Cara Mengobati Infeksi Cacing Tambang – Penyebab dan Gejalanya

Cara Mengobati Infeksi Cacing Tambang – Selamat datang di situs www.jamuwalatra.com merupakan salah satu situs web yang menyajikan informasi seputar dunia kesehatan dan berbagai produk herbal alami. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai infeksi cacing tambang. Tahukah Anda apa itu infeksi cacing tambang? Berikut admin akan memberikan informasi lengkapnya untuk Anda mulai dari pengertian, penyebab, gejala dan cara mengobati infeksi cacing tambang.

cara mengobati infeksi cacing tambang

Cara Mengobati Infeksi Cacing Tambang – Penyebab dan Gejalanya

Infeksi cacing tambang merupakan infeksi yang timbul akibat adanya parasit yang berkembang di dalam usus kecil. Terdapat 2 jenis cacing tambang yang biasa ditemukan dalam kondisi ini yaitu Ancylostoma duodenale dan Necator americanus. Kedua jenis cacing tersebutlah yang kerap menyerang manusia.

Infeksi cacing tambang akan mudah menular kepada manusia, yang berjalan tanpa alas kaki terutama pada area yang paling sering terkontaminasi tinja binatang misalnya area pantai dan taman. Parasit ini juga bisa muncul dari benda-benda yang lembab seperti handuk dan menempel pada kulit.

Selain itu, penyakit infeksi cacing tambang sangat berisiko tinggi dialami oleh mereka yang sering menghabiskan waktunya di pantai tanpa menggunakan alas kaki ataupu mereka yang bekerja di area pembangunan ataupun peternakan.

Penyebab Infeksi Cacing Tambang

Infeksi cacing tambang umumnya disebabkan karena parasit yang menular dari tinja bintang yang di dalamnya terdapat telur cacing tambang ke kulit manusia. Penularan tersebut dapat terjadi melalui permukaan lingkungan yang lembab, hangat dan berpasir.

Telur cacing tambang juga dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan mentah ataupun sayur-sayuran yang sudah terkontaminasi telur cacing tambang. Ditambah lagi jika makanan dan sayuran tersebut tidak di cuci terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa jenis parasit yang dapat menimbulkan infeksi cacing tambang pada kulit, diantaranya:

  • Bunostomum phlebotomum. Parasit yang ditemukan pada hewan ternak.
  • Unicinari stenocephala. Jenis parasit yang terdapat pada anjing.
  • Ancylostoma braziliense dan caninum. Merupakan jenis parasit utama yang menyebabkan infeksi cacing tambang, parasit jenis ini biasa ditemukan pada anjing dan kucing.

Apa Saja Gejala Yang Akan Muncul Akibat Infeksi Cacing Tambang?

Pada umumnya tidak semua penderita infeksi cacing tambang akan mengalami gejala, terlebih jika kondisi yang di alaminya tergolong cukup ringan. Dan jikapun kondisi yang dialami cukup parah, maka penderita dapat merasakan gejala yaitu seperti gatal, geli atau sensasi seperti ditusuk jarum dalam 30 menit pertama setelah tubuh terkontaminasi parasit.

Berikut adalah beberapa gejala yang umum muncul pada penderita yang mengalami infeksi cacing tambang:

  • Nafsu makan menurun
  • Demam
  • Diare
  • Berat badan menurun
  • Sakit perut disertai mual dan kram di bagian usus
  • Permukaan kulit mengalami kemerahan
  • Terdapat benjolan pada kulit
  • Kulit menjadi kasar dan timbul ruam

Komplikasi Infeksi Cacing Tambang

Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti diatas, maka segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Karena jika infeksi cacing tambang ini tidak segera ditangani dengan cepat, dapat memicu munculnya masalah pada kesehatan lainnya, seperti:

  • Tumbuh kembang anak menjadi terhambat
  • Berat badan bayi akan berkurang
  • Kelahiran yang prematur
  • Penyakit anemia
  • Munculnya penyakit malanutrisi

Cara Mengobati Infeksi Cacing Tambang

Langkah pertama yang akan dilakukan dokter sebagai cara mengobati infeksi cacing tambang ini yaitu dengan melakukan diagnosis. Dokter akan mengambil sampel fases pada pasien untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium. Hal ini dilakukan untuk mengetahui keberadaan telur-telur cacing tambang pada bagian tubuh yang terkena infeksi. Setelah jumlah telur terdeteksi, maka dokter akan mengetahui tingkat keparahan pada infeksi yang terjadi berdasarkan banyaknya jumlah telur-telur tersebut.

Cara mengobati infeksi cacing tambang dapat dilakukan dengan obat-obatan anthelmintik atau obat anti cacing seperti albendazole dan mebendazole. Biasanya dokter akan meresepkan obat-obatan tersebut untuk dikonsumsi dalam jangka waktu 1-3 hari. Kedua obat tersebut akan bekerja dengan cara mencegah penyerapan glukosa oleh cacing, sehingga energi pada cacing akan habis dan akhirnya cacing mati.

Namun, penggunaan obat albendazole dan mebendazole ini dapat menimbulkan efek samping seperti mual, muntah, sakit kepala, sakit perut dan rambut rontok sementara. Jikapun efek samping tersebut terjadi terus menerus secara berkepanjangan bahkan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, penderita sebaiknya segera berkonsultasi kembali dengan dokter untuk mendapatkan solusi dan juga penanganan yang tepat.

Cara Mencegah Infeksi Cacing Tambang

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya infeksi cacing tambang:

  • Berikan obat cacing pada hewan peliharaan Anda secara teratur.
  • Gunakan selalu alas kaki setiap berjalan di luar ruangan.
  • Cuci kaki Anda setelah melakukan aktivitas di luar.
  • Usahakan agar selalu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun setiap sebelum makan
  • Perbanyak minum air putih.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai penyebab, gejala dan cara mengobati infeksi cacing tambang. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan tentunya bermanfaat bagi Anda.

Tags: