplasti balon

Cara mengobati koarktasio aorta adalah dengan tindakan angioplasti balon. Tindakan ini akan dilakukan dokter untuk menangani koarktasio aorta yang terjadi pertama kali ataupun koarktasio aorta yang kambuh kembali setelah operasi. Tindakan ini dilakukan dengan memasukan sebuah balon pada pintu masuk aorta yang menyempit, kemudian balon tersebut dikembangkan agar aorta dapat melebar dan darah pun akan mengalir secara lebih lancar. Dalam beberapa kasus yang pernah terjadi, angioplasti balon ini sering dilanjuti dengan melakukan pemasangan cincin (stent) agar bagian aorta yang menyempit dapat tetap terbuka kembali.

Cara Mengobati koarktasio aorta Dengan Pengobatan Rumahan

Berikut adalah beberapa perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasi koarktasio aorta, diantaranya:

  • Jika terjadi beberapa gejala atau komplikasi lainnya, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter agar segera mandapatkan penanganan.
  • Tanyakan kepada dokter tentang jenis dan banyaknya olahraga yang dibutuhkan.
  • Konsumsi secara rutin obat yang diresepkan oleh dokter.
  • Perhatiakn makanan yang Anda konsumsi. Bila perlu konsultasikan kepada dokter atau ahli gizi terkait diet yang cocok untuk kondisi Anda.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengobati koarktasio aorta beserta penyebab dan gejalnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Tags: