Cara Mengobati Kista Payudara

Cara Mengobati Kista Payudara-, Selamat datang kembali di www.jamuwalatra.com yang mana merupakan situs resmi penyedia informasi kesehatan berbagai macam penyakit serta cara mengatasinya. Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi terkait cara mengobati kista payudara yang dikemas secara lengkap dengan berbagai gejala dan penyebabnya. Sebelum membahas lebih lengkap terkait cara mengobati kista payudara, apakah anda tahu apa itu kista payudara ?

Cara Mengobati Kista PayudaraCara Mengobati Kista Payudara, Gejala dan Penyebabnya

Kista payudara adalah benjolan cairan berbentuk bulat, lonjong atau kapsul yang tumbuh pada jaringan payudara. Kista payudara ini terbentuk dari kumpulan cairan dalam kelenjar payudara dan jaringan disekitarnya, kondisi ini diakibatkan oleh perubahan hormon dalam siklus menstruasi. Benjolan ini dapat terbentuk dalam ukuran kecil atau bahkan besar dengan diameter 2,5 sampai 5 sentimeter.

Penyakit kista payudara dapat dialami oleh semua wanita. Namun pada umumnya kista payudara akan menyerang wanita yang menjelang menopause antara usia 35 sampai 50 tahun.Kista payudara dapat tumbuh pada salah satu payudarah bahkan juga pada keduanya. Kista payudara ini tidak mengandung sel kanker, atau dengan kata lain kista ini bersifat jinak bahkan bisa hilang dengan sendirinya setelah menopause. Meski demikian, jika anda mengalaminya sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Gejala Kista Payudara

Ketika kista payudara masih berukuran sangat kecil, anda mungkin tidak akan merasakan gejala apapun. Namun jika ukuran kista membesar, berikut ini gejala yang akan dirasakan :

  • Payudara terasa nyeri dan area benjolan terasa lembek
  • Benjolan akan semakin membesar menjelang menstruasi, dan akan mengecil lagi setelah menstruasi.
  • Benjolan mudah bergeser dengan batasan yang jelas.
  • Puting susu mengeluarkan cairan berwarna jernih, kuning atau coklat.

Penyebab Kista Payudara

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti tentang penyebab kista payudara, namun diduga kista payudara ini disebabkan karena tingginya kadar hormon estrogen dalam tubuh yang memicu perubahan jaringan payudara hingga terjadi pembentukan kista payudara. Selain itu, faktor yang menyebabkan kista payudara adalah memiliki riwayat keluarga yang memiliki kista atau faktor keturunan alias genetik.

Cara Mengobati Kista Payudara

Dokter akan mendiagnosis kista payudara dengan melakukan pemeriksaan untuk memastikan benjolan di payudara merupakan kista dengan pemeriksaan fisik dengan mengecek payudara. Selanjutnya dokter juga akan memersiksa cairan pada benjolan payudara  atau pemindaian payudara melalui foto Rontgen atau USG untuk memastikan benjolan tersebut kista atau bukan.

Untuk pengobatan kista payudara dapat dilakukan dengan cara medis dan tradisional atau alami. Jika benjolan semakin membesar, dokter akan melakukan penanganan diantaranya adalah :

  • Terapi hormon. Metode ini hanya disarankan untuk penderita kista payudara mempunyai tingkat keparahan yang tinggi. Selain itu terapi hormon juga diberikan untuk kasus kista payudara yang kambuh.
  • Pengeluaran cairan kista. Dengan cara memasukan jarum pada payudara untuk mengeluarkan cairan kista. Pengobatan ini hanya bersifat sementara dan harus dilakukan lebih dari satu kali karena biasanya kista akan kambuh kembali.
  • Operasi. Tindakan operasi dilakukan jika kista payudara hilang timbul selama berbulan-bulan, cairan kista mengandung darah atau kista yang parah.

Cara Mengobati Kista Payudara Alami

Untuk membantu pengobatan dari dokter anda juga dapat melakukan penanganan dirumah untuk menghilangkan rasa nyeri seperti :

  • Kompres dengan air dingin atau air hangat untuk membantu menghilangkan rasa nyeri
  • Menerapkan pola makan yang sehat, misalnya dengan mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung banyak garam untuk mencegah terjadinya penumpukan cairan, menghindari kafien.
  • Menggunakan penyangga atau bra  yang dapat menopang payudara dengan nyaman.

Itulah informasi mengenai obat tradisional kista payudara lengkap dengan gejala dan penyebabnya. Adapun untuk melakukan pencegahan penyakit kista biasakanlah untuk menjalankan pola hidup sehat dengan menghindari rokok, alkohol, dan menjaga pola makan. Terimakasih sudah menyimak artikel kami sampai selesai, silahkan isi kritik dan saran anda pada kolom komentar dan jangan lupa share di media sosial anda untuk berbagi informasi dengan yang lain. Salam sehat

Tags: